Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Model CLIS pada Siswa Kelas V SD Ar Rahman Motik
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.152Keywords:
Children Learning In Science , Student learning outcomes.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian PTK dalam bentuk studi lapangan yaitu penelitian mendalam untuk mengetahui realitas siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar IPA pada siswa kelas 5 SD. Hasil penelitian ini menunjukkan dari data yang terkumpul bahwa model pembelajaran CLIS dapat meningkatkan hasil belajar saintifik keterampilan kognitif siswa kelas V SD Ar Rahman Motik. Hal ini terlihat pada hasil belajar siswa meningkat sebesar 91,3% dibandingkan Siklus I.
References
Anwar, M., Wahyuni, A., & Hamid, A. (2017). Penerapan pembelajaran clis (children learning in science) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 154-159.
Ayu, P., Krismayoni, W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. JP2, 3(2), 138–151.
Ginanjar, H. A., & Sukmana, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (ClIS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA (Vol. 17, Issue 2).
Nurdyansyah, N. (2018). Model pembelajaran berbasis masalah pada pelajaran IPA materi komponen ekosistem. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Nurjani, N. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Ipa Siswa Smp Di Penajam Paser Utara Dengan Metode Eksperimen. Kompetensi, 14(1), 1–11. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v14i1.41
Nurya, S., Arif, S., Sayekti, T., Faradisya Ekapti, R., Tadris, J., & Ponorogo, I. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbasis STEM Education terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa. http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13.
https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645
Puspita Rini, C., Zuliani, R., Dwi Hartantri, S., & Amaliyah, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) Terhadap Kemampuan Berpikir Induktif IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pakuhaji 2 Kabupaten Tangerang. In JTIEE (Vol. 6, Issue 1).
Rahmi, R. P. ., Meli, N., & Kusdar, K. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Kompetensi, 15(1), 102–110. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.71
Kamalis, K. (2021). Penerapan Model Snowball Throwing Berbantuan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS: Application Of The Snowball Throwing Model Assisted By Learning Video Media To Improve The Quality Of IPS Learning.
Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 50–59. https://doi.org/10.33084/neraca.v6i2.2645
Somantri, D., Magdalena, M., Parameswara, M. C., & Windayana, H. (2022). Peran Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan Efektivitas dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 235–242. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.217
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nabilah Syam Mellyawati, Monica Sances, Taofik Taofik, Nidya Chandra Muji Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.