Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran “Wording” Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.116Keywords:
Analisis Kebutuhan, Media Pembelajaran, Bahasa InggrisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan siswa dan guru terhadap media pembelajaran yang hendak dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan metode pengumpulan data kuesioner dengan skala likert untuk siswa dan kuesioner terbuka untuk guru. Responden sejumlah 52 siswa kelas IV dan 4 guru Bahasa Inggris SDIT Pelita Alam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang sudah digunakan oleh guru masih belum mampu membantu siswa dalam mengingat dan melafalkan kosakata Bahasa Inggris. Oleh karena itu, media pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SDIT Pelita Alam masih perlu dikembangkan.
References
Batubara, Zulkarnain, Indra Agussamd, and Imran Surbakti. 2022. “PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN SCRABBLE UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VI SD DESA BANGUN REJO TANJUNG MORAWA.” Journal of Innovation Research and Knowledge 2(4): 2059–66.
Lukitaningtyas, Atalya Catraratnanngadi, Eka Pramono Adi, and Susilaningsih Susilaningsih. 2019. “PENERAPAN PERMAINAN SCRABBLE UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS III DI SDK ST. FRANSISKUS LAWANG.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 2(3): 213–23.
Muspawi, Mohamad, Irma Suryani, and Arni Yolanda Rahayu. 2020. “Penerapan Permainan Scrabble Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Anak.” Jurnal Sains Sosio Humaniora 4(1): 1–9.
Nurdyansyah. 2019. Media Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur: UMSIDA Press.
Pallawagau, Baso. 2022. “Pemerolehan Bahasa Asing Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Pemerolehan Bahasa Arab).” JAEL: Journal of Arabic Education and Linguistic 2(2).
Putri, Danis Anindita, and Mega Febriani Sya. 2022. “Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggis Di Tingkat Sekolah Dasar.” Karimah Tauhid 1(3): 359.
Rahayu, Sri. 2018. “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Metode Small Group Discussion Pada Peserta Didik Kelas Ix Mts Negeri 1 Balikpapan.” 15(2): 147–53.
Setiyawan, Hery. 2020. “Pemanfaatan Media Audio Visual Dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 3(2): 199–200.
Suardi, Indah Permatasari, Syahrul Ramadhan, and Yasnur Asri. 2019. “Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1): 265.
Sucandra, Muhammad Arief Budiman, and Khusnul Fajriyah. 2022. “Analisis Kesulitan Penguasaan Kosakata Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Iv Di Sd Plus Latansa Kabupaten Demak.” Wawasan Pendidikan 2(1): 71–80.
Syaprizal, Muhammad Peri. 2019. “PROSES PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK.” Jurnal Al-Hikmah 1(2): 75–86.
Tuti, and Ilinawati. 2022. “Scrabble Game: Boosting Vocabulary Mastery of English Foreign Language (EFL) Students.” Journal of English Education and Teaching (JEET) 6(2): 271–82.
Yuniastuti, Miftakhuddin, and Muhammad Khoiron. 2021. Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alisha Putri Najla, Otib Satibi Hidayat, Uswatun Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.