Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.169Keywords:
Learning Model, Make a Match, Mathematics Learning OutcomesAbstract
Penelitian ini memiliki sasaran untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi bangun datar dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Cipedak 05 yang berjumlah 31 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II, dimana setiap siklusnya meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match didapatkan hasil nilai rata - rata yang diperoleh siswa pada Siklus I sebesar 67,74% dengan tingkat ketuntasan 48,38% sebanyak 15 siswa dan Siklus II nilai rata - rata sebesar 83,38% dan tingkat ketuntasan 96,77% dengan jumlah siswa tuntas yakni 30 siswa. Dari data tersebut disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match.
References
Faizah, S. N. (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175-185.
Harianti, P., Hidayat, O. S., & Hasanah, U. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sekolah Dasar . Kompetensi, 16(1), 226–232. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.123
Hasibuan, M. Y., & Ritonga, T. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt. JURNAL JIPDAS (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN DASAR), 1(2), 1-4.
Irwanto, I. & Nurpahmi, S. (2017). Using Make-a Match To Improve the Students’ Reading Comprehension At Mts Guppi Samata Gowa. ETERNAL (English, Teaching, Learning and Research Journal), 3(2), 161-172.
Ismi, Z., & Hadi, K. (2017). Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran (isu – isu metodis dan paradigmatic). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Juni Atma, R. W., & Bacotang, J. (2021). The content validity of questionnaire of design of cooperative learning module type matching for Indonesian vocabulary skills of children. Jurnal Pendidikan Awal Kanak-Kanak Kebangsaan, 10(1), 77-87. https://doi.org/10.37134/jpak.vol10.1.7.2021
Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru. Jakarta: Kata Pena, 71-72.
Matondang, Z., Djulia, E., Sriadhi, S., & Simarmata, J. (2019). Evaluasi Hasil Belajar. Yayasan Kita Menulis.
Maula, M., & Rustopo, R. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 2(2), 36-41.
Pateşan, M., Balagiu, A., & Zechia, D. (2016). The benefits of cooperative learning. In International conference knowledge-based organization (Vol. 22, No. 2, pp. 478-483).
Sari, R., Noor, N. A., & Permadi, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar melalui Model Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 227-233).
Widyaputri, P. N. S., & Agustika, G. N. S. (2021). Media Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Pecahan dengan Pendekatan Kontekstual. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 45-52.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khairunnisa Andzani, Dewantri Priyono Putri, Waluyo Hadi, Engga Dallion
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.