Analisis Kontribusi Pertunjukan Orkes Irama Padang Pasir terhadap Pendidikan Islam Bagi Masyarakat di Kota Binjai
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i2.111Keywords:
Pertunjukan, Orkes Islam, Binjai, Pendidikan IslamAbstract
Tulisan ini akan membahas tentang kontribusi pertunjukan Orkes irama padang pasir sebagai salah satu bentuk musik Islam terhadap pendidikan Islam bagi masyarakat di Kota Binjai. Fokus bahasan adalah menganalisis seberapa besar peran seni pertunjukan Islam tersebut terhadap penanaman nilai-nilai Islam kepada masyarakat. Internalisasi nilai-nilai Islam tersebut menjadi misi lain bagi kelompok musik Irama Padang Pasir melakukan pertunjukan. Oleh karena itu, pengamatan dan wawancara merupakan upaya utama untuk mendapatkan data, yang selanjutnya dikolaborasikan dengan data-data dari literatur lain dalam studi kepustakaan. Analisis terhadap isi lagu dokumentasi foto dan hasil wawancara, juga menjadi bagian dari pengumpulan data. Cara-cara di atas merupakan ciri-ciri dari metode penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Setelah melakukan penelitian, hasil yang diperoleh adalah pertunjukan orkes irama padang pasir memberikan kontribusi secara teoritis dan praktis kepada masyarakat terkait pendidikan Islam. Pertunjukan musik memberikan sumbangan pendidikan Islam kepada umat Islam untuk membentuk akhlak mulia, persiapan menuju kehidupan dunia dan akhirat, bekal untuk mencari rezeki (kemampuan dan profesi), dan menyiapkan insan yang mampu menguasai kemampuannya secara maksimal (profesional). Kontribusi tersebut pada akhirnya menjadikan pertunjukan musik Irama Padang Pasir identik dengan agama Islam, bahkan cenderung iconic. Kesimpulan yang bisa diambil dari adalah bahwa pertunjukan orkes irama padang pasir sebagai salah satu musik Islam telah memberikan kontribusi untuk pendidikan Islam bagi masyarakat, utamanya yang berkaitan dengan praktik menjalani kehidupan di dunia sesuai ajaran agama Islam.
References
h, F. Y. (2013). Sejarah Perkembangan Seni dan Kesenian Dalam Islam (Seri Kesenian Islam Jilid I) (Ediwar (ed.); I). ISI Padang Panjang Press.
Saraswati, P. (2021). Penyuluhan Manfaat Program Kecakapan Hidup. Abdimas Akademika, Volume 2, 148.
Sembiring, I. M. (2020). Pendidikan Islam Dalam Perspektif World Converence On Muslim Education: Telaah Ontologis, Aksiologis, Dan Epistemologis. Al Ikhitbar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.7 no., 734.
Shidqiyyah, S. (2018). 12 Fungsi Musik Secara Umum, Nggak Cuma Buat Hiburan Doang. Https://Www.Liputan6.Com/Lifestyle/Read/3692738/12-Fungsi-Musik-Secara-Umum-Nggak-Cuma-Buat-Hiburan-Doang. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3692738/12-fungsi-musik-secara-umum-nggak-cuma-buat-hiburan-doang
Solihati, A. H. dan N. (2016). Nilai Pendidikan Karakter Pada Lirik Lagu Anak-anak Tempo Dulu (Tinjauan Budaya). Seminar Antarbangsa Arkeologi, Sejarah, Budaya, Dan Bahasa Di Alam Melayu Nusantara (ASBAM) Ke-5 Vulome I, 244–245.
Sulasman, dan F. Y. A. (2014). Islam, Seni Musik, dan Pendidikan Nilai di Pesantren. Panggung, Vol. 24 No, 235.
Takari, M. (2013). Kesenian Melayu: Kesinambungan, Perubahan dan Strategi Budaya.
Tri Rukmana, A. R. dan F. E. (2022). Metode Bernyanyi Islami: Penanaman Nilai Tauhid pada Anak Sejak Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 8, No, 26–27.
Wiradiputra, A. (2018, April). Peran Penting Lirik Dalam Lagu. Https://Www.Djarumcoklat.Com/Article/Peran-Penting-Lirik-Dalam-Lagu. https://www.djarumcoklat.com/article/peran-penting-lirik-dalam-lagu
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fadlin, Bambang Afrianto, Derpina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.