Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya melalui Model Pembelajaran Berorientasi Proyek pada Siswa Kelas VI SDN Cengkareng Barat 05
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.164Keywords:
Learning Outcome, Natural Science, Solar System, Project-Based Learning ModelAbstract
Maksud diadakannya penelitian dengan penerapan model pembelajaran yang berorientasi pada proyek (project-based learning) adalah agar hasil belajar siswa kelas VIC Sekolah Dasar Negeri Cengkareng Barat 05 meningkat dalam mata pelajaran IPA materi “Tata Surya”. Penelitian ini mempergunakan metode tindakan kelas (action research) sebanyak dua siklus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan tes ialah teknik pengumpulan data yang dipergunakan pada penelitian ini. Penggunaan model pembelajaran ini dapat membuat hasil belajar siswa mengalami kenaikan yang mulanya 62 atau hanya 8 siswa saja yang berhasil mendapatkan nilai di atas KKM (44,4 %) pada siklus pertama menjadi 87,5 atau terdapat 18 siswa yang nilainya di atas 70 (100 %) dalam siklus kedua. Akibatnya, terdapat kenaikan dalam siklus pertama hingga siklus kedua sejumlah 10 siswa (55,5 %). Dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran yang berorientasi pada proyek (project-based learning) mampu membuat hasil belajar dan aktivitas belajar siswa meningkat pada kelas VIC SD Cengkareng Barat 05 dalam mata pelajaran IPA yang bermaterikan “Tata Surya”. Adapun penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pengembangan penelitian selanjutnya tentang peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran berorientasi proyek dalam materi “Tata Surya” pada siswa kelas VI SD.
References
Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Pustaka Pelajar.
Astrianingsih, D., Permana, S., & Nurhaula, L. (2022). Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Dengan Menggunakan Metode Project Based Learning (Pjbl) Pada Materi Sistem Tata Surya. JPEG: Journal of Primary Education Global, 1(1), 37-47.
Erisa, H., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 1-11.
Fahrezi, I., & Taufiq, M. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408-415.
Gunawan, B., & Hardini, A. A. T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas V SD. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1), 32-46.
Kusuma, I. G. A. J. (2018). Penerapan Model PJBL Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar ipa Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 29-38.
Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 5 Sd. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 6(4.1).
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Putra, W. P., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan multimedia sistem tata surya pada muatan ipa. Mimbar Ilmu, 26(1), 108-117.
Rahmi, R. P., Meli, N., & Kusdar, K. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Kompetensi, 15(1), 102–110. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.71
Suharnanik, L. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa (Pokok Bahasan Sistem Tata Surya) Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas VIC Sdn Tanggul Wetan 02 Jember. Pancaran Pendidikan, 3(2), 175-184.
Tinambunan, R. (2017). Penggunaan Model Tps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(9).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zaqi Abdillah Tsamanyah, Ardalia Putri Fauziah, Engga Dallion, Waluyo Hadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.