Analisis Penerapan Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Terhadap Minat Literasi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Zahra Savitri Universitas Negeri Jakarta
  • Endang M Kurnianti Universitas Negeri Jakarta
  • Uswatun Hasanah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.139

Keywords:

Pembelajaran Terpadu, Tipe Webbed, Minat Literasi, Sekolah Dasar

Abstract

Rendahnya literasi di Indonesia termasuk salah satu dari beberapa faktor yang menjadikan mutu pendidikan di Indonesia belum meningkat. Serta penggunaan model pembelajaran yang belum tempat juga menjadi pengaruh dalam mutu pendidikan. Sehingga untuk mengoptimalkan mutu pendidikan di Indonesia, salah satu solusi yang bisa diadakan dengan mengaplikasikan model pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan studi kepustakaan tentang analisis penerapan pembelajaran terpadu tipe webbed terhadap minat literasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan menggunakan 10 sumber artikel dari 10 tahun terakhir yang relevan dengan topik penelitian. Berdasarkan data yang diperoleh dari sumber artikel yang digunakan, bahwa pembelajaran terpadu tipe webbed mampu memaksimalkan minat literasi pada siswa sekolah dasar sehingga model pembelajaran dapat dijadikan salah satu pilihan untuk mengatasi rendahnya minat literasi. Pembelajaran terpadu tipe webbed memiliki prinsip yang menyenangkan sehingga siswa tertarik dan tidak merasa terbebankan. Untuk melaksanakan pembelajaran terpadu tipe webbed ini perlu dukungan dan partisipasi aktif dari guru maupun orang tua.

References

Akbar, M. S. F., Satibi, O., & Hasanah, U. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Komik Digital Penerapan Sila Pancasila Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran PPKn Sekolah Dasar. Kompetensi, 16(1), 160–167. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.133

Arifin, S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Sosiokultural Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 3(1), 19-29.

Budhayanti, C. I. S., Wijayanti, S. H., & Dirgantara, V. E. (2022). Analisis Instruksional Pembelajaran Terpadu Berbasis Literasi Budaya Pada Pelajaran Matematika Dan Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 70-81.

Intang, A. B., Hamsiah, A., & Muhammadiah, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Webbed Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III-C SD Negeri Beroanging Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 2(1), 09–15. https://doi.org/10.35965/bje.v2i1.1208

Khoeriyah, N., & Mawardi, M. (2018). Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 63. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11444

Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69-80.

Kusripinah, R. R. E. H. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Untuk Meningkatan Literasi Baca Tulis: Literature Review. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, vol 11 no 2, 29–38.

Lestari, M. D., & Nursalim, M. O. C. H. A. M. A. D. (2020). Studi Kepustakaan Faktor-Faktor Penyebab “School Refusal” di Sekolah Dasar. Jurnal BK Unesa, 11(4), 565-582.

Oktaviani, W., & Halim, A. (2021). Pengaruh pembelajaran tematik terpadu tipe webbed berbasis kearifan lokal terhadap minat belajar pada sdn gudang tigaraksa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 1005-1014.

Pramita, R. (2022). Analisis Effect Size Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed pada Hasil Belajar Peserta Didik. Dalam Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika (Vol. 8, Nomor 2).

Raharja, J. S., Rizki Nur Atikah, A., Eka Laksana, M. A., Cahyanti, W., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Terpadu di SD Negeri Sarwiru Kabupaten Sumedang. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 2(1), 527–531. https://doi.org/10.52436/1.jpti.117

Saragih, R., Hanifah, N., Tambunan, J. O., & Sihombing, C. (2022). Perbandingan Retensi Siswa SD Kelas V Pada Pembelajaran Tematik Antara Model Konvensional dan Webbed Model di SD IT Cendekia Pematang Siantar Tahun 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 5553-5559.

Sartika, E. (2021). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca dan Minat Membaca Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 101772 Tanjung Selamat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 97-106.

Srihartati, Y., Nisa, K., Kunci, K., Dasar, L., Baca, M., & Riadusshalihin NW, S. M. (2023). Hubungan Program Literasi Dasar Dengan Minat Baca Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3263

Wali, M., Mbabho, F., & Pali, A. (2020). Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 8(3), 404–411.

Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371-381.

Wiedarti, P., Laksono, K., & Retnaningsih, P. (2018). Desain induk gerakan literasi sekolah.

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2023-11-13

How to Cite

Savitri, Z., Kurnianti, E. M., & Hasanah, U. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Terhadap Minat Literasi Siswa Sekolah Dasar. Kompetensi, 16(2), 243–250. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.139