Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Yang Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kontekstual

Authors

  • Suci Yuniarti Universitas Balikpapan
  • Friska Chintia Kemiliani Universitas Balikpapan
  • Diah Ayu Ananda Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i2.103

Keywords:

mathematics learning outcomes, problem-based learning, contextual teaching and learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kontekstual pada materi transformasi geometri berbeda atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sebanyak 67 siswa yang terdiri dari dua kelas menjadi sampel dalam penelitian ini melalui cluster random sampling dengan populasi sebanyak 134 siswa kelas XI IPS. Uji Mann-Whitney U digunakan untuk menganalisis data yang didapat dari dokumentasi hasil penilaian siswa. Hasil uji hipotesis  menunjukkan nilai Asymp. Sig. yang lebih besar dari 0,05 yaitu sebesar 0,778. Dari nilai Asymp.Sig. tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kontekstual pada materi transformasi geometri tidak berbeda secara signifikan.

References

Amalia, E., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). The effectiveness of using problem-based learning (PBL) in mathematics problem solving ability for junior high school students. International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education. 3(2), 3402 – 3406.

Annisa, V. & Samosir, K. (2022). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan. Jurnal Inspiratif. 8(2), 39 – 51.

Artikasari, E. A. & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuh Kembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN). 3(2), 73 – 82.

Bansilal, S. & Naidoo, J. (2012). Learners engaging with transformation geometry. South African Journal of Education. 32, 26 – 39.

Fitriyah, Murtadlo, A. & Warti, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi. Jurnal Pelangi. 9(2), 108 – 112.

Harahap, E. H. 2021. Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Tiga Dimensi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). 3(3), 829 – 835.

Hendriana, H., Johanto, T. & Sumarmo, U. (2018). The Role of Problem-Based Learning to Improve Students’ Mathematical Problem-Solving Ability and Self Confidence. Journal on Mathematics Education. 9(2), 291 – 300.

Kaharuddin, A. (2018). Effect of Problem Based Learning Model on Mathematical Learning Outcomes of 6th Grade Students of Elementary School Accredited B in Kendari City. International Journal of Trends in Mathematics Education Research. 1(2), 43 – 46.

Kazemi, F. & Ghoraishi, M. (2012). Comparison of Problem-based Learning Approach and traditional teaching on attitude, misconceptions and mathematics performance of University Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 46(2012), 3852 – 3856

Komariyah, S. & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. 4(2), 55 – 60.

Kurniati, Kusumah, Y. S., Sabandar, J. & Herman, T. (2015). Mathematical Critical Thinking Ability Through Contextual Teaching and Learning Approach. IndoMS-JME. 6(1), 53 – 62.

Manurung, A. S., Halim, A. & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4(4), 1291 – 1301.

Mulyanto, H., Gunarhadi & Indriayu, M. (2018). The effect of problem-based learning model on student mathematics learning outcomes viewed from critical thinking skills. International Journal of Educational Research Review. 3(2), 37 – 45.

Nasir, A. M. & Hadijah. (2019). The Effectiveness of Problem Based Learning Model with The Assistance of Animation Media on Tetragon Material to The Students Mathematic Learning Achievement of Grade VII SMP Negeri 5 Mandai. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML). 2(1), 13 – 18.

Nurhasanah, F., Kusumah, Y. S., & Sabandar, J. (2017). Concept of triangle: Examples of mathematical abstraction in two different contexts. International Journal on Emerging Mathematics Education. 1(1), 53 – 70.

Nurlaily, V. A. (2018). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning pada Pembelajaran Matematika ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis (Penelitian Pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta). Tesis. Surakarta: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Surakarta.

Rakiyah, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Alat Peraga pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Mathematics Pedagogic. 2(2), 124 – 132.

Ruqoyyah, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa MA Melalui Contextual Teaching and Learning. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi. 5(2), 85 – 99.

Septianawati, E. & Abdillah, E. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Model Problem Based Learning dengan Contextual Teaching and Learning. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika. 5(2), 80 – 87.

Sirait, E.D. & Apriyani, D.D. (2020) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif ICM (Index Card Match) terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 5(1), 46 – 48.

Sumarmi, D. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning dan Contextual Teaching Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar. Jurnal Sinektik. 5(1), 67 – 75.

Susanti, G., & Rustam, A. (2018). The Effectiveness of Learning Models Realistic Mathematics Education and Problem Based Learning toward Mathematical Reasoning Skills at Students of Junior High School. Journal of Mathematics Education. 3 (1), 33 – 39.

Syamsuddin, S. & Utami, M. A. P. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. JRIP: Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran. 1(1), 32 – 40.

Tarmizi, R. A. & Bayat, S. (2012). Collaborative problem-based learning in mathematics: A cognitive load perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 32 (2012), 344 – 350.

Trisnawati, Y. I., Sudargo & Prasetyowati, D. (2019). Efektivitas Model Contextual Teaching and Learning dan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 1(5), 190 – 200.

Trisnowali, A. M. S. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, dan Sikap Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMAN 2 Watampone. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 5(2), 259 – 278.

Walmia, W., Latbual, J., Hentihu, V. R. & Loilatu, S. H. (2020). Efektifitas Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Uniqbu Journal of Exact Sciences (UJES). 1(2), 31 – 39.

Widiastuti, N. (2015). Pembelajaran Matematika Menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Kemampuan Memori Siswa pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Jurnal Akademis dan Gagasan Matematika. 2, 24 – 36.

Yuwanawati, R. (2014). Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) Dan Problem Based Learning (PBL) Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Ngawi Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Akademis dan Gagasan Matematika. 1, 18 – 24.

Zuliyanti, P. & Pujiastuti, H. (2020). Model Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Prisma. 9(1), 98 – 107.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Yuniarti, S., Kemiliani, F. C., & Ananda, D. A. (2022). Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Yang Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kontekstual. Kompetensi, 15(2), 218–224. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i2.103