Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran di SMP Negeri 11 Balikpapan
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i2.109Keywords:
kemampuan pemecahan, lingkaran, unsur lingkaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Balikpapan. Metode untuk mengumpulkan data yaitu dengan menggunakan tes kerja tertulis dengan kemampuan pemecahan masalah pada materi lingkaran. Untuk mendapatkan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, dan diperoleh subjek penelitian sebanyak 3 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Balikpapan termasuk dalam kategori rendah yang dilihat dari ketidakmampuan siswa dalam memahami soal dan menuliskan unsur apa saja yang ada pada soal tersebut. Selain itu, siswa kurang mampu merencanakan atau merancang strategi menggunakan rumus dalam menyelesaikan soal. Selanjutnya, siswa kurang mampu memahami rumus luas dan keliling pada materi lingkaran. Siswa juga belum memahami perbedaan diameter dan jari-jari. Secara keseluruhan, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa khususnya pada materi lingkaran berada pada kualifikasi rendah.
References
Anggraeni, R., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1072–1082. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.334
Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041
Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20201/
Musa, L. A. D. (2018). Level Berpikir Geometri Menurut Teori Van Hiele Berdasarkan Kemampuan Geometri dan Perbedaan Gender Siswa Kelas VII SMPN 8 Pare-Pare. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 103–116. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i2.255
Rosmawati, L., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Pada Materi Bangun Datar Siswa SMP Kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 785. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p785-792
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Susilo, G., & Aisyah, N. (2020). Pengajaran Persiapan Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 37 Samarinda. Abdimas Universal, 2(2), 54–60. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v2i2.58
Susilo, G., & Pertiwi, A. B. W. S. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Di Balikpapan. Riemann Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 21–34. https://doi.org/doi.org/10.38114/riemann.v3i1.128
Yuniarti, S., & Sari, T. H. N. I. (2020). PKM Strategi Pemecahan Masalah Matematika Sebagai Persiapan OSN Matematika Tingkat SD dan SMP Di Kota Balikpapan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 79–85. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/jppm/article/view/15935
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ganjar Susilo, Ryan Angga Pratama, Susi Handayani, Akhwal Irham
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.