Analisis Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Terhadap Communication Skill Siswa Kelas II SD

Authors

  • Naila Putri Ardiny Uniersitas Negeri Jakarta
  • Endang M Kurnianti Universitas Negeri Jakarta
  • Uswatun Hasanah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.150

Keywords:

Learning, Connected Type, Communication Skill

Abstract

Artikel ini mengulas mengenai model pembelajaran terpadu tipe connected terhadap communication skill siswa. Tujuan artikel ini pada dasarnya adalah untuk memahami bahwa model pembelajaran terpadu tipe connected dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang diaplikasikan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Dalam proses pembelajaran, tentunya siswa memerlukan model yang tepat bagi kelangsungan proses belajar. Komunikasi menjadi satu hal penting untuk mendukung kontinuitas proses belajar mengajar di kelas. Dengan adanya komunikasi yang baik maka penyampaian informasi ataupun ilmu dari guru kepada murid akan tersampaikan dengan baik. Dengan menggunakan pembelajaran terpadu tipe connected dalam pembelajaran di kelas diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa. Tipe connected mengintegrasikan beberapa bidang studi. Hasil daripada penelitian ini dapat menjadi saran atau masukkan kepada pengajar bahwa pembelajaran terpadu tipe connected dapat digunakan dalam upaya meningkatkan communication skill siswa. Dengan demikian pembelajaran terpadu tipe connected dapat menumbuhkan serta meningkatkan communication skill siswa di sekolah dasar.

References

Aw. S. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Al-Humaira, U., & Sri Nugraheni, A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Connected Pada Materi Pantun Bertema Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI An-Nuur Cahaya Umat. Jurnal Pendidikan, 11(1), 21-31.

Asmiati, L., Pratiwi, I. A., Fardhani, A., (2021). DAMPAK PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 8(11), 37-45.

Astiti, K. A., & Kalendiwau, A. J. W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Tipe Connected Pada Materi Zat Dan Karakteristiknya. JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA, 6(4), 22-28.

Banafsas Taqiya, T., Nuroso, H., Reffiane, F., (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Berbantu Media Video Animasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).

Handayani, S., Masfuah, S., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2240–2246. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.770

Hardani, H., Andriani, H., Ustiawaty, J., & Utami, E. F. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif.

Hermayenti, S., Rahayu, S., & Wijaya, W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Connected (Terhubung) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Timpeh. KASTA: Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya dan Terapan, 2(2), 43-53.

Indra, I. M., & Cahyaningrum, I. (2019). Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Kadarwati, A., & Rulviana, V. (2020). Pembelajaran Terpadu. Cv. Ae Media Grafika.

Latifah, S. (2019). Interelasi Keterampilan Berbicara Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 3, No. 2).

Linda, R., Zulfarina, Z., & Putra, T. P. (2021). Peningkatan kemandirian dan hasil belajar peserta didik melalui implementasi e-modul interaktif IPA terpadu tipe connected pada materi energi SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(2), 191-200.

Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1526-1539.

Septia, S., Sumantri, M. S., & Hasanah, U. (2021). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 152-159.

Surahman, H., & Setyowati, E. (2022). Penerapan Model Connected Dengan Pendekatan Berbasis Masalah Pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Dalam Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 28(3), 86-98.

Tamara Supa’at, Y., Retnowaty, R., & Ika Ratnawati, I. (2021). Strategi Ketidaksantunan Berbahasa Pada Kolom Komentar Media Sosial Instagram Akun Detikcom: Studi Kasus Reynhard Sinaga. Kompetensi, 14(1), 19–32. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v14i1.40

Oktamagia, D. W. (2013). Pengaruh pembelajaran terpadu tipe connected terhadap hasil belajar ipa fisika pada materi cahaya dan alat optik di kelas viii smp n 1 sungai tarab. Pillar of Physics Education, 2(1).

Widjaja, Y. R. (2019). Pengaruh Tagline dan Media Periklanan Above the Line terhadap Brand Awareness DAPUR IGA BANDUNG. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 2(2), 224-230.

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2023-11-13

How to Cite

Ardiny, N. P., Kurnianti, E. M., & Hasanah, U. (2023). Analisis Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Terhadap Communication Skill Siswa Kelas II SD. Kompetensi, 16(2), 251–259. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.150