Pengaruh Metode PQ4R Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.121Keywords:
Pembelajaran PQ4R, Kemampuan berkomunikasi, Siswa sekolah dasarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai kemampuan berkomunikasi di kalangan siswa kelas IV SDN Cempaka Baru 03 Pagi yang membutuhkan perhatian khusus. Penelitian eksperimen yang menggunakan one-group pretest-posttest design ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap kemampuan berkomunikasi siswa kelas IV SDN D Cempaka Baru 03 Pagi. Subjek penelitin ini berjumlah 29 siswa dari kelas IV D Cempaka Baru 03 Pagi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, didapat peningkatkan nilai rerata pretest = 68,69 dan pada posttest = 76,24. Selain itu, berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji-t, hasil pretest dan posttest memiliki pengaruh dan signifikan dengan hasil nilai sig = 0.000, yang berarti lebih kecil dari α = 0,05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa metode PQ4R berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berkomunikasi siswa kelas IV D SDN Cempaka Baru 03 Pagi.
References
Ahmad Wahyudi, & Nanang Abdul Jamal. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Metode Pq4Rterhadap Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sd Negeri 01 Bandar Dalam Kecamatan Negeri Agung. Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 33–55. https://doi.org/10.55510/tadzkirah.v3i2.99
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Ariani, D. N. (2017). Strategi Peningkatan Kemampuan Komunikas. Muamullimuna, 3(1), 96–107.
Rahayu, R. A., Riyadi, A. R., & Hartati, T. (2018). Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 46–56.
Ramadani, A. R., Halidjah, S., & Margiati, K. Y. (2017). Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Preview , Question , Read , Reflect , Ricete , Riview Terhadap. 1–8.
Rohaeti, I. S., & Saleh, Y. T. (2021). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Di SD Negeri Condong Tasikmalaya. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 17(2), 112–121.
Septika, H. D., & Ilyas, M. (2019). Peningkatan Pembelajaran Tematik Menulis Pantun Berbantuan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas V Sdn 002 Samarinda Tahun Ajar 2016/2017. Kompetensi, 12(2), 122–128. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i2.26
Suciwati, H. (2018). Kemampuan Komunikasi Siswa Terhadap Membaca Intensif Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Strategi PQ4R di Kelas V SD NEGERI 067952 Titi Kuning Medan. Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 2(1), 116–124.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Widiyanthi, A. I., Sugihartini, N., Wahyuni, D. S., & Kesiman, M. W. A. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII. KARMAPATI : Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 3(1), 34–38.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fatimah Azzahra, Otib Satibi Hidayat, Uswatun Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.