Penerapan Media PowerPoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Teks Ceramah Pada Siswa Kelas XI IPA 4 SMAN 7 Balikpapan Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Nurliani Maulida Universitas Balikpapan
  • Ari Musdolifah Universitas Balikpapan
  • Helemma Avira Sary Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.188

Keywords:

kemampuan analisis, teks ceramah, media powerpoint inetraktif

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan analisis pada siswa/siswi melalui penggunaan media pembelajaran yaitu PowerPoint Interaktif pada materi teks ceramah kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 7 Balikpapan. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas XI IPA 4 SMA Negeri 7 Balikpapan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi serta soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan analisis dengan menggunakan media PowerPoint Interaktif pada 33 siswa di kelas XI IPA 4 memperoleh adanya peningkatan, hal ini dapat dilihat dari nilai tes siswa pada siklus I sebesar 77,94 dan terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 88,13. Selain itu, peneliti juga mengukur peningkatan aktivitas belajar guru dan siswa, dan ditemukan bahwa pada siklus I aktivitas guru sebesar 88 dan aktivitas siswa sebesar 91. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II aktivitas guru meningkat menjadi 96 dan aktivitas siswa meningkat pula menjadi 96. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media PowerPoint Interaktif dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 7 Balikpapan.

References

Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama.

Anyan, A., Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point. JUTECH: Journal Education and Technology, 1(1).

Aprianty, D., Effendi, R., & Hermawan, S. (2019). Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Ceramah Menggunakan Media Youtube Pada Peserta Didik Kelas XI IPS 1. LOCANA: JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA, 2(2), 42–53.

Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60.

Elfizon, E., Islami, S., & Yanto, D. T. P. (2020). Penerapan Multimedia Interaktif Power Point pada Mata Diklat Dasar dan Pengukuran Listrik. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 4(2), 87–95.

Firmadani, F. (2017). Pembelajaran berbasis riset sebagai inovasi pembelajaran. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017, 262–268.

Khatimah, H. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri 32 Buakang Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Makassar: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Lukman, L. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Dengan Menggunakan Media Power Point. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 325–337.

Novitasari, A. T., Sari, I. P., & Miftah, Z. (2020). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1), 66–73.

Pratama, M. H. (2020). Implementasi Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Menulis Teks Ceramah Pada Peserta Didik Sma Muhammadiyah 2 Surabaya. Journal Education Research an Development.

Putri, H. P., & Nurafni. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Power Poiny Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. JURNAL ILMU PENDIDIKAN.

Putri, Y., Lubis, R. S., Saragih, R. M. W., Sitorus, A., & Simarmata, F. B. (2021). Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas Viii. Kompetensi, 14(2), 92–98.

Stevania, A. A., Wardani, N. E., & Andayani. (2020). Analisis Kesalahan Bahasa Pada Teks Ceramah Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. BASASTRA Jurnal Bahasa, Sastra,dan Pengajarannya, 53-62.

Valent, D. M., Pangestika, R. R., & Supriyono, S. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penggunaan Media Power Point Interaktif. Journal on Teacher Education, 4(2), 421–428.

Yulyana, N. L., Yuliana, A., & Wuryani, W. (2019). Pengaruh Kegiatan Literasi Pada Peningkatan Minat Baca Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Maulida, N., Musdolifah, A., & Sary, H. A. (2023). Penerapan Media PowerPoint Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Teks Ceramah Pada Siswa Kelas XI IPA 4 SMAN 7 Balikpapan Tahun Ajaran 2022/2023. Kompetensi, 16(2), 435–443. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.188