Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air Melalui Model Prolem Based Learning Terhadap Siswa Kelas V SDN Mampang Prapatan 02 Pagi

Authors

  • Alifia Fitri Rosadi Universitas Negeri Jakarta
  • Anita Khoerunnisa Rianto Universitas Negeri Jakarta
  • Waluyo Hadi Universitas Negeri Jakarta
  • Engga Dallion Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.159

Keywords:

berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah, siklus air

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Mampang Prapatan 02 Pagi belum optimal. Penelitian ini dilakukan dengan maksud agar siswa kelas V SDN Mampang Prapatan 02 Pagi kemampuan berpikir kritisnya meningkat dalam konteks IPA tentang siklus air dengan model problem based learning (PBL). Penelitian ini mengadopsi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang  terdiri dari dua siklus yang masing-masing mencakup perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebanyak 20 siswa dan 1 guru kelas V SDN Mampang Prapatan 02 Pagi menjadi subjek dalam penelitian. Pengumpulan data yang digunakan teknis tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dimulai dengan 53%. Kemudian, mengalami peningkatan menjadi 61% setelah dilakukannya tindakan pada siklus I. Pada siklus II, dilakukan perbaikan sehingga meningkat menjadi 70,5%. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran IPA siklus air kelas V SD.

References

Amalia, V., Hamid, R., & Amiruddin, B. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Ipa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sd Negeri Wangkanapi Kota Baubau. Journal of Basication (JOB): Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 1-11.

Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 422–432. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28165

Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9

Hidayah, R., Salimi, M., & Susiani, T. S. (2017). Critical Thinking Skill: Konsep Dan Inidikator Penilaian. JURNAL TAMAN CENDEKIA, 01(02), 127–133. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/tc.v1i2.1945

Maisoka. (2019). Struktur Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA. Struktur Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA, April, 205–210. https://doi.org/ttps://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/474

Maqbullah, S., Sumiati, T., & Muqodas, I. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13 (2), 106–112. https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9500

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577-585.

Maryati, I. (2018). P ENERAPAN M ODEL P EMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI POLA BILANGAN DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Mosharafa, 7(1), 63–74. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.vv7i1.342

Rahman, A., Khaeruddin, K., & Ristiana, E. (2020). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN 30 Sumpangbita. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 29–41. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.201

Ramadhani, S. P. (2019). Konsep Dasar IPA. Depok: Yiesa Media Karya.

Roviati, E., & Widodo, A. (2019). Kontribusi Argumentasi Ilmiah dalam Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 56–66. https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.454

Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN dan KONSELING, 2(1), 92–98. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.602

Supriaten, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Di Kelas Viii Smp Negeri 5 Tanah Grogot Tahun Ajaran 2017/2018. Kompetensi, 11(2), 1–10. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v11i2.2

Susilowati, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kompetensi Keahlian X Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkaantoran Smkn 2 Penajam Paser Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Kompetensi, 11(2), 11–19. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v11i2.3

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Rosadi, A. F., Rianto, A. K. ., Hadi, W., & Dallion, E. . (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air Melalui Model Prolem Based Learning Terhadap Siswa Kelas V SDN Mampang Prapatan 02 Pagi. Kompetensi, 16(2), 287–296. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.159