PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 TANAH GROGOT TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v11i2.2Keywords:
Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Model Problem PosingAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-A SMP Negeri 5 Tanah Grogot melalui model pembelajaran problem posing pada materi pokok fungsi dan persamaan garis lurus. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Tanah Grogot tahun ajaran 2017/2018 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A yang berjumlah 35 siswa dan objek penelitian adalah pembelajaran problem posing tipe post solution posing. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tugas, dan tes. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing dilaksanakan tiga kali pertemuan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif untuk menganalisis hasil observasi dan analisis kuantitatif untuk menganalisis tugas dan tes yang sesuai dengan indikator peningkatan yang telah ditentukan dengan menggunakan statistik deskriptif berupa rata-rata, persentase, dan grafik. Persentase peningkatan nilai sebesar 72,57% dan persentase ketuntasan sebesar 11,43%. Adapun persentase peningkatan nilai siklus I ke siklus II yaitu 24,35% dan persentase ketuntasan sebesar 54,28%. Demikian pula peningkatan
persentase peningkatan nilai siklus II ke siklus III adalah 7,99% dan persentase ketuntasan sebesar 82,86%. Aktivitas guru pada siklus I dinilai cukup, siklus II dinilai sangat baik dan siklus III dinilai sangat baik sedangkan aktivitas siswa pada siklus I dinilai sangat kurang, siklus II dinilai baik dan siklus III dinilai sangat baik. Dengan
demikian, melalui penerapan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing hasil belajar matematika siswa pada materi pokok fungsi dan persamaan garis lurus kelas VIII-A SMP Negeri 5 Tanah Grogot mengalami peningkatan.