Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.123Keywords:
model kooperatif round robin, keterampilan berbicaraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif round robin terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDI Nurul Yaqin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen (pre eksperimental one group pretest-posttest design). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe round robin dapat memengaruhi keterampilan berbicara siswa kelas V SDI Nurul Yaqin, dimana model tersebut dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dibandingkan dengan diskusi kelas dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Peningkatan keterampilan berbicara dapat dilihat pada hasil nilai rata-rata pretest yaitu 44,55, sedangkan nilai rata-rata postest pada penelitian ini adalah 56,50. Hasil dari nilai antara pretest dengan postest meningkat sebanyak 11,95.
References
Astuti, D. I. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Aspek Kebahasaan melalui Round Robin. BASIC EDUCATION, 7(13), 1–236.
Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48–52.
Hartanto, W. (2014). Pembelajaran aktif teori dan assesman. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Khairoes, D., & Taufina, T. (2019). Penerapan storytelling untuk meningkatkan keterampilan berbicara di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1038–1046.
Maggio, R., & Dunne, B. (2005). The art of talking to anyone: Essential people skills for success in any situation. McGraw-Hill.
Miftahussaadah, D. (2022). Perbandingan antara Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repitition dan Kolaboratif Tipe Round Robin untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 6(1), 37–47.
Mukarom, Z. (2020). Teori-Teori Komunikasi. Bandung: Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Purwanto, D., Sumiharti, Y., & Sihombing, T. (1997). Komunikasi bisnis. Penerbit Erlangga.
Sari, N. T. I., & Maimunah, S. (2017). Pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Round Robin terhadap prestasi mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa SMA. Jurnal Ecopsy, 4(1), 25–32.
Septika, H & Ilyas, M. (2019). Peningkatan Pembelajaran Tematik Menulis Pantuan Berbantuan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas V SDN 002 Samarinda Tahun Ajar 2016/2017. Kompetensi, 12 (2), 122-128.
Slavin, R. E. (2011). Instruction based on cooperative learning. Handbook of Research on Learning and Instruction, 358–374.
Soekanto, S. (1982). Sosiologi: suatu pengantar.
Tambunan, P. (2018). Pembelajaran keterampilan berbicara di sekolah dasar. Jurnal Curere, 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 putri harianti, Otib Satibi Hidayat, Uswatun Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.