Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Khairunnisa Andzani Universitas Negeri Jakarta
  • Dewantri Priyono Putri Universitas Negeri Jakarta
  • Waluyo Hadi Universitas Negeri Jakarta
  • Engga Dallion Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.169

Keywords:

Learning Model, Make a Match, Mathematics Learning Outcomes

Abstract

Penelitian  ini memiliki sasaran untuk  mengetahui  peningkatan  hasil  belajar  matematika  pada  materi  bangun  datar  dengan  menggunakan  model  pembelajaran  cooperative  learning  tipe  make a match. Subjek  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas III SDN Cipedak 05  yang berjumlah  31  orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II, dimana setiap siklusnya meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match didapatkan hasil nilai rata - rata yang diperoleh siswa pada Siklus I sebesar 67,74% dengan tingkat ketuntasan 48,38% sebanyak 15 siswa dan Siklus II nilai rata - rata sebesar 83,38% dan tingkat ketuntasan 96,77% dengan jumlah siswa tuntas yakni 30 siswa. Dari data tersebut disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match.

References

Faizah, S. N. (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175-185.

Harianti, P., Hidayat, O. S., & Hasanah, U. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sekolah Dasar . Kompetensi, 16(1), 226–232. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.123

Hasibuan, M. Y., & Ritonga, T. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt. JURNAL JIPDAS (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN DASAR), 1(2), 1-4.

Irwanto, I. & Nurpahmi, S. (2017). Using Make-a Match To Improve the Students’ Reading Comprehension At Mts Guppi Samata Gowa. ETERNAL (English, Teaching, Learning and Research Journal), 3(2), 161-172.

Ismi, Z., & Hadi, K. (2017). Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran (isu – isu metodis dan paradigmatic). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Juni Atma, R. W., & Bacotang, J. (2021). The content validity of questionnaire of design of cooperative learning module type matching for Indonesian vocabulary skills of children. Jurnal Pendidikan Awal Kanak-Kanak Kebangsaan, 10(1), 77-87. https://doi.org/10.37134/jpak.vol10.1.7.2021

Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru. Jakarta: Kata Pena, 71-72.

Matondang, Z., Djulia, E., Sriadhi, S., & Simarmata, J. (2019). Evaluasi Hasil Belajar. Yayasan Kita Menulis.

Maula, M., & Rustopo, R. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 2(2), 36-41.

Pateşan, M., Balagiu, A., & Zechia, D. (2016). The benefits of cooperative learning. In International conference knowledge-based organization (Vol. 22, No. 2, pp. 478-483).

Sari, R., Noor, N. A., & Permadi, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar melalui Model Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 227-233).

Widyaputri, P. N. S., & Agustika, G. N. S. (2021). Media Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Pecahan dengan Pendekatan Kontekstual. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 45-52.

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Andzani, K. ., Putri, D. P., Hadi, W. ., & Dallion, E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Kelas III Sekolah Dasar. Kompetensi, 16(2), 297–307. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.169