https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/issue/feed Kompetensi 2024-01-26T03:33:10+00:00 Retnowaty retnowaty@uniba-bpn.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Kompetensi (e-ISSN: 2656-9841 and p-ISSN: 2087-0485) </strong>published by Faculty of Teacher Training and Education, Balikpapan University, which is published twice a year in June and December. It embodies Research Articles and Theoretical and Conceptual reviews with detail focus: education, teaching &amp; learning, social, economy, science, and humanities. Articles are written in Indonesian and English.</p> https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/139 Analisis Penerapan Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Terhadap Minat Literasi Siswa Sekolah Dasar 2023-05-12T07:50:08+00:00 Zahra Savitri savitrizahra8@gmail.com Endang M Kurnianti emkurnianti@unj.ac.id Uswatun Hasanah uswatunhasanah@unj.ac.id <p>Rendahnya literasi di Indonesia termasuk salah satu dari beberapa faktor yang menjadikan mutu pendidikan di Indonesia belum meningkat. Serta penggunaan model pembelajaran yang belum tempat juga menjadi pengaruh dalam mutu pendidikan. Sehingga untuk mengoptimalkan mutu pendidikan di Indonesia, salah satu solusi yang bisa diadakan dengan mengaplikasikan model pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan studi kepustakaan tentang analisis penerapan pembelajaran terpadu tipe webbed terhadap minat literasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode <em>library research </em>dengan menggunakan 10 sumber artikel dari 10 tahun terakhir yang relevan dengan topik penelitian. Berdasarkan data yang diperoleh dari sumber artikel yang digunakan, bahwa pembelajaran terpadu tipe webbed mampu memaksimalkan minat literasi pada siswa sekolah dasar sehingga model pembelajaran dapat dijadikan salah satu pilihan untuk mengatasi rendahnya minat literasi. Pembelajaran terpadu tipe webbed memiliki prinsip yang menyenangkan sehingga siswa tertarik dan tidak merasa terbebankan. Untuk melaksanakan pembelajaran terpadu tipe webbed ini perlu dukungan dan partisipasi aktif dari guru maupun orang tua.</p> 2023-11-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Zahra Savitri, Endang M Kurnianti, Uswatun Hasanah https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/150 Analisis Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Terhadap Communication Skill Siswa Kelas II SD 2023-05-19T07:33:18+00:00 Naila Putri Ardiny naila.putriardiny@gmail.com Endang M Kurnianti emkurnianti@unj.ac.id Uswatun Hasanah uswatunhasanah@unj.ac.id <p>Artikel ini mengulas mengenai model pembelajaran terpadu tipe <em>connected</em> terhadap <em>communication skill</em> siswa. Tujuan artikel ini pada dasarnya adalah untuk memahami bahwa model pembelajaran terpadu tipe <em>connected</em> dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang diaplikasikan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Dalam proses pembelajaran, tentunya siswa memerlukan model yang tepat bagi kelangsungan proses belajar. Komunikasi menjadi satu hal penting untuk mendukung kontinuitas proses belajar mengajar di kelas. Dengan adanya komunikasi yang baik maka penyampaian informasi ataupun ilmu dari guru kepada murid akan tersampaikan dengan baik. Dengan menggunakan pembelajaran terpadu tipe <em>connected</em> dalam pembelajaran di kelas diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa. Tipe <em>connected</em> mengintegrasikan beberapa bidang studi. Hasil daripada penelitian ini dapat menjadi saran atau masukkan kepada pengajar bahwa pembelajaran terpadu tipe <em>connected</em> dapat digunakan dalam upaya meningkatkan <em>communication skill</em> siswa. Dengan demikian pembelajaran terpadu tipe <em>connected</em> dapat menumbuhkan serta meningkatkan <em>communication skill</em> siswa di sekolah dasar.</p> 2023-11-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Naila Putri Ardiny, Endang M Kurnianti, Uswatun Hasanah https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/152 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Model CLIS pada Siswa Kelas V SD Ar Rahman Motik 2023-05-24T15:34:26+00:00 Nabilah Syam Mellyawati nabilahsyam95@gmail.com Monica Sances monicasances12@gmail.com Taofik Taofik taofik@unj.ac.id Nidya Chandra Muji Utami nidya-chandra@unj.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran CLIS (<em>Children Learning In Science</em>) dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian PTK dalam bentuk studi lapangan yaitu penelitian mendalam untuk mengetahui realitas siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar IPA pada siswa kelas 5 SD. Hasil penelitian ini menunjukkan dari data yang terkumpul bahwa model pembelajaran CLIS dapat meningkatkan hasil belajar saintifik keterampilan kognitif siswa kelas V SD Ar Rahman Motik. Hal ini terlihat pada hasil belajar siswa meningkat sebesar 91,3% dibandingkan Siklus I.</p> 2023-11-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Nabilah Syam Mellyawati, Monica Sances, Taofik Taofik, Nidya Chandra Muji Utami https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/151 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika tentang Soal Cerita KPK dan FPB melalui Pendekatan Problem Solving Siswa Kelas IV SDN Ciracas 13 Pagi 2023-05-24T15:33:27+00:00 Meliyana Putri meliyana.putri220516@gmail.com Nurul Zahro Eka Setiawati nurulzahro1310@gmail.com Waluyo Hadi whadi@unj.ac.id Engga Dallion engga_dallion@unj.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pendekatan pembelajaran problem solving terhadap peningkatan hasil belajar matematika materi FPB-KPK pada siswa kelas IVA di SD Negeri Ciracas 13 Pagi tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Proses siklik terdiri dari empat fase yang berbeda, yaitu perencanaan. Tahapan pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berfokus pada partisipan studi, yaitu para pendidik dan siswa kelas IV yang terdaftar di SD Negeri Ciracas 13 Pagi selama tahun pelajaran 2022/2023, yang terdiri dari 31 siswa. Metode pengumpulan data penelitian meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk memastikan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data, yang melibatkan pemeriksaan silang data dari berbagai perspektif. Berdasarkan kondisi awal yang diberikan, khususnya nilai rata-rata yang diperoleh sebelum intervensi, nilai yang tercatat adalah 41,5. Tingkat ketuntasan saat ini mencapai 19%. Pada siklus awal terjadi peningkatan berkisar antara 30,4 menjadi 71,9. Tingkat ketuntasan tercatat sebesar 71%, sementara 80% siswa belum mencapai 9% dari hasil yang diinginkan. Selama siklus kedua, terjadi peningkatan nilai rata-rata, yang naik menjadi 86,9 dari 15, dan tingkat ketuntasan mencapai 97%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran pemecahan masalah dapat meningkatkan prestasi akademik siswa kelas IV SD Negeri Ciracas 13 Pagi, khususnya pada mata pelajaran Matematika materi FPB-KPK.</p> 2023-11-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Meliyana Putri, Nurul Zahro Eka Setiawati, Waluyo Hadi, Engga Dallion https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/164 Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya melalui Model Pembelajaran Berorientasi Proyek pada Siswa Kelas VI SDN Cengkareng Barat 05 2023-06-05T08:55:26+00:00 Zaqi Abdillah Tsamanyah jakieabdiellah@gmail.com Ardalia Putri Fauziah ardalia.fauziah@gmail.com Engga Dallion engga_dallion@unj.ac.id Waluyo Hadi whadi@unj.ac.id <p>Maksud diadakannya penelitian dengan penerapan model pembelajaran yang berorientasi pada proyek <em>(project-based learning)</em> adalah agar hasil belajar siswa kelas VIC Sekolah Dasar Negeri Cengkareng Barat 05 meningkat dalam mata pelajaran IPA materi “Tata Surya”. Penelitian ini mempergunakan metode tindakan kelas <em>(action research)</em> sebanyak dua siklus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan tes ialah teknik pengumpulan data yang dipergunakan pada penelitian ini. Penggunaan model pembelajaran ini dapat membuat hasil belajar siswa mengalami kenaikan yang mulanya 62 atau hanya 8 siswa saja yang berhasil mendapatkan nilai di atas KKM (44,4 %) pada siklus pertama menjadi 87,5 atau terdapat 18 siswa yang nilainya di atas 70 (100 %) dalam siklus kedua. Akibatnya, terdapat kenaikan dalam siklus pertama hingga siklus kedua sejumlah 10 siswa (55,5 %). Dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran yang berorientasi pada proyek <em>(project-based learning) </em>mampu membuat hasil belajar dan aktivitas belajar siswa meningkat pada kelas VIC SD Cengkareng Barat 05 dalam mata pelajaran IPA yang bermaterikan “Tata Surya”. Adapun penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pengembangan penelitian selanjutnya tentang peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran berorientasi proyek dalam materi “Tata Surya” pada siswa kelas VI SD.</p> 2023-11-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Zaqi Abdillah Tsamanyah, Ardalia Putri Fauziah, Engga Dallion, Waluyo Hadi https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/159 Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air Melalui Model Prolem Based Learning Terhadap Siswa Kelas V SDN Mampang Prapatan 02 Pagi 2023-06-02T10:31:16+00:00 Alifia Fitri Rosadi alifia1912@gmail.com Anita Khoerunnisa Rianto anitakhoerunnisar@gmail.com Waluyo Hadi whadi@unj.ac.id Engga Dallion engga_dallion@unj.ac.id <p>Kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Mampang Prapatan 02 Pagi belum optimal. Penelitian ini dilakukan dengan maksud agar siswa kelas V SDN Mampang Prapatan 02 Pagi kemampuan berpikir kritisnya meningkat dalam konteks IPA tentang siklus air dengan model problem based learning (PBL). Penelitian ini mengadopsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing mencakup perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebanyak 20 siswa dan 1 guru kelas V SDN Mampang Prapatan 02 Pagi menjadi subjek dalam penelitian. Pengumpulan data yang digunakan teknis tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dimulai dengan 53%. Kemudian, mengalami peningkatan menjadi 61% setelah dilakukannya tindakan pada siklus I. Pada siklus II, dilakukan perbaikan sehingga meningkat menjadi 70,5%. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran IPA siklus air kelas V SD.</p> 2023-11-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Alifia Fitri Rosadi, Anita Khoerunnisa Rianto, Waluyo Hadi, Engga Dallion https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/169 Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Kelas III Sekolah Dasar 2023-06-04T12:57:08+00:00 Khairunnisa Andzani khairunnisa.andzani28@gmail.com Dewantri Priyono Putri dewantriputri@gmail.com Waluyo Hadi whadi@unj.ac.id Engga Dallion engga_dallion@unj.ac.id <p>Penelitian ini memiliki sasaran untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi bangun datar dengan menggunakan model pembelajaran <em>cooperative learning </em>tipe <em>make a match. </em>Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Cipedak 05 yang berjumlah 31 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II, dimana setiap siklusnya meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran <em>cooperative learning</em> tipe <em>make a match</em> didapatkan hasil nilai rata - rata yang diperoleh siswa pada Siklus I sebesar 67,74% dengan tingkat ketuntasan 48,38% sebanyak 15 siswa dan Siklus II nilai rata - rata sebesar 83,38% dan tingkat ketuntasan 96,77% dengan jumlah siswa tuntas yakni 30 siswa. Dari data tersebut disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran <em>cooperative learning </em>tipe <em>make a match</em>.</p> 2023-11-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Khairunnisa Andzani, Dewantri Priyono Putri, Waluyo Hadi, Engga Dallion https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/173 Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Sekolah Dasar 2023-06-04T12:53:03+00:00 Muchammad Syamsul Ma'arif syamsul38maarif@yahoo.com Endang Kurnianti emkurnianti@unj.ac.id Uswatun Hasanah uswatunhasanah@unj.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan paradigma kemampuan berpikir kritis dalam menggunakan model <em>Discovery Learning</em> pada siswa sekolah dasar. Penulisan dalam penelitian ini menggunakan studi literatur (<em>library research</em>) yaitu dilakukan dengan menelusuri berbagai kajian kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, yang bertujuan untuk mengumpulkan dan merangkai data sebelum dilakukan analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari artikel e-journal khususnya melalui Google Scholar, dan mengumpulkan referensi karya model pembelajaran penemuan, berpikir kritis dan model <em>Discovery Learning</em> yang dapat memperkuat hasil analisis.</p> 2023-11-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Muchammad Syamsul Ma'arif, Endang Kurnianti, Uswatun Hasanah https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/191 Komunikasi Budaya Salam Tempel Di Indonesia Sebagai Bentuk Gratifikasi Pada Tindak Pidana Korupsi 2023-12-02T08:20:10+00:00 Anggia Bahana Putri anggiabahanaputri@gmail.com Risdo Saragih risdosaragih37@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan bentuk gratifikasi yang merupakan tindak pidana korupsi terjadi pada komunikasi budaya salam tempel. Teknik penelitian yang dipakai dalam menyelesaikan penelitian yakni penelitian hukum normatif. Dimana dalam penelitian hukum normatif terdapat penelitian hukum kepustakaan dan data sekunder. Selain untuk menganalisis hukum secara teoritis dan normatif dalam membantu dalam menyelidiki dan meneliti proses kerja hukum masalah ini sedang diselidiki. Gratifikasi yang terjadi di masyarakat Indonesia telah menjadi suatu budaya yang terus dilanggengkan sampai saat ini karena terdapat nilai kebaikan. Budaya salam tempel dimaknai sebagai budaya yang mengandung pesan moral kebaikan untuk saling tolong menolong. Gratifikasi dan suap dapat masuk ke dalam kategorisasi kasus tindak pidana korupsi Ketika memiliki tujuan untuk memberikan pengaruh kepada pejabat publik atas kebijakannya serta dapat merugikan negara. Praktik gratifikasi yang masuk ke dalam tindak pidana korupsi harus diberantas dengan tetap tidak mencederai nilai positif komunikasi budaya tolong menolong.</p> 2023-12-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Anggia Bahana Putri, Risdo Saragih https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/176 Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Materi Perubahan Wujud Benda melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Di Kelas V SDN Sirnagalih 02 2023-06-06T05:20:31+00:00 Ghina Rifqatul Alawiya ghinarifqatul24@gmail.com Rizqa Wahda Annisa rizqawahdaann@gmail.com Sephia Nisa Syahrani sephianisa210902@gmail.com Waluyo Hadi whadi@unj.ac.id Engga Dallion engga_dallion@unj.ac.id <p>Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui upaya guru di SDN Sirnagalih 02 dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada materi perubahan wujud benda. Rancangan penelitian yang dilaksanakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Sebanyak 47 anak kelas V SDN Sirnagalih 02 Bogor, pada tahun pelajaran 2022–2023. Persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi adalah empat tahapan proyek dalam PTK. Penelitian ini terbagi ke dalam dua siklus yang terdiri dari, siklus pertama dan kedua. Terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada setiap siklusnya guna diteruskan pada siklus selanjutnya sampai mencapai hasil yang diinginkan. Teknik analisis data yang diterapkan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya model pembelajaran CLIS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sebelum diterapkannya model ini, diketahui bahwasanya hasil belajar IPA memiliki persentase yang rendah yaitu hanya sebesar 29.78%. Sementara itu, setelah diterapkan model ini, hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sirnagalih 02 meningkat secara signifikan. Adapun pada siklus I memperoleh persentase sejumlah 44.68% dengan 21 dari 47 siswa yang melampaui nilai rerata di kelas. Adapun pada siklus II memperoleh persentase sejumlah 97.87% dengan 46 dari 47 siswa yang melampaui nilai rerata di kelas V SDN Sirnagalih 02.</p> 2023-12-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Ghina Rifqatul Alawiya, Rizqa Wahda Annisa, Sephia Nisa Syaharani, Waluyo Hadi, Engga Dallion https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/189 Konstruksi Sosial Mengenai Stunting 2023-12-06T12:44:34+00:00 Githa Fitria 98githafitria@gmail.com Tamara Putri tamaraindrasena@gmail.com Sunaryo Sarwoko sunaryosarwoko@gmaill.com <p><em>Stunting</em> pada bayi dan balita sering kali disebabkan oleh nutrisi yang tidak tercukupi untuk waktu yang cukup lama, yang sering diakibatkan oleh ketidaktahuan orang tua atau keluarga terhadap pemahaman untuk menyediakan makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi pada anak, artikel ini bertujuan untuk adalah untuk memberikan gambaran tentang konstruksi sosial masyarakat yang membentuk pemahaman tentang status gizi balita dan pola asuh balita penyebab <em>stunting</em>. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi sosial PLB dan Thomas Luckmann. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bukan karena kurangnya anggaran, kurangnya tenaga kesehatan, dan program terkait, melainkan perbedaan komunikasi dan pemaknaan dari pihak penyedia layanan kesehatan (bidan desa, petugas puskesmas dan petugas). Dinas Kesehatan), dengan masyarakat.</p> 2023-12-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Githa Fitria, Tamara Putri, Sunaryo Sarwoko https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/209 Pengaruh Minat Membaca Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Balikpapan 2023-12-21T05:37:46+00:00 Indah Ika Ratnawati indah.ika@uniba-bpn.ac.id Maryatin Maryatin maryatin@uniba-bpn.ac.id Yosef Nober Yankiapoli josefnober@gmail.com <p>Membaca nyaring adalah sebagian dari hal penting yang dapat dilakukan seorang tenaga pendidik agar meningkatkan pemahaman, motivasi, dan hasil belajar siswanya di kelas, khususnya bagi peserta didik itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami atau mengidentifikasi apakah harga diri peserta didik mempengaruhi motivasi dan kinerja mereka di kelas bahasa Indonesia di SMK Negeri 3 Balikpapan di kelas sepuluh. Penelitian ini menggunakan teknik seleksi acak sederhana yaitu undian untuk memilih 105 siswa kelas X SMK Negeri 3 Balikpapan. Perolehan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian seperti kuesioner atau survei. Temuan penelitian menunjukkan bahwa minat belajar berpengaruh terhadap motivasi dan kinerja siswa kelas X di SMK Negeri 3 Balikpapan. Koefisien determinasi dari hasil penelitian sebesar enam puluh tujuh persen atau enam puluh tujuh persen dengan kategori sangat signifikan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar sangat dipengaruhi oleh minat membaca. Sebagai hasilnya, hipotesis nol (H0) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hipotesis alternatif yang diterima dalam rangkaian penelitian ini dapat dirinci sebagai berikut: ditemukan hubungan antara keinginan belajar dengan motivasi dan kinerja siswa kelas X SMK Negeri 3 Balikpapan dalam belajar bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat membaca mempunyai pengaruh sebesar 7% terhadap minat menulis dan 93% pengaruh dari faktor lain.</p> 2023-12-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Indah Ika Ratnawati, Maryatin Maryatin, Yosef Nober Yankiapoli https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/195 Pergeseran Makna dan Fungsi Sinamot pada Upacara Pernikahan Etnik Batak Toba 2023-11-10T05:44:16+00:00 Dewes Agustina Naibaho alananaibaho22@gmail.com Santi Monica Ethelin santimonicapanjaitan@gmail.com Olivia Sera Sitorus serahsitorus@gmail.com Jekmen Sinulingga jekmen@usu.ac.id <p>Pernikahan yang sah harus dilakukan sesuai dengan hukum agama dan kepercayaan yang dianutnya. Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui pengertian dan makna <em>sinamot</em>; mengetahui pergeseran makna dan fungsi <em>sinamot</em>; mengetahui penyebab terjadinya pergeseran makna dan fungsi <em>sinamot</em>. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dimana pengumpulan data yang dilakukan melalui analisis data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penulis memperoleh hasil bahwa pengertian <em>sinamot</em> pada etnik Batak Toba adalah maskawin yang diserahkan oleh pihak laki-laki (<em>paranak</em>) kepada pihak keluarga perempuan (<em>parboru</em>) pada saat akan melangsungkan pernikahan. Selanjutnya, fungsi <em>sinamot</em> pada zaman dahulu adalah untuk menjamin hak perempuan berupa harta benda yang diberikan sebagai modal pengantin ketika sudah menikah. Sedangkan fungsi <em>sinamot</em> zaman sekarang adalah alat pembayaran yang digunakan untuk membiayai pesta adat pernikahan. <em>Sinamot</em> saat ini digunakan untuk membiayai pesta pernikahan dan pemberian <em>sinamot</em> dilakukan berdasarkan kesepakatan kedua keluarga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bentuk <em>sinamot</em> berubah dari harta benda menjadi berbentuk uang. Adapun penentuan jumlah <em>sinamot</em> dilakukan pada tahapan acara adat yang disebut <em>marhata</em> <em>sinamot</em>. Hingga saat ini pemberian <em>sinamot</em> bukan hanya ditujukan kepada perempuan melainkan diberikan kepada orangtua perempuan melalui proses kesepakatan dan negosiasi antara kedua keluarga.</p> 2023-12-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Dewes Agustina Naibaho, Santi Monica Ethelin, Olivia Sera Siturus, Jekmen Sinulingga https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/197 Upacara Adat Kematian Cawir Metua: Wacana Kritis 2023-11-10T05:47:54+00:00 Sarah Nathasia Br Tarigan Natasya sarahnatasyatarigan01@gmail.com Emmya Kristina Karo Sekali emmyakarosekali@gmail.com Rebecca Saulina Aritonang aritonangrebecca888@gmail.com Jekmen Sinulingga jekmen@usu.ac.id <p>Peneliti mengangkat sebuah artikel tradisi yang berjudul upacara adat kematian <em>cawir metua </em>Batak Karo untuk dianalisis dalam wacana secara kritis. Masalah yang diteliti yaitu menjalankan upacara adat kematian <em>cawir metua</em>, faktor memengaruhi perubahan yang terdapat didalam upacara adat kematian <em>cawir metua </em>dan perubahan upacara kematian adat <em>cawir metua </em>serta modal sosial didalam upacara kematian<em> cawir metua. </em>Metode yang digunakan didalam tulisan ini yaitu metode kualitatif. Sumber data yang diperoleh melalui sosial media. Tehnik pengumpulan data dengan menyimak dan mencatat data melalui sumber internet. Penelitian memaparkan hasil analisis pada Upacara kematian adat <em>cawir metua </em>dengan analisisi wacana kritis. Yang disebut <em>cawir metua</em> ialah yang sudah tiada, dan dapat juga disebut semua anak-anaknya sudah menikah (berkeluarga) serta telah memiliki cucu dari anak laki-laki dan perempuannya. <em>Cawir metua</em> adalah tingkat upacara adat kematian yang didambakan pada setiap masyarakat etnik Batak Karo karena dapat dikatakan tanggung jawabnya di dunia ini sudah selesai guna mendidik anak-anaknya sampai semua anak-anaknya berkeluarga. Masyarakat <em>Karo</em> melaksanaan upacara adat kematian <em>cawir metua </em>sudah menjadi tradisi adat-istiadat turun temurun yang dilakukan bagi kerabat yang sudah meninggal apalagi sudah berada di fase <em>cawir metua.</em></p> 2023-12-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Sarah Nathasia Br Tarigan Natasya, Emmya Kristina Karo Sekali, Rebecca Saulina Aritonang, Jekmen Sinulingga https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/194 Analisis Kohesi Leksikal Lirik Lagu Mauliate Ma Inang Kajian Wacana Struktural 2023-11-10T05:40:43+00:00 Mery Grace Jenita Saragi merysaragi61@gmail.com Intan Putri Siallagan siallaganintan201@gmail.com Niken Kirey Pasaribu nikenkirey21@gmail.com Jekmen Sinulingga jekmen@usu.ac.id <p>Dalam artikel ini akan membahas tentang analisis wacana struktural yang terdapat pada sebuah lagu berbahasa Batak Toba dengan judul <em>Mauliate Ma Inang </em>yang diciptakan oleh seorang musisi Batak bernama Tagor Tampubolon. Lagu ini bercerita tentang ungkapan terima kasih anak kepada ayah dan ibunya atas segala pengorbanan yang diberikan demi kesuksesan anak-anaknya. Analisis wacana dalam lagu ini berfokus pada pembahasan untuk menetapkan kohesi-kohesi leksikal apa saja yang terkandung dalam lagu Batak <em>Mauliate Ma Inang </em>dengan menggunakan metode penelitian kulitatif deskriptif dengan data bersumber dari YouTube. Hasil dari penelitian ini ditemukan adanya kohesi leksikal yaitu 1) repetisi yang terdiri dari (<em>1)</em> Repetisi tautotes meliputi kalimat <em>Ditaon ho do udan lasni <strong>ari </strong></em>dan <em>Lao manomu <strong>ari</strong> na naeng ro. (2) </em>Repetisi epistrofa meliputi kalimat <em>Dang boi tarbalos <strong>au</strong> </em>dan kalimat<em> Nang sipata salah <strong>au</strong></em><strong>. (</strong><em>3)</em> Repetisi utuh meliputi kalimat <em>Mauliate ma inang </em>dan<em> Mauliate Ma Amang</em>, 2) sinonim (persamaan) meliputi kata <em>dainang</em> bersinonim dengan <em>inang</em>; kata <em>anak</em> bersinonim dengan kata <em>gelleng</em>, 3) antonim (lawan kata) meliputi kata<em> udan</em> &gt;&lt; <em>lasni ari</em>, <em>inang&gt;&lt;amang</em>, 4) hiponim meliputi kata <em>anak, gelleng, inang, amang</em>, dan 5) ekuivalensi (kesepadanan) meliputi kata <strong><em>gellengmi </em></strong>dan <strong><em>gellengmon.</em></strong></p> 2023-12-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Mery Grace Jenita Saragi, Intan Putri Siallagan, Niken Kirey Pasaribu, Jekmen Sinulingga https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/196 Kohesi dan Konteks pada Lagu Madekdek Magambiri: Kajian Analisis Wacana 2023-11-10T05:43:01+00:00 Puji Syukur Giawa Puji pujisyukur2002@gmail.com Wahyu Satria Boy Siahaan wahyusiahaan4@gmail.com Patar Kristian Sihombing kristianpatar529@gmail.com Jekmen Sinulingga jekmen@usu.ac.id <p>Lagu <em>Madekdek Ma Gambiri</em> adalah sebuah lagu daerah Tapanuli, Sumatera Utara yang bercerita tentang ungkapan hati seseorang kepada pujaan hatinya. Adapun penelitian ini akan mengangkat wacana dari lirik lagu <em>Madekdek Ma Gambiri </em>untuk dianalisis secara struktural. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kohesi leksikal apa saja yang ada dalam wacana lirik lagu <em>Madekdek Ma Gambiri</em><em>, </em>mengetahui kohesi gramatikal apa saja yang terdapat dalam wacana lirik lagu <em>Madekdek Ma Gambiri</em><em>, </em>dan mengetahui konteks apa yang terdapat dalam wacana lirik lagu <em>Madekdek Ma Gambir</em><em>i</em><em>.</em> Metode yang digunakan dalam tulisan ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh melalui media sosial YouTube. Teknik pengumpulan data ialah dengan menyimak dan mencatat data melalui sumber internet. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kohesi leksikal dan gramatikal dalam wacana lirik lagu <em>Madekdek Ma Gambiri</em> meliputi sinonim sebanyak 3 data dan reiterasi sebanyak 13 data, sedangkan konteks yang terdapat dalam wacana lirik lagu <em>Madekdek Ma Gambiri</em> meliputi <em>setting, participants, ends, act sequences, key, instrumentalities, norm, dan genres.</em></p> 2023-12-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Puji Syukur Giawa Puji, Wahyu Satria Boy Siahaan, Patar Kristian Sihombing, Jekmen Sinulingga https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/206 Penggunaan Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Disposisi Matematis pada Materi Logaritma Kelas X-9 SMAN 8 Balikpapan 2023-12-13T15:25:56+00:00 Rahayu Sri Waskitoningtyas rahayu.sri@uniba-bpn.ac.id Hilda Damayanti hildadmntii@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan disposisi matematis siswa pada materi logaritma dengan model pembelajaran <em>Teams Games Tournament</em> pada kelas X-9 SMAN 8 Balikpapan. Waktu penelitian semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 materi logaritma. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini mengambil Kelas X-9 SMAN 8 balikpapan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi observasi, kuesioner, dokumentasi, tes. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran <em>Teams Games Tournament </em>(TGT) dapat meningkatkan disposisi matematis siswa kelas X-9 SMAN 8 Balikpapan meliputi (1) Hasil tes belajar matematika materi logaritma pada siklus II yang mencapai nilai di atas 66 mencapai 87%; (2) Hasil disposisi matematis siswa pada siklus II termasuk kategori tinggi ada 31 orang dengan memiliki disposisi sedang sebanyak 5 orang; (3) Rata-rata tes belajar matematika dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 15,59. Begitupula persentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan sebesar 16,67%.</p> 2023-12-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Rahayu Sri Waskitoningtyas, Hilda Damayanti https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/205 Penggunaan Kalimat Simpleks dan Kompleks Dalam Teks Berita Peserta Didik Kelas XI-1 SMA Negeri 8 Balikpapan 2023-12-05T01:39:57+00:00 Ari Musdolifah ary.musdolifah@uniba-bpn.ac.id Rika Istianingrum rika@uniba-bpn.ac.id Pranawengrum Damaryakti pranaweknum@gmail.com <p>Kalimat adalah rangkaian kata-kata yang memuat subjek, predikat, dan intonasi final. Kalimat dibagi menjadi dua, yaitu kalimat simpleks dan kompleks. Kalimat simpleks adalah kalimat yang memiliki satu aksi/peristiwa dan satu struktur kalimat. Kalimat kompleks adalah kalimat yang memiliki dua atau lebih peristiwa/aksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kalimat simpleks dan kompleks dalam teks berita peserta didik kelas XI-1 SMA Negeri 8 Balikpapan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data penelitian ini adalah kalimat dalam teks berita peserta didik, sedangkan sumber datanya adalah 5 teks berita peserta didik kelas XI-1 SMA Negeri 8 Balikpapan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. Teknik keabsahan menggunakan triangulasi teknik dan ketekunan. Teknik analisis data menggunakan metode agih dan model <em>interactive analysis</em> Miles <em>and </em>Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan kalimat simpleks dan kompleks dalam 5 teks berita. Jumlah kalimat simpleks dalam 5 teks berita adalah 12, sedangkan jumlah kalimat kompleks parataktik adalah 4.</p> 2023-12-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Ari Musdolifah, Rika Istianingrum, Pranawengrum Damaryakti https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/203 Analisis Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pojok Baca pada Program Kampus Mengajar di SDN Pecangaan Wetan 2023-11-10T07:40:02+00:00 Sinta Jay Khan 201330000598@unisnu.ac.id Erna Zumrotun erna@unisnu.ac.id Aan Widiyono aanwidiyono@unisnu.ac.id <p>Literasi adalah keterampilan penting yang harus dikuasai oleh setiap individu dalam era globalisasi ini. Upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan keterampilan literasi di sekolah yaitu dengan mengembangkan kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi pojok baca dalam Program Kampus Mengajar di SDN 2 Pecangaan Wetan dapat berkontribusi dalam meningkatkan literasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, diantaranya: observasi, wawancara, dokumentasi, penyebaran kuesioner di kelas 5, dan pre-test dan post-test AKM Kelas 5. Gerakan literasi sekolah SDN 2 Pecangaan dilakukan melalui 3 tahap yaitu, tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Dengan program Liner (<em>Literacy Corner</em>) yang ditata dan didekorasi semenarik mungkin dan berbagai koleksi buku anak yang menarik. Terbukti dengan hasil penyebaran kuesioner dari 32 peserta didik, 22 diantaranya merasa terbantu dan lebih gemar membaca setelah adanya pojok baca. Selain itu, hasil post-test AKM Kelas yang meningkat dengan hasil literasi 83%. Pelaksanaan post-test peserta didik mengalami peningkatan kemampuan literasi sebanyak 28% dari pelaksanaan pre-test yang hanya mendapat hasil 55% saja. Kemampuan literasi peserta didik dapat meningkat dengan upaya pembiasan membaca yang dibangun sejak dini serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.</p> 2023-12-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Sinta Jay Khan, Erna Zumrotun, Aan Widiyono https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/202 Integrasi Bahan Ajar Dalam Pengembangan Literasi Keuangan Pada Mahasiswa 2023-12-02T08:31:14+00:00 Ratna Fitri Astuti ratna.fitri@fkip.unmul.ac.id Indah Permatasari indah.permatasari@fkip.unmul.ac.id Nur Anisa nuranisa301202@gmail.com <p>Mahasiswa lebih banyak memiliki literasi keuangan yang bersumber dari media sosial dan juga bacaan lain di internet secara bebas yang tidak diketahui kebenarannya. Literasi keuangan mahasiswa yang tepat salah satunya dapat diasah melalui pemahaman lembaga keuangan yang digunakan dalam kehidupan masyarakat, sehingga mata kuliah bank dan lembaga keuangan bukan bank menjadi salah satu sumber ilmu untuk meningkatkan literasi keuangan mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode <em>action research</em> (penelitian tindakan), penelitian dilakukan pada 74 mahasiswa. Tahapan penelitian tindakan yang dilakukan adalah model spiral dialektik dengan empat langkah antara lain identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis dan interpretasi data serta perencanaan Tindakan. literasi keuangan yang dimiliki mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi tersebar pada 3 kategori. Sebanyak 4,05% atau 3 mahasiswa memiliki literasi keuangan pada tingkat cukup baik, 40,54% atau 30 mahasiswa pada tingkat baik dan 55,41% atau 41 pada tingkat sangat baik. Keadaan tersebut menggambarkan bahwa sebagian besar mahasiswa telah mengenal pengetahuan dasar yang dibutuhkan dalam mengelola keuangan yang dimiliki. Ketersediaan bahan ajar yang tepat dirasakan manfaatnya bagi mahasiswa dalam menambah wawasan lembaga keuangan yang tersedia, sehingga mahasiswa dapat memanfaatkan lembaga keuangan yang tepat untuk mengelola keuangannya.</p> 2023-12-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Ratna Fitri Astuti, Indah Permatasari, Nur Anisa https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/188 Penerapan Media PowerPoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Teks Ceramah Pada Siswa Kelas XI IPA 4 SMAN 7 Balikpapan Tahun Ajaran 2022/2023 2023-11-21T11:13:24+00:00 Nurliani Maulida nurliani.maulida@uniba-bpn.ac.id Ari Musdolifah ary.musdolifah@uniba-bpn.ac.id Helemma Avira Sary helemmasary@gmail.com <p>Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan analisis pada siswa/siswi melalui penggunaan media pembelajaran yaitu PowerPoint Interaktif pada materi teks ceramah kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 7 Balikpapan. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas XI IPA 4 SMA Negeri 7 Balikpapan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi serta soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan analisis dengan menggunakan media PowerPoint Interaktif pada 33 siswa di kelas XI IPA 4 memperoleh adanya peningkatan, hal ini dapat dilihat dari nilai tes siswa pada siklus I sebesar 77,94 dan terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 88,13. Selain itu, peneliti juga mengukur peningkatan aktivitas belajar guru dan siswa, dan ditemukan bahwa pada siklus I aktivitas guru sebesar 88 dan aktivitas siswa sebesar 91. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II aktivitas guru meningkat menjadi 96 dan aktivitas siswa meningkat pula menjadi 96. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media PowerPoint Interaktif dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 7 Balikpapan.</p> 2023-12-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Nurliani Maulida, Ari Musdolifah, Helemma Avira Sary https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/198 Wacana Durhaka Pada Legenda Lau Kawar: Kajian Analisis Wacana Kritis Oleh Teun A. Van Dijk 2023-12-02T08:29:09+00:00 Adam Wijaya Tarigan adamwijaya95@gmail.com Joyce Silaban joycesilaban24@gmail.com Eveline Simamora evelinesimamora@gmail.com Jekmen Sinulingga jekmen@usu.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan makna durhaka dari legenda Lau Kawar. Selain itu peneliti menggunakan analisis wacana kritis dengan menggunakan metode AWK oleh Teun A. Van Dijk, yang terdiri dari tiga analisis, yaitu analisis teks, analisis kognisi, dan analisis sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk. Subyek penelitian ini adalah legenda Danau Lau Kawar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membaca artikel atau cerita legenda, mengklasifikasikan wacana dan menganalisis informasi yang tersedia.Wacana durhaka dalam legenda Lau Kawar memperlihatkan analisis tekstual yang maksudnya wacana durhaka akibat dari perlakuan atau ucapan yang tidak pantas sehingga melukai dan menyakiti perasaan orang tua sang anak. Terkhusus ibu, yang membesarkan, mendidik dan melahirkan seorang anak ke dunia. Seorang anak tidaklah boleh ingkar dengan peraturan atau perintah yang sudah diikatkan dengan janji terhadap orang tuanya, sehingga tidak menyakiti perasaan orang tuanya, seperti anak dalam legenda Lau Kawar tersebut. Analisis sosial memperlihatkan bahwa wacana durhaka pada masyarakat Karo zaman dahulu melalui legenda Lau Kawar sebagai bentuk ketakutan jika melanggar dan ingkar dengan perintah orang tua, kelak akan mendapatkan bala dari sang pencipta. Pada masa kini sudah direvitalisasi menjadi norma kesusilaan.</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Adam Wijaya Tarigan, Joyce Silaban, Eveline Simamora, Jekmen Sinulingga https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/144 Penerapan Media Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar 2023-11-21T11:15:19+00:00 Lastri Widyawati lastriwidyawati03@gmail.com Mustamiroh Mustamiroh mustamiroh8819@gmail.com Kusdar Kusdar kusdar@unmul.ac.id <p>Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan hasil belajar IPA materi sistem pernapasan manusia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA materi sistem pernapasan manusia melalui media mind mapping pada siswa kelas V SDN 016 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek yaitu siswa kelas V SDN 016 Sungai Kunjang yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Pada penelitian ini, persentase keaktifan guru dan siswa, ketuntasan hasil belajar, rata-rata, dan peningkatan hasil belajar digunakan untuk menganalisis data. Keaktifan siswa mencapai 47,85% di siklus I dengan kriteria kurang aktif yang meningkat menjadi 58,00% di siklus II dengan kriteria cukup aktif; dan meningkat menjadi 72,65% di siklus III dengan kriteria aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh 14 tuntas dengan besar peningkatan hasil belajar yaitu 10,25%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas yaitu 21 dengan besar peningkatan hasil belajar yaitu 18,19%. Pada siklus III, jumlah siswa tuntas semakin meningkat yaitu 28 dengan besar peningkatan hasil belajar siklus III adalah 31,17%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media <em>mind mapping</em> mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA materi sistem pernapasan manusia.</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Lastri Widyawati, Mustamiroh Mustamiroh, Kusdar Kusdar https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/200 Analisis Teks, Koteks, Dan Konteks Dalam Upacara Mamongoti Bagas (Memasuki Rumah Baru) Masyarakat Batak Toba 2023-11-10T05:49:56+00:00 Irfan Hutagalung irfanhutagalung58@gmail.com Samuel Alexander Siagian samuelalexsander693@gmail.com Johanes Sitanggang johanessitanggang0119@gmail.com Jekmen Sinulingga jekmen@usu.ac.id <p>Penelitian in membahas tentang tradisi lisan <em>mamongoti bagas</em> (memasuki rumah baru) dalam masyarakat Batak Toba. Teori yang digunakan adalah teori teks, koteks dan konteks dan kearifan lokal. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Datanya adalah serangkaian acara memasuki rumah baru masyarakat Batak Toba. Hasilnya menunjukkan bahwa teks dalam acara memasuk rumah baru dalam masyarakat Batak Toba memilik makna pembentukan hubungan sosial yang baru. Koteks mengandung unsur prosemik dimana ada jeda diantara penutur, sehingga kita tahu apa posis seseorang dalam acara memasuk rumah baru dalam masyarakat Batak Toba. Konteks yang terdapat adalah konteks situasi, sosial dan tempat. Acara memasuk rumah baru mengandung tiga kearifan lokal, yaitu ucapan syukur, kerukunan dan kedamaian, serta peduli lingkungan. Dari pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa tradisi memasuk rumah baru dalam masyarakat Batak Toba mengandung kearifan lokal yang harus dijaga dan dilestarikan sebaga tradisi lisan masyarakat Batak Toba.</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Irfan Hutagalung, Samuel Alexander Siagian, Johanes Sitanggang, Jekmen Sinulingga https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/201 Eksplorasi Media Pembelajaran PPKn Melalui Pop Up Book untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMP 2023-11-10T05:52:11+00:00 Cika Faradila faradilacika16@gmail.com Muhammad Dzaki Al-Karim Lubis dzakilubis1812@gmail.com Samuel Pratama Depari samueldepari202@gmail.com Jamaludin Jamaludin jamaludin@unimed.ac.id <p>Dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital, guru perlu memiliki kompetensi pedagogik yang mumpuni. Dalam konteks ini, penggunaan teknologi <em>pop up book</em> bukan hanya sekadar alternatif, tetapi juga menjadi keharusan untuk memperkuat daya saing proses pembelajaran. Kompetensi pedagogik merujuk pada kemampuan seorang guru dalam mengelola proses pembelajaran secara profesional. Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru adalah melalui pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru PPKn di SMP Negeri 17 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak penggunaan teknologi <em>pop up book</em> sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa, serta mengetahui pengaruh Penerapan teknologi <em>pop up book</em> dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan <em>pop up book</em> memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar siswa dan terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Dampak positifnya menciptakan dasar untuk perubahan jangka panjang, memperkuat urgensi teknologi dalam meningkatkan mutu pendidikan.</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Cika Faradila, Muhammad Dzaki Al-Karim Lubis, Samuel Pratama Depari, Jamaludin https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/210 Eksistensi Pendidik Yang Berkualitas Melalui Peningkatan Kompetensi Profesional Di Smk Negeri 3 Balikpapan 2024-01-02T10:13:48+00:00 Prita Indriawati prita@uniba-bpn.ac.id Indah Ika Ratnawati indahika.ratnawati@uniba-bpn.ac.id Ari Musdolifah ary.musdolifah@uniba-bpn.ac.id Maryatin Maryatin maryatin@uniba-bpn.ac.id Lidya Intan Hidayah lidyaintan@gmail.com <p>Perkembangan pengetahuan dan tantangan pembelajaran pada era globalisasi mengharuskan guru untuk meningkatkan profesionalisme sesuai bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang peningkatan kualitas guru secara personal, serta untuk mengetahui gambaran kompetensi profesional guru, serta hambatan peningkatan profesionalisme guru di SMK Negeri 3 Balikpapan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Teknik Analisis Data menggunakan tiga alur kegiatan meliputi Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil temuan penelitian menunjukkan sekolah dalam peningkatan kompetensi profesional yaitu <em>pertama</em> melaksanakan pelatihan guru pada program kurikulum dan pembelajaran, <em>kedua</em> pemantauan oleh kepala sekolah melalui supervisi internal dan supervisi eksternal oleh pengawas pendidikan, <em>ketiga</em> melibatkan pengawas, serta komite dalam kegiatan kurikuler, non kurikuler dan ekstrakurikuler di sekolah, <em>keempat</em> peningkatan penyediaan fasilitas yang cukup seperti media sarana pembelajaran dan informasi yang lengkap untuk pembelajaran. Dalam pengembangan kualitas personal yaitu melalui pelatihan penguatan kelembagaan yang sekolah adakan rutin setiap semester melibatkan pakar serta melalui dukungan sekolah untuk keterlibatan dalam organisasi profesi guru seperti KKG dan MGMP. Hambatan eksistensi peningkatan kualitas guru dalam profesionalisme ditemukan belum optimalnya pemahaman guru akan tugas dan tanggung jawab dalam pengembangan profesional, ditemukannya beberapa guru yang tidak mengikuti pelatihan, hambatan kendala fisik faktor umur, kesulitan waktu karena tuntutan regulasi. Dibutuhkan upaya melalui kerja sama antara sekolah, dinas, industri dan komite dalam pengawasan efektivitas pembelajaran di luar dan di dalam kelas. </p> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Prita Indriawati, Indah Ika Ratnawati, Ari Musdolifah, Maryatin Maryatin, Lidya Intan Hidayah https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/186 Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Trigonometri 2024-01-26T03:33:10+00:00 Bunga Arnila bungaarnila612@gmail.com Husnul Khotimah hus.nule90@gmail.com Sella Lipiantanna slipiantanna@gmail.com <p>Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk membuat peningkatan hasil pembelajaran matematika melalui penerapan model PBL pada siswa X-6 SMA Negeri 7 Balikpapan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan sebagai jenis penelitian dengan 2 siklus tindakan. Agar memenuhi kaedah penelitian maka digunakan berbagai teknik pengambilan data diantaranya observasi, dokumentasi dan tes. Setelah menerapkan model PBL diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil pembelajaran siswa X-6 SMA Negeri 7 Balikpapan pada materi trigonometri dimana nilai hasil tes awal yaitu 59,31% meningkat pada nilai tes siklus I yaitu 64,33%, selanjutnya meningkat kembali pada tes siklus II yaitu 85,14%. Peningkatan tersebut juga terjadi pada ketuntasan belajar secara klasikal dimana pada tes awal yaitu 11,11% kemudian pada siklus I menjadi 30,56 % dan selanjutnya pada siklus II sebesar 86,11%.</p> 2023-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Bunga Arnila, Husnul Khotimah, Sella Lipiantanna