Media Pembelajaran Augmented Reality Scrapbook Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Organ Tubuh Manusia Kelas V

Authors

  • Aura Rifqah Nabila Universitas Negeri Jakarta
  • Otib Satibi Hidayat Universitas Negeri Jakarta
  • Uswatun Hasanah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.137

Keywords:

Augmented Reality, Scrapbook, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi awal untuk merancang draft media pembelajaran augmented reality scrapbook  berbasis  Problem Based Learning pada materi organ tubuh manusia kelas V. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Pada penelitian ini peneliti hanya berfokus pada tahap awal yaitu melakukan analisis kebutuhan (analyze). Pengumpulan awal informasi menggunakan metode studi lapangan dengan menyebarkan angket kebutuhan media pembelajaran augmented reality scrapbook  berbasis  Problem Based Learning pada materi organ tubuh manusia kepada guru dan siswa kelas V SD Negeri Jatisampurna 01. Berdasarkan studi lapangan dengan menyebarkan angket analisis kebutuhan siswa diperoleh, 54% siswa merasa kesulitan ketika mempelajari materi organ tubuh manusia karena materi bersifat abstrak dan 73% siswa merasa kurang dengan media pembelajaran yang digunakan sekarang. Guru juga sependapat bahwa media yang digunakan saat mengajarkan materi organ tubuh manusia kurang mendukung. Setelah memahami apa yang dimaksud dengan teknologi augmented reality dan mengetahui media pembelajaran scrapbook seluruh guru dan 73% siswa sangat tertarik dan ingin menggunakan media pembelajaran augmented reality scrapbook berbasis Problem Based Learning dalam proses pembelajaran.

References

Bahari, F. M. F., Effendy, V., & Jatmiko, D. D. (2017). Model User Experience Aplikasi Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia untuk Anak Kelas 5 SD dengan Teknologi Augmented Reality Menggunakan Metode User Centered Design. E-Proceeding of Engineering, 4(3), 4849–4858.

Kemdikbud. (2018). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 37 tahun 2018. Kemdikbud.

Khairunnisa, S., & Aziz, T. A. (2021). Studi Literatur: Digitalisasi Dunia Pendidikan dengan Menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(2), 53–62. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i2.22267

Lestari, N., Anjarini, T., & Ngazizah, N. (2022). Pengembangan Media Scapbook Berbasis Pemecahan Masalah pada Materi Struktur tumbuhan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 491–497. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2220

Lutvi, I., Karimah, A., Septika, H. D., Wahyuningsih, T., & Dwiyono, Y. (2023). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Mind Mapping Dalam Pembelajaran IPA Materi Kalor Dan Perpindahannya Untuk Siswa Kelas V. Kompetensi, 15(2), 202–211.

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325.

Muzid, A., & Napitupulu, S. (2023). EduGlobal : Jurnal Penelitian Pendidikan Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Budaya Batak Dalam Pembelajaran Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV di SD Swasta ISLAM NUR IHSAN. 02(1), 89–97.

Qorimah, E. N., Laksono, W. C., & Hidayati, Y. M. (2022). Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality ( AR ) pada Materi Rantai Makanan. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 57–63.

Restuningtyas, R., Muslim, A. H., Irianto, S., Purwokerto, U. M., Learning, P. B., & Dasar, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Scrapbook Berbasis Model. 2(2), 94–97.

Sudarmilah, E., & Wibowo, P. A. (2016). Aplikasi Augmented Reality Game Edukasi Untuk Pengenalan Organ Tubuh Manusia. Khazanah Informatika : Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 2(1), 20–25. https://doi.org/10.23917/khif.v2i1.1945

Syarifuddin, F., Purnawansyah, P., & Irawati, I. (2020). Aplikasi Augmented Reality Media Pembelajaran Organ Tubuh Manusia Untuk SD Kelas 5 Berbasis Android. Buletin Sistem Informasi Dan Teknologi Islam, 1(1), 23–28. https://doi.org/10.33096/busiti.v1i1.518

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Nabila, A. R., Hidayat, O. S., & Hasanah, U. (2023). Media Pembelajaran Augmented Reality Scrapbook Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Organ Tubuh Manusia Kelas V. Kompetensi, 16(1), 126–134. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.137