Kompetensi https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi <p><strong>Kompetensi (e-ISSN: 2656-9841 and p-ISSN: 2087-0485) </strong>published by Faculty of Teacher Training and Education, Balikpapan University, which is published twice a year in June and December. It embodies Research Articles and Theoretical and Conceptual reviews with detail focus: education, teaching &amp; learning, social, economy, science, and humanities. Articles are written in Indonesian and English.</p> en-US [email protected] (Retnowaty) [email protected] (Husnul Khotimah, M.Pd.) Sun, 22 Dec 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Simbol Dan Makna Jabu Parsaktian Datu Parulas Paultop https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/217 <p><em>Jabu Parsaktian </em>Datu Parulas<em> Paultop </em>merupakan bangunan tradisional yang memiliki banyak ornamen gorga yang berhubungan dengan lambang yang memiliki makna sesuai hubungan dengan adat-istiadat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yaitu: (1) observasi; (2) wawancara; dan (3) dokumentasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori semiotika oleh Charles Sander Peirce dan teori makna dikemukakan oleh Ogden dan Ricard. Lokasi penelitian ini di Desa Harian, Kecamatan Onanrunggu, Kabupaten Samosir. Ditemukan hasil dari penelitian ini adalah terdapat sepuluh bentuk simbol pada <em>Jabu Parsaktian </em>Datu Parulas <em>Paultop</em> yaitu: (1) simbol ornamen <em>ulu paung</em>; (2)simbol ornamen <em>simanuk-manuk</em>; (3) simbol ornamen <em>jaga dompak raja</em>; (4) simbol ornamen <em>jenggar-jenggar tomboman gaung</em>; (5) simbol ornamen <em>simeol-eol</em>; (6) simbol ornamen <em>marsirahutan</em>; (7) simbol ornamen <em>ombun marhehe</em>; (8) simbol ornamen <em>dalian natolu</em>; (9) simbol ornamen <em>sipiso-piso</em>; dan (10) simbol ornamen <em>tumpak sala sionom-onom</em>. Makna yang terdapat pada <em>Jabu Parsaktian </em>Datu Parulas <em>Paultop </em>yaitu makna denotatif dan konotatif yang masing-masing berdasarkan peletakan dari simbol ornamen.</p> Regina Sinaga, Flansius Tampubolon, Asni Barus Copyright (c) 2024 Regina Sinaga, Flansius Tampubolon, Asni Barus https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/217 Sun, 22 Dec 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Net Profit Margin dan Return On Invesment terhadap Pertumbuhan Laba pada Perusahaan Food & Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022 https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/226 <p>Perusahaan manufaktur makanan merupakan segmen perdagangan yang aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan pengaruh faktor bebas terhadap variabel bawahan pada perusahaan Nourishment &amp; Refreshments pada Perdagangan Saham Indonesia. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini dapat berupa strategi penelitian kuantitatif dengan berbagai tes pengukuran kekambuhan langsung dan menggunakan program SPSS versi 26.0. Proses pengujiannya menggunakan purposive test dan menghasilkan 6 (enam) perusahaan Nourishment &amp; Refreshments yang menjadi survei populasi di BEI. Strategi penyelidikan informasi adalah dengan melakukan uji kecurigaan klasik, penyelidikan kekambuhan langsung yang berbeda dan pengujian teori. Kesimpulannya adalah secara simultan CR, DER, NPM, dan ROI tidak terbukti kevalidannya berpengaruh terhadap pertumbuhan laba.</p> Ugroseno Damara Prasadhana Handoyo, Nurdianah Nurdianah Copyright (c) 2024 Ugroseno Damara Prasadhana Handoyo, Nurdianah Nurdianah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/226 Sun, 22 Dec 2024 00:00:00 +0000 Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Materi Jenis Usaha Masyarakat Indonesia pada Siswa SDN 006 Anggana https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/337 <p>Kegiatan belajar mengajar yang baik ialah peserta didik memperoleh <em>skill</em> (keterampilan), <em>value</em> (nilai), dan <em>knowledge</em> (pengetahuan) yang didorong oleh peranan guru langsung. Beberapa siswa menganggap materi IPS sulit dimengerti dan dipahami. Hasil observasi memaparkan bahwa pembelajaran belum optimal, sebagian besar masih banyak siswa yang belum mencapai KKM. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi hasil belajar yang kurang optimal dan rendah. Dalam meningkatkan hasil belajar siswa, maka dibutuhkan kemampuan guru yang mampu menguasai model pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka guru memiliki tuntutan untuk menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan, efektif, dan inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa melalui penerapan model pembelajaran tipe <em>scramble </em>materi jenis usaha masyarakat Indonesia. Jenis penelitian ini mengadopsi pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN 006 Anggana. Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi merupakan tahapan-tahapan penting dalam Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode rata-rata, persentase, dan peningkatan hasil belajar. Hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe <em>scramble</em>, saat pra siklus nilai rata-rata 67, persentase ketuntasan 21% (sangat kurang) dimana 4 siswa tuntas, di siklus I memperoleh nilai rata-rata 74,47, persentase ketuntasan 37% (cukup), dimana 7 siswa tuntas, peningkatan sebesar 11,14% dan di siklus II nilai rata-rata 84, persentase ketuntasan 84%, (baik) dimana 16 siswa tuntas, peningkatan sebesar 25,37%. Melalui perolehan persentase tersebut sudah &gt;70% sehingga dapat dihentikan di siklus II.</p> Zara Amelia, Mustamiroh Mustamiroh Copyright (c) 2024 Zara Amelia, Mustamiroh Mustamiroh https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/337 Sun, 22 Dec 2024 00:00:00 +0000