HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 7 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i1.16Keywords:
komunikasi matematis, pemahaman matematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan komunikasi dan pemahaman matematis siswa kelas X IPA SMA Negeri 7 Balikpapan Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur untuk mencari data literatur awal kepada salah satu guru matematika, dan tes digunakan untuk mengukur pengetahuan siswa. Uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan linieritas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment. Teknik analisis data uji prasyarat menggunakan software SPSS windows 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan komunikasi dan pemahaman matematis siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai r sebesar 0,085 dan nilai signifikansi 0,388 ≥ 0,05.