Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Trigonometri

Authors

  • Bunga Arnila Universitas Balikpapan
  • Husnul Khotimah Universitas Balikpapan
  • Sella Lipiantanna SMAN 7 Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.186

Keywords:

trigonometri, model problem based learning, hasil belajar siswa

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk membuat peningkatan hasil pembelajaran matematika melalui penerapan model PBL pada siswa X-6 SMA Negeri 7 Balikpapan.  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan sebagai jenis penelitian dengan 2 siklus tindakan. Agar memenuhi kaedah penelitian maka digunakan berbagai teknik pengambilan data diantaranya observasi, dokumentasi dan tes. Setelah menerapkan model PBL diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil pembelajaran siswa X-6 SMA Negeri 7 Balikpapan pada materi trigonometri dimana nilai hasil tes awal yaitu 59,31% meningkat pada nilai tes siklus I yaitu 64,33%, selanjutnya meningkat kembali pada tes siklus II yaitu 85,14%. Peningkatan tersebut juga terjadi pada ketuntasan belajar secara klasikal dimana pada tes awal yaitu 11,11% kemudian pada siklus I menjadi 30,56 % dan selanjutnya pada siklus II sebesar 86,11%.

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum. Refika.

Dilantika, D. K. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran the Implementation of Small Group Learning Methods To Increase. Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, 10.

Fadillasari, F. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Trigonometri Di Kelas X Ipa Sman 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(6), 212558.

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Khotimah, H. (2022). Deskripsi Soal Dengan Karakteristik Numerasi. Kompetensi, 15(1), 93–101. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.72

Meke, K. D. P., & Wondo, M. T. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Melalui Penggunaan Bahan Manipulatif. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 588. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2861

Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Remaja Rosdakarya Offiset.

Ndole, T., & Ana, M. (2021). Penerapan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 32–41. https://doi.org/10.37478/jupika.v4i1.885

Nurhadi, Yasin, B., & Senduk, A. G. (2004). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Universitas Negeri Malang.

Pareira Meke, K. D., Sero Wondo, M. T., & Wutsqa, D. U. (2020). Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Penggunaan Bahan Manipulatif Ditinjau Dari Minat Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13, 164–177.

Rusman. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Edutech, 1(2), 211–230.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Arnila, B., Khotimah, H., & Lipiantanna, S. (2023). Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Trigonometri. Kompetensi, 16(2), 485–491. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.186