Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Pocket Book Berbasis STEM Dalam Pembelajaran IPA Materi Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.131Keywords:
Pocket Book, Sistem Tata Surya, STEMAbstract
Penelitian ini bertujuan sebagai sebagai studi awal untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan dalam analisis kebutuhan untuk merancang draft media pembelajaran Pocket Book IPA berbasis STEM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Model penelitian ini terdiri atas 10 langkah yakni analisis kebutuhan hingga merancang dan melakukan evaluasi sumatif. Namun, dalam penelitian ini peneliti hanya berfokus pada tahap awal, yakni tahap analisis kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan. Sumber data pada penelitian kali ini adalah siswa kelas VI dan guru SDN Jatisampurna 1. Teknik yang peneliti gunakan pada penelitian kali ini adalah wawancara, pengisian angket atau kuisioner dan observasi. Hasil temuan pada penelitian kali ini adalah (1) Terdapat kendala dalam menyampaikan materi yang bersifat abstrak seperti sistem tata surya, sehingga dalam menjelaskan materi diperlukan sebuah media pembelajaran yang dapat menggambarkan keadaan yang sebenarnya. (2) Guru belum menggunakan media pembelajaran yang beragam dan relevan sehingga siswa kurang antusias terhadap pembelajaran IPA. (3) Guru mengalami hambatan dalam penggunaan media pembelajaran, salah satunya seperti kurangnya fasilitas yang disediakan oleh sekolah. (4) Dalam pembelajaran IPA materi sistem tata surya, siswa membutuhkan media pembelajaran yang didominasi oleh gambar sehingga menarik dan dapat memudahkan siswa memahami materi sistem tata surya.
References
Dwi Hariani, N., Wibowo, S., & Nurhayati, E. (2022). Pengembangan Media Miniatur Sistem Tata Surya (Misitaya) Menggunakan Direct Instruction Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1089–1103. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6224
Dwi Utari, I. (2021). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis STEM Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 7(2), 97–106. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i2.3221
Nurmalia, L., Prasanti, A., Syahidah, H., & Azizah, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pocket Book Matematika SD Materi Perkalian, Pembagian, dan Mata Uang Kelas II. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 3–19. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Oktiningrum, W., & Putri, A. R. (2023). Pengembangan bahan ajar Pocket Book berbasis QR Code untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas V SD. Cakrawala Jurnal Ilmiah Bidang Sains, 1(2), 45–54. https://doi.org/10.28989/cakrawala.v1i2.1407
Prastin, M. A., Damayanti, S., & Permana, E. P. (2022). Pengembangan Media Buku Saku IPS Materi Keragaman Sosial Budaya Kelas IV SDN Sukorame 2. 727–734.
Pratiwi, D. A., Nurhasanah, A., & Hakim, Z. R. (2021). Developing Mind Mapping Based Pocket Book Learning Media for Understanding the Concept of Indonesian Geographic Conditions Materials At Grade V Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 67. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8068
Putri, A. G., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Video Animasi Materi Sistem Tata Surya Berorientasi Problem Based Learning dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 106–116. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.45842
Putri, K. S. D., Wiratomo, Y., & Zulkarnain, I. (2021). Pengembangan Pocket Book dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Mind Mapping untuk Siswa Kelas VI SD. Original Research, 54, 53–60.
R, N. (2022). Pengembangan Pocket Book Mathematic (Pockemath) Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 19–29. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1477
Sulistri, E., Sunarsih, E., & Utama, E. G. (2020). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Etnosains di Sekolah Dasar Kota Singkawang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 522. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2842
Suryanda, A., Azrai, E. P., & Julita, A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Saku Biologi Berbasis Mind Map (Biomap). Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 86–98. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31861
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pipit Erawati, Otib Satibi Hidayat, Uswatun Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.