Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Komik Digital Penerapan Sila Pancasila Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran PPKn Sekolah Dasar

Authors

  • Mohamad Sabda Fariz Akbar Universitas Negeri Jakarta
  • Otib Satibi Universitas Negeri Jakarta
  • Uswatun Hasanah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.133

Keywords:

Pancasila, moral, komik digital

Abstract

Pentingnya pendidikan  Pancasila  sebagai  literasi  moral  pada  anak sekolah  dasar  di  era  revolusi industri 4.0 menjadi hal yang semakin diupayakan penerapannya. Beberapa faktor yang dapat berpengaruh positif dalam kegiatan belajar anak, khususnya SD salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran yang akan digunakan untuk menumbuhkan motivasi dan minat belajar anak adalah media pembelajaran komik digital. Komik digital yang akan peneliti buat berbeda dengan komik digital yang umum beredar, selain menampilkan gambar terdapat pula beberapa fitur audio sebagai pengisi dialog atau sebagai efek suara bagian cerita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D. Sampel penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas III SDN Rambutan 03 Pagi. Tujuan analisis kebutuhan media ini adalah hanya untuk memahami media yang biasanya digunakan oleh guru/pendidik pada saat pembelajaran PPKn khusus nya materi sila-sila Pancasila. Penelitian analisis kebutuhan ini termasuk ke dalam penelitian survei dengan cara pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara yang dikategorikan sesuai kebutuhan sasaran. Diperolah hasil penelitian bahwa penggunaan tingkat ketertarikan anak terhadap media komik digital sebesar 94%, penggunaan media komik sebesar 75%, dan tanggapan positif hadirnya komik dalam pembelajaran PPKn sebesar 97%.

References

Aji, D. S., Yusuf, Y., & Sugiaryo, S. (2022). Peran Guru PPKn Dalam Menumbuhkembangkan Nilai Karakter Demokratis Pada Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 29–36.

Anugrah, Nur Irawan, and Deden Deden. 2022. “Meningkatkan Minat Belajar Melalui Media Video Animasi Canva Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 6.” Kompetensi 15(1): 49–58.

Darniyanti, Y., Efriani, N., & Susilawati, W. O. (2021). Pengembangan Media Komik Penerapan Sila Pancasila PPKn Kelas 3 Di Sekolah Dasar Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan, 30(3), 455–462.

Dianasari, D., & Hidayah, Y. (2019). Pancasila Sebagai Literasi Moral Pada Pendidikan Dasar di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 12–18.

Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Analisis Kebutuhan Penggunaan Komik Sebagaimedia Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas Iv Sd. Js (Jurnal Sekolah), 5(3), 158–164.

Junioviona, A. Q., Setyowati, N., & Yani, M. T. (2020). Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sikap yang Mencerminkan Sila-sila Pancasila Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 8(3), 95.

Masfufah, S., Damanhuri, D., & Rahman, I. N. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Kelas Iv Sdn Cibomo. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 777–784.

Negara, I. W. S. A., Dewi, M. S. A., & Dharma, I. M. A. (2022). Peranan Perpustakaan Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa di SDN 2 Cupel. INDONESIAN RESEARCH JOURNAL ON EDUCATION, 2(1), 283–289.

Sari, K. E., Arafik, M., & Putra, A. P. (2022). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) ditinjau Dari Tahap Pembiasaan dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa di SDN. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(8), 739–755.

Septiani, R. (2022). Penerapan Gerakan Literasi Pojok Baca Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas I Sdi Permata Nusantara Pada Kegiatan Kampus Merdeka. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 18(2).

Solihah, S. A. S., Suherman, S., & Fadlullah, F. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Bermuatan Pendidikan Karakter Materi Membangun Persatuan dan Kesatuan pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5186–5195.

Sudjarwati, S., & Fahyuni, E. F. (2019). Peran Literasi Moral Meningkatkan Karakter Religius Anak Usia Dini. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 219–229.

Wachidah, L. R., Suwignyo, H., & Widiati, N. (2017). Potensi Karakter Tokoh dalam Cerita Rakyat sebagai Bahan Bacaan Literasi Moral. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 894–901.

Downloads

Published

2023-06-02

How to Cite

Akbar, M. S. F., Satibi, O., & Hasanah, U. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Komik Digital Penerapan Sila Pancasila Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran PPKn Sekolah Dasar. Kompetensi, 16(1), 160–167. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.133