PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI (IT) DAN PERAN TIM PENGEMBANG KURIKULUM (TPK) DALAM RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Nurliani Maulida Universitas Balikpapan
  • Lidya Intan Hidayah Universitas Balikpapan
  • Retnowaty Retnowaty Universitas Balikpapan
  • Prita Indriawati Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v14i2.113

Keywords:

Teknologi Informasi, Tim Pengembang Kurikulum, Rencana Pengembangan Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan teknologi informasi dan peran TIM Pengembang Kurikulum dalam rencana pengembangan sekolah di sebuah SMA di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum yang berbasis teknik informasi dan melibatkan TIM Pengembang Kurikulum dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan agar pihak manajemen sekolah meningkatkan pemanfaatan teknik informasi dan mendukung peran TIM Pengembang Kurikulum dalam rencana pengembangan sekolah.

Published

2021-12-31

How to Cite

Maulida, N., Hidayah, L. I., Retnowaty, R., & Indriawati, P. (2021). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI (IT) DAN PERAN TIM PENGEMBANG KURIKULUM (TPK) DALAM RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH MENENGAH ATAS. Kompetensi, 14(2), 157–163. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v14i2.113