Integrasi Bahan Ajar Dalam Pengembangan Literasi Keuangan Pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.202Keywords:
bahan ajar, literasi keuanganAbstract
Mahasiswa lebih banyak memiliki literasi keuangan yang bersumber dari media sosial dan juga bacaan lain di internet secara bebas yang tidak diketahui kebenarannya. Literasi keuangan mahasiswa yang tepat salah satunya dapat diasah melalui pemahaman lembaga keuangan yang digunakan dalam kehidupan masyarakat, sehingga mata kuliah bank dan lembaga keuangan bukan bank menjadi salah satu sumber ilmu untuk meningkatkan literasi keuangan mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode action research (penelitian tindakan), penelitian dilakukan pada 74 mahasiswa. Tahapan penelitian tindakan yang dilakukan adalah model spiral dialektik dengan empat langkah antara lain identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis dan interpretasi data serta perencanaan Tindakan. literasi keuangan yang dimiliki mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi tersebar pada 3 kategori. Sebanyak 4,05% atau 3 mahasiswa memiliki literasi keuangan pada tingkat cukup baik, 40,54% atau 30 mahasiswa pada tingkat baik dan 55,41% atau 41 pada tingkat sangat baik. Keadaan tersebut menggambarkan bahwa sebagian besar mahasiswa telah mengenal pengetahuan dasar yang dibutuhkan dalam mengelola keuangan yang dimiliki. Ketersediaan bahan ajar yang tepat dirasakan manfaatnya bagi mahasiswa dalam menambah wawasan lembaga keuangan yang tersedia, sehingga mahasiswa dapat memanfaatkan lembaga keuangan yang tepat untuk mengelola keuangannya.
References
‘Aswad, A., & Patimbangi, A. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Produk, dan Promosi terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah. Akutansi Syariah.
Astuti, E. P., & Ismadi, -. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Dasar-Dasar Desain Berbasis Kearifan Lokal Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa. Imaji, 11(2). https://doi.org/10.21831/imaji.v11i2.3838
Damayanti, L. E., Susilaningsih, & Indriayu, M. (2020). Financial Literacy in Student Financial Management Behavior in the Digital Age.
Du, J., & Pan, W. (2020). Examining Energy Saving Behaviors in Student dormitories using an expanded theory of planned behavior. Habitat International.
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar.
Maulita, P. P., Hidayat, O. S., & Hasanah, U. (2023). Analisis Kebutuhan E-Modul Berbasis Project Based Learning (Pjbl) Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Kompetensi, 16(1), 168–175. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.135
Morgan, P. J., & Long, T. Q. (2020). Financial Literacy, Financial Inclusion, and Savings Behavior in Laos. Journal of Asian Economics.
Nuryasa, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian.
Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Siaran Pers Survei OJK 2019: Indeks Literasi Dan Inklusi Keuangan Meningkat. In Sp 58/Dhms/Ojk/Xi/2019 (Issue November).
Peiris, T. U. I. (2021). Effect of Financial Literacy on Individual Savings Behavior; the Mediation Role of Intention to Saving. European Journal of Business and Management Research, 6(5), 94–99. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2021.6.5.1064
Rini, T. P. W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPA Sekolah Dasar Bagi Mahasiswa PGSD Universitas Lambung Mangkurat. IKA.
Sekarwati, M. A., & Susanti. (2020). Pengaruh literasi keuangan, inklusi keuangan dan modernitas individu terhadap perilaku menabung mahasiswa perguruan tinggi negeri surabaya. Jurnal Ekonomi & Bisnis.
Wiriaatmadja, R. (2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas. 80.
Zulfaris, M. D., Mustafa, H., Mahussin, N., Alam, K., & Daud, Z. M. (2020). Students and Money Management Behavior of a Malaysian Public University. Journal of Asian Finance, Economics and Business. ‘Aswad, A., & Patimbangi, A. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Produk, dan Promosi terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah. Akutansi Syariah. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/akunsyah/article/view/2987/1252
Arafah, M. (2019). Sistem Keuangan Islam: Sebuah Telaah Teoritis. Journal of Islamic Economic and Business, 1. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/alkharaj/article/view/801/618
Astuti, E. P., & Ismadi, -. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Dasar-Dasar Desain Berbasis Kearifan Lokal Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa. Imaji, 11(2). https://doi.org/10.21831/imaji.v11i2.3838
Damayanti, L. E., Susilaningsih, & Indriayu, M. (2020). Financial Literacy in Student Financial Management Behavior in the Digital Age. https://dl.acm.org/doi/proceedings/10.1145/3452144
Dandung, M. E., Amtiran, P. Y., & Ratu, M. (2020). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Konvensional dan Perbankan Syariah. Journal of Management, 1, 65–82.
Du, J., & Pan, W. (2020). Examining Energy Saving Behaviors in Student dormitories using an expanded theory of planned behavior. Habitat International. https://sci-hub.se/10.1016/j.habitatint.2020.102308
Fuadi, F. (2020). Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank (Teori dan Aplikasi). Penerbit adab. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=4XoTEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=sistem+lembaga+keuangan+bukan+bank&ots=XMViobHMX4&sig=otNXLZXzUj_N_tUBzeWE0436aZo&redir_esc=y#v=onepage&q=sistem lembaga keuangan bukan bank&f=false
Handayani, M. A., Amalia, C., & Sari, T. D. R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan (Studi Kasus Pada Pelaku UMKM Batik di Lampung). Ekombis Review. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/er/article/view/2262/2253
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/805
Maulita, P. P., Hidayat, O. S., & Hasanah, U. (2023). Analisis Kebutuhan E-Modul Berbasis Project Based Learning (Pjbl) Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Kompetensi, 16(1), 168–175. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.135
Morgan, P. J., & Long, T. Q. (2020). Financial Literacy, Financial Inclusion, and Savings Behavior in Laos. Journal of Asian Economics. https://sci-hub.se/10.1016/j.asieco.2020.101197
Nuryasa, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/177/151
Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Siaran Pers Survei OJK 2019: Indeks Literasi Dan Inklusi Keuangan Meningkat. In Sp 58/Dhms/Ojk/Xi/2019 (Issue November).
Peiris, T. U. I. (2021). Effect of Financial Literacy on Individual Savings Behavior; the Mediation Role of Intention to Saving. European Journal of Business and Management Research, 6(5), 94–99. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2021.6.5.1064
Pradiningtyas, T. E., & Lukiastuti, F. (2019). Pengaruh Pengetahuan Keuangan Dan Sikap Keuangan Terhadap Locus Of Control Dan Perilaku Pengelolaan Keuangan. 6(1), 96–112.
Rini, T. P. W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPA Sekolah Dasar Bagi Mahasiswa PGSD Universitas Lambung Mangkurat. IKA. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/599/487
Sari, N. R., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh LiterasiKeuangan, Pendidikan Keuangan di Keluarga, Uang Saku terhadapPerilaku Pengelolaan Keuangan dengan Financial Self-Efficacysebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Akutansi, 9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/38750/37660
Sari, T. D. R. (2022). Pelatihan Pengelolaan Keuangan untuk Siswa-siswi MA Ma’rif Kota Gajah. Emporwerment Community. https://e-journal.unper.ac.id/index.php/JEC/article/view/951/675
Sekarwati, M. A., & Susanti. (2020). Pengaruh literasi keuangan, inklusi keuangan dan modernitas individu terhadap perilaku menabung mahasiswa perguruan tinggi negeri surabaya. Jurnal Ekonomi & Bisnis. https://journal.feb.unmul.ac.id/inde
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ratna Fitri Astuti, Indah Permatasari, Nur Anisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.