Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Pencernaan (Kupen) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran IPA Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di Sekolah Dasar

Authors

  • Diana Nur Septiyawati Putri Universitas Negeri Jakarta
  • Otib Satibi Hidayat Universitas Negeri Jakarta
  • Uswatun Hasanah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.134

Keywords:

Media Pembelajaran, Kartu Kuartet, Problem Based Learning, Pembelajaran IPA, Sistem Pencernaan Manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai studi awal pengumpulan informasi dalam rangka analisis kebutuhan untuk merancang draft media pembelajaran Kartu Kuartet Pencernaan (Kupen) IPA berbasis PBL. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan analisis kebutuhan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model rancangan R&D ini mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Penelitian ini juga dilakukan pada siswa kelas V SDN Pisangan Baru 09, Kecamatan Matraman, Kota Jakarta Timur. Sampel penelitian ini diambil dari guru wali kelas yang mengajar dan siswa kelas 5C di SDN Pisangan Baru 09. Teknik pengambilan sampel data dilakukan dengan observasi, wawancara, pengisian angket atau kuisioner, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Pisangan Baru 09 yang melibatkan 22 siswa serta guru wali kelas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru sangat membutuhkan media pembelajaran lain seperti kartu kuartet pada pembelajaran IPA materi sistem pencernaan manusia berbasis PBL yang mampu menunjang atau memfasilitasi siswa untuk dapat menangkap materi dan juga memahami materi yang dijelaskan dalam proses pembelajaran berlangsung.

 

References

Adhitya, R. S., Nuril, A., & Fauziah, M. (2023). Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 11(1), 38–45.

Ap, N., Rahman, A., & Ramadhani, A. (2021). No Title. 1(3), 196–204.

Arisandi, I. M. A., Ngr, D. B. K., & Putra, S. (2022). Media Permainan Kartu Bergambar Mengenai Siklus Hidup Hewan Siswa Kelas IV SD. 5(1), 85–95.

Ayu Cahyani, L. P. E., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Video Animasi Muatan IPA Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Sistem Pencernaan pada Manusia Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 270–277. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32334

Bashari, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Teka-Teki Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sd. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 09 No 7, 2929.

Dewi, N. P. A. S., Ganing, N. N., & Putra, D. B. K. N. S. (2022). E-Comic Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Sistem Pencernaan pada Manusia Muatan IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 64–72. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45204

Glasser, J. P. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Problem-Based Learning di Kelas V Yuni Aprilianti 1 , Achmad Ruslan Afandi 2 1,2.

Hayati, T., & Hermita, N. (2022). Manusia Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar the Development of Comic on Human Digestive System the Material At Five Grade Elementary. 1, 220–231.

Hikmah, F., & Niam, F. (2022). Pengembangan Kartu Kuartet ( Kartet ) Materi Wujud Benda untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata ( p ada Siswa Kelas II SDI Ma ’ arif Tawangsari Garum ). 74–88.

Kebutuhan, A., Media, P., Pop, P., Book, U., Literasi, B., Atikasari, Y., & Desstya, A. (2022). Jurnal basicedu. 6(4), 6638–6645.

Roshayanti, F., Priyanto, W., & Istikholah. (2019). Pengaruh Kartu Kuartet Dalam Model Pembelajaran Stad Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Journal of Education Technology, 3, 253–259.

Saputri, Y., Syaflin, S. L., Junaidi, I. A., Guru, P., & Dasar, S. (2022). Pengembangan Media Kartu Kuartet Bagian Tubuh Manusia “ BATU ” Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. 4(2), 315–324. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.648

Suhartini, E., Ayu, W. I., & Ramli, B. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 Materi Gaya Pada Siswa Kelas Iv Sdn 009 Sungai Kunjang. Kompetensi, 15(2), 225–232. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i2.73

Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2022). Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 9, No. 2 Tahun 2022. 9(2), 91–99.

Sumarsono, M. B. & M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu “ Kuartet Kingdom ” Pada Pembelajaran Tematik Materi Kerajaan Hindu , Budha Dan Islam Di Indonesia Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Negeri Surabaya, 08(03), 487–496.

Syavira, N. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SD. 5(1), 84–93.

Wahyu, P., Putra, B., Agung, I. G., & Wulandari, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berorientasi Teori Belajar Ausubel Kelas V Sekolah Dasar. 26(1), 175–185.

Wijayanti, E. P. (2022). ORGAN PENCERNAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) MELALUI MEDIA POWERPOINT DI KELAS 5 SDN JATIAN 02 TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022. 1(1), 614–623.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Putri, D. N. S., Hidayat, O. S., & Hasanah, U. (2023). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Pencernaan (Kupen) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran IPA Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di Sekolah Dasar. Kompetensi, 16(1), 75–84. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.134