Eksplorasi Media Pembelajaran PPKn Melalui Pop Up Book untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMP

Authors

  • Cika Faradila Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Dzaki Al-Karim Lubis Universitas Negeri Medan
  • Samuel Pratama Depari Universitas Negeri Medan
  • Jamaludin Jamaludin Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.201

Keywords:

media pembelajaran, pop up book, kompetensi pedagogik

Abstract

Dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital, guru perlu memiliki kompetensi pedagogik yang mumpuni. Dalam konteks ini, penggunaan teknologi pop up book bukan hanya sekadar alternatif, tetapi juga menjadi keharusan untuk memperkuat daya saing proses pembelajaran. Kompetensi pedagogik merujuk pada kemampuan seorang guru dalam mengelola proses pembelajaran secara profesional. Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru adalah melalui pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru PPKn di SMP Negeri 17 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak penggunaan teknologi pop up book sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa, serta mengetahui pengaruh Penerapan  teknologi pop up book dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pop up book memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar siswa dan terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Dampak positifnya menciptakan dasar untuk perubahan jangka panjang, memperkuat urgensi teknologi dalam meningkatkan mutu pendidikan.

References

Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Akbar Gifary, N. (2022). Identifikasi Media Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Social Knowledge Education (JSKE), 3(2), 43–47. https://doi.org/10.37251/jske.v3i2.405

Bukit, S., & Tarigan, E. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 13(2), 110–120. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v13i2.490

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Hiranmayena, N. P. C., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2022). Media Pop-Up Book Berbantuan QR Code Pada Tema Keselamatan di Rumah dan Perjalanan. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 260–268. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.46549

Israq, Maharani, J. H. P. (2023). Relevansi Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 353–361. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.719

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya, 1–129.

Ndraha, H., & Harefa, A. R. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara. Journal on Education, 06(01), 5328–5339. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3714

Nopita Apriliyanti Susana, A. M. D. S. A. A. M. (2023). PENGARUH METODE POP UP DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM : META ANALISIS. 2 No.11, 1169–1188. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/joel.v2i11.5969

Sabda, M., Akbar, F., Hidayat, O. S., Hasanah, U., & Jakarta, U. N. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Komik Digital Penerapan Sila Pancasila Berbasis Masalah. 160–167.

Salma. (2021). Instrumen Observasi: Pengertian, Macam, Langkah, dan Contohnya.

Sukmawarti, E. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 2(4), 110–122. https://doi.org/10.51178/jesa.v2i4.321

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Faradila, C., Lubis, M. D. A.-K. ., Depari, S. P., & Jamaludin, J. (2023). Eksplorasi Media Pembelajaran PPKn Melalui Pop Up Book untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMP. Kompetensi, 16(2), 465–476. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.201