Konstruksi Sosial Kampanye #IndonesiaBicaraBaik Monday Inspiration di Instagram @perhumas_indonesia Perspektif Peter L Berger

Authors

  • Anggia Bahana Putri Universitas Sahid Jakarta
  • Dean Pahrevi Universitas Sahid Jakarta
  • Risdo Saragih Universitas Sahid Jakarta
  • Frengki Napitupulu Universitas Sahid Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.108

Keywords:

Komunikasi, Media Sosial, Konstruksi Sosial, Monday Inspiration

Abstract

Media massa adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Selain itu, media juga merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan. Ada juga yang mengartikan media sebagai saluran informasi. Media sosial adalah lingkungan online yang memungkinkan pengguna untuk mewakili diri mereka sendiri dan berkomunikasi, berkolaborasi, berbagi, dan berinteraksi dengan pengguna lain untuk membuat koneksi sosial virtual. Artikel ini berjudul Konstruksi Sosial Kampanye #IndonesiaBicaraBaik Monday Inspiration di Instagram @perhumas_indonesia Perspektif Peter L Berger. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan deskriptif. Sesuai dengan namanya, metode penelitian deskriptif adalah metode penelitian untuk menggambarkan fenomena yang masih berjalan dengan tujuan untuk menyajikan gambaran lengkap atau eksplorasi dan klarifikasi mengenai suatu fenomena atau kenyataan sosial. Selain itu penelitian ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif yang merupakan metode riset yang bersifat deskriptif dan analitis. Dari hasil penelitian mengenai Konstruksi sosial Kampanye #IndonesiaBicaraBaik Monday Inspiration di Instagram @perhumas_Indonesia perspektif Peter L. Berger memberikan proses momen simultan yang sesuai dari proses eksternalisasi, objektifikasi dan Internalisasi dapat berjalan dengan baik serta menghasilkan konstruksi sosial yang diharapkan dan sesuai. Proses eksternalisasi Kampanye #IndonesiaBicaraBaik memberikan edukasi dan menyajikan konten-konten positif yang secara objektifitas bagi pengikuti instagram @perhumas_indonesia dapat merasakan semangat positif sehingga menginspirasi dalam kehidupan nyata. Dan secara tahap internalisasi pada postingan Monday Inspiration Kampanye #IndonesiaBicaraBaik pengikut instagram @perhumas_indonesia dapat kembali mengunggah atau membagikan postingan-postingan dengan semangat positif tersebut kepada lingkungannya sehingga proses konstruksi sosial dari Monday Inspiration Kampanye #IndonesiaBicaraBaik dapat terinternalisasi dengan baik. Intinya manusia mengkonstruksikan realitas sosial, di mana proses subjektif menjadi terobjektif dalam kehidupan sosial

References

Dwiyono, P. (2018). Representasi Maskulinitas Dalam Media Sosial (Analisis Semiotika Pada Akun Instagram @Dailymanly). Universitas Muhammadiyah Malang, 51(1), 51. http://eprints.umm.ac.id/43080/%0Ahttp://eprints.umm.ac.id/43080/3/BAB II.pdf

Khotimah, N. T. K., & Nurhastuti. (2018). Hubungan Kampanye Digital dengan Brand Awareness. Prosiding Managemen Komunikasi, 4(1), 28–33.

Literasi Digital Masyarakat Indonesia Membaik. (2022). https://www.kominfo.go.id/content/detail/39858/literasi-digital-masyarakat-indonesia-membaik/0/artikel#:~:text=Secara keseluruhan%2C Indeks Literasi Digital,514 kabupaten%2Fkota di Indonesia

Mukhlis Mustofa, dan E. B. P. (2016). Etika Pemanfaatan Media Sosial Pada Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Menjelang Ujian Akhir Sekolah (Studi Kasus di SD Jama’atul Ikhwan). 1(April), 1–14.

Mustakim, M., Ishomuddin, I., Winarjo, W., & Khozin, K. (2020). Konstruksi Kepemimpinanan Atas Tradisi Giri Kedaton Sebagai Identitas Sosial Budaya Masyarakat Kabupaten Gresik. Media Komunikasi FPIPS, 19(1), 11. https://doi.org/10.23887/mkfis.v19i1.23250

Pengertian Era Digital dan Dampaknya untuk Kehidupan Manusia. (2021). https://kumparan.com/kabar-harian/pengertian-era-digital-dan-dampaknya-untuk-kehidupan-manusia-1wvfOV0vP29/2

Rahmadhani Ayu Harvianti, & Kurniadi, O. (2021). Kampanye Komunikasi Ecotransport dalam Mengurangi Transportasi Pribadi. Jurnal Riset Public Relations, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i1.77

Rahmaoktaviani, D., & Setiawan, I. (2020). Pengelolaan Bisnis Sanggar Senam Aerobik di Kabupaten Rembang. Physical Education and Sport, 1(2), 409–413.

Sugianto Putri, C. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. Performa : Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 594–603.

Triwardhani, I. J. (2006). Komunikasi Persuasif pada Pendidikan Anak. Mediator: Jurnal Komunikasi, 7(1), 77–84. https://doi.org/10.29313/mediator.v7i1.1220

Yuningsih, A. (2006). Implementasi Teori Konstruksi Sosial dalam Penelitian Public Relations. Mediator: Jurnal Komunikasi, 7(1), 59–70. https://doi.org/10.29313/mediator.v7i1.1215

Downloads

Published

2023-05-23

How to Cite

Putri, A. B., Pahrevi, D., Saragih, R., & Napitupulu, F. (2023). Konstruksi Sosial Kampanye #IndonesiaBicaraBaik Monday Inspiration di Instagram @perhumas_indonesia Perspektif Peter L Berger. Kompetensi, 16(1), 7–17. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.108