Penerapan Media Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Lastri Widyawati Universitas Mulawarman
  • Mustamiroh Mustamiroh Universitas Mulawarman
  • Kusdar Kusdar Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.144

Keywords:

media pembelajaran mind mapping, keaktifan, hasil belajar IPA

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan hasil belajar IPA materi sistem pernapasan manusia. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA materi sistem pernapasan manusia melalui media mind mapping pada siswa kelas V SDN 016 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek yaitu siswa kelas V SDN 016 Sungai Kunjang yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Pada penelitian ini, persentase keaktifan guru dan siswa, ketuntasan hasil belajar, rata-rata, dan peningkatan hasil belajar digunakan untuk menganalisis data. Keaktifan siswa mencapai 47,85% di siklus I dengan kriteria kurang aktif yang meningkat menjadi 58,00% di siklus II dengan kriteria cukup aktif; dan meningkat menjadi 72,65% di siklus III dengan kriteria aktif.  Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh 14 tuntas dengan besar peningkatan hasil belajar yaitu 10,25%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas yaitu 21 dengan besar peningkatan hasil belajar yaitu 18,19%. Pada siklus III, jumlah siswa tuntas semakin meningkat yaitu 28 dengan besar peningkatan hasil belajar siklus III adalah 31,17%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media mind mapping mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA materi sistem pernapasan manusia.

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Unissula Press. https://doi.org/10.1016/j.cpc.2008.12.005

Buzan, T. (2018). Mind Map Mastery: The Complete Guide to Learning and Using the Most Powerful Thinking Tool in the Universe. PT Gramedia Pustaka Utama.

Darmadi, H., Sulha, & Jamalong, A. (2018). Pengantar Pendidikan (Suatu Konsep Dasar, Teori, Strategi, dan Implementasi). ALFABETA, cv.

Darsono, M. (2016). Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 1(1), 68–77. https://doi.org/10.24905/psej.v1i1.491

Hikmawati, N. (2020). Mind Mapping Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Kariman, 8(2), 303–326.

Juanda, A. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) (1st ed.). Deepublish.

Lutvi, I., Karimah, A., Septika, H. D., Wahyuningsih, T., & Dwiyono, Y. (2023). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Mind Mapping Dalam Pembelajaran IPA Materi Kalor Dan Perpindahannya Untuk Siswa Kelas V. Kompetensi, 15(2), 202–211.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. UMSIDA Press.

Paizaluddin, & Ermalinda. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (2nd ed.). ALFABETA, cv.

Ramadhani, S. P. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Mind Mapping Di Sdn Manggarai 17 Pagi Tentang Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).

Retnowati, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Mind Mapping Untuk Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Tentang Sistem Regulasi Di Kelas Xi Ipa C Sma Negeri 5 Bogor. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1), 1. https://doi.org/10.32832/educate.v3i1.992

Saputri, L. K., & Sungkono, J. (2019). Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Mind Map Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Trucuk. Absis: Mathematics Education Journal, 1(1), 31–35.

Setyarini, D. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 30. https://doi.org/10.30659/pendas.6.1.30-44

Sukmadinata, N. S. (2013). Media Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Swadarma, D. (2013). Mind Mapping dalam Kurikulum Belajar (I. Hanifah (ed.)). PT Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Widyawati, L., Mustamiroh, M., & Kusdar, K. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Kompetensi, 16(2), 450–456. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.144