Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Materi Perubahan Wujud Benda melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Di Kelas V SDN Sirnagalih 02
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.176Keywords:
IPA, CLIS, PTKAbstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui upaya guru di SDN Sirnagalih 02 dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada materi perubahan wujud benda. Rancangan penelitian yang dilaksanakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Sebanyak 47 anak kelas V SDN Sirnagalih 02 Bogor, pada tahun pelajaran 2022–2023. Persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi adalah empat tahapan proyek dalam PTK. Penelitian ini terbagi ke dalam dua siklus yang terdiri dari, siklus pertama dan kedua. Terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada setiap siklusnya guna diteruskan pada siklus selanjutnya sampai mencapai hasil yang diinginkan. Teknik analisis data yang diterapkan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya model pembelajaran CLIS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sebelum diterapkannya model ini, diketahui bahwasanya hasil belajar IPA memiliki persentase yang rendah yaitu hanya sebesar 29.78%. Sementara itu, setelah diterapkan model ini, hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sirnagalih 02 meningkat secara signifikan. Adapun pada siklus I memperoleh persentase sejumlah 44.68% dengan 21 dari 47 siswa yang melampaui nilai rerata di kelas. Adapun pada siklus II memperoleh persentase sejumlah 97.87% dengan 46 dari 47 siswa yang melampaui nilai rerata di kelas V SDN Sirnagalih 02.
References
Arisantiani, N. K., Putra, M., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran childrens learning in science (CLIS) berbantuan media lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(2), 124–132.
Ekawati, E. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penelitian Tindakan Kelas Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Keseimbangan Ekosistem Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas Vi Semester I Sekolah Dasar Negeri 2 Harjowinangun Tahun Pelajaran 2014. Jurnal Pena Sains, 2(1), 53–63.
Haris, M. (2015). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. HM Arifin. Ummul Qura, 6(2), 1–19.
Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). model pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.
Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 138–151.
Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran literasi sains melalui pemanfaatan lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191.
Kudisiah, H. J. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Gaya Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Bedus Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(2), 195–202.
Mualimin, M., & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Nurjani, N. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Siswa SMP di Penajam Paser Utara dengan Metode Eksperimen. Kompetensi, 14(1), 1–11. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v14i1.41
Reski, N. A. (2014). Meningkatkan hasil belajar IPA energi dan penggunannya melalui model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) pada murid kelas IV SD Negeri Bontopajja Kabupaten Gowa (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Makassar.
Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.
Sari, N. M. (2023). Penerapan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Tanggul Patompo I Kecamatan Mamajang Kota Makassar (Skripsi). Universitas Negeri Makassar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ghina Rifqatul Alawiya, Rizqa Wahda Annisa, Sephia Nisa Syaharani, Waluyo Hadi, Engga Dallion
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.