Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika tentang Soal Cerita KPK dan FPB melalui Pendekatan Problem Solving Siswa Kelas IV SDN Ciracas 13 Pagi
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.151Keywords:
Mathematics learning outcomes, FPB-KPK, Problem Solving .Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pendekatan pembelajaran problem solving terhadap peningkatan hasil belajar matematika materi FPB-KPK pada siswa kelas IVA di SD Negeri Ciracas 13 Pagi tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Proses siklik terdiri dari empat fase yang berbeda, yaitu perencanaan. Tahapan pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berfokus pada partisipan studi, yaitu para pendidik dan siswa kelas IV yang terdaftar di SD Negeri Ciracas 13 Pagi selama tahun pelajaran 2022/2023, yang terdiri dari 31 siswa. Metode pengumpulan data penelitian meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk memastikan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data, yang melibatkan pemeriksaan silang data dari berbagai perspektif. Berdasarkan kondisi awal yang diberikan, khususnya nilai rata-rata yang diperoleh sebelum intervensi, nilai yang tercatat adalah 41,5. Tingkat ketuntasan saat ini mencapai 19%. Pada siklus awal terjadi peningkatan berkisar antara 30,4 menjadi 71,9. Tingkat ketuntasan tercatat sebesar 71%, sementara 80% siswa belum mencapai 9% dari hasil yang diinginkan. Selama siklus kedua, terjadi peningkatan nilai rata-rata, yang naik menjadi 86,9 dari 15, dan tingkat ketuntasan mencapai 97%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran pemecahan masalah dapat meningkatkan prestasi akademik siswa kelas IV SD Negeri Ciracas 13 Pagi, khususnya pada mata pelajaran Matematika materi FPB-KPK.
References
Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83–95. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471
Chan, F., Kurniawan, A. R., Herawati, N., Efendi, R. N., & Mulyani, J. S. (2019). Strategi guru dalam mengelola kelas di sekolah dasar. International Journal of Elementary Education, 3(4), 439-446.
Hastuti, T. W., Mulyani, B., & Indriyanti, N. Y. (2019). Studi Komparasi Model Pembelajaran Problem Solving Hierarki dan Heuristik terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau dari Kemampuan Metakognisi pada Materi Stoikiometri Kelas X SMA N 4 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(1), 85-93.
Hijriah, N., Agustan, A., & Rukli, R. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IV dalam Menyelesaikan Soal Cerita KPK dengan Pendekatan Problem Solving. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 24-30.
Insani, S. U., & Utami, R. W. (2016, November). Peranan Metakognitif dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika yang Diselenggarakan Oleh Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY (Vol. 5).
Meilani, M., & Maspupah, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah SD Pada Materi KPK dan FPB. Journal On Education, 2(1), 25-35.
Nilasari, A. P., Malawi, I., & Lestari, S. (2022). Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1505-1514.
Saragih, H. A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi KPK dan FPB Siswa Kelas IV SD Negeri 48 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Supriaten, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Di Kelas VIII SMP Negeri 5 Tanah Grogot Tahun Ajaran 2017/2018. Kompetensi, 11(2), 1–10. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v11i2.2
Unaenah, E., Ismawati, A., Fauziah, S. N., Amelia, S. A., Luthfiyah, J., Fatmawati, F., ... & Adji, A. S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi FPB dan KPK. EDISI, 2(1), 140-150.
Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131-142.
Yamin, Y. (2022). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SD Negeri 1 Rimo (Doctoral dissertation, UNIMED).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Meliyana Putri, Nurul Zahro Eka Setiawati, Waluyo Hadi, Engga Dallion
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.