Pengembangan Media OPER (Organ Pernapasan) Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.125Keywords:
Analisis Kebutuhan, Media Pembelajaran, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kebutuhan media pembelajaran pada materi Organ Pernapasan Manusia dan Hewan menggunakan media permaianan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dan hanya terfokus pada teknik analisis yang menjadi dasar untuk melakukan sebuah penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes yaitu observasi yaitu dengan melakukan pengamatan secara langsung serta sebuah angket yang disebar dan ditujukan dijawab oleh guru wali kelas V serta siswa kelas V. Penelitian ini melibatkan 18 siswa serta 1 guru wali kelas V dari SDI Nurul Yaqin. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diperoleh hasil bahwa siswa merasa bosan dengan teknik mengajar guru yang masih menggunakan metode literasi dan ceramah, selanjutnya sekolah tersebut membutuhkan media pembelajaran ular tangga dalam pembelajaran IPA materi organ pernapasan manusia dan hewan untuk menunjang proses belajar agar anak didik termotivasi dan giat dalam proses pembelajaran.
References
Adhimah, D. R., & Hidayah, F. F. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Meningkatkan Kualitas Belajar IPA Kelas 5 SDN 1 Kedungkumpul Lamongan Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 5.
Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 209–216.
Andrianto, S., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Pengembangan Media Ular Tangga Pintar Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 07 Koto Panai Air Haji. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 50–53.
Daniyati, R., Wiseza, F. C., & Ariyanto, S. Y. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Tema Berbagai Pekerjaan Menggunakan Media Ular Tangga di Sekolah Dasar Negeri 074/VIII Wirothoagung Rimbo Bujang. El-Madib: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 1–18.
Ester, G., & Ramadhani, S. P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ular Tangga “Sumber Energi” Siswa Kelas IV SDN Pengadegan 07 Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 125–138.
Fitriyani, R., Aulia, R. F., Purwanti, A., & Suryandari, K. C. (2023). Analysis of Learning Motivation Through The Application of Snakes and Ladders Media in Civics Subjects for Fifth Grade Students. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 285–292.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. (2021). Media Pembelajaran. Tahta media group.
Kurniadi, G. (2021). Penggunaan Media Permainan Edukatif “Ular Tangga Matematika” Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Vi Sd. Koordinat Jurnal MIPA, 2(1), 31–36.
Lumbantobing, W. L., Silvester, S., & Dimmera, B. G. (2022). Penerapan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar di Wilayah Perbatasan. Sebatik, 26(2), 666–672.
Lutvi, I., Karimah, A., Septika, H. D., Wahyuningsih, T., & Dwiyono, Y. (2023). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Mind Mapping Dalam Pembelajaran IPA Materi Kalor Dan Perpindahannya Untuk Siswa Kelas V. Kompetensi, 15(2), 202–211.
Mariyati, L. I., Psikolog, L. I. M., Rezania, V., Psi, S., Rezania, V., & Psi, S. (2021). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN MANUSIA I. UMSIDA Press.
Novianti, N., Maula, L. H., & Amalia, A. R. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Takbar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1682–1693.
Pratiwi, A., Hikmah, F., Adiansha, A. A., & Suciyati, S. (2021). Analisis Penerapan Metode Games Education dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(1), 36–43.
Pratiwi, A. S., & Hardini, A. T. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5682–5689.
Saputri, R. M., Suminar, Y. A., & Hidayat, L. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Media Permainan Ular Tangga Pada Siswa Tunagrahita Kelas Iii Slb Pgri Sentolo Kulon Progo. Exponential (Education For Exceptional Children) Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 2(2), 237–248.
Siahaan, K. W. A., Sinaga, J., & Simanjuntak, M. (2020). Pengaruh Metode Think Phare And Share Dengan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Terhadap Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar (Sd). Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(02), 1–10.
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. H. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka. https://books.google.co.id/books?id=k8j4DwAAQBAJ
Zuhriyah, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 26–32.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Resti Nugrahaning Widhi, Otib Satibi Hidayat, Uswatun Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.