Analisis Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pojok Baca pada Program Kampus Mengajar di SDN Pecangaan Wetan
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.203Keywords:
literasi, pojok baca, kampus mengajarAbstract
Literasi adalah keterampilan penting yang harus dikuasai oleh setiap individu dalam era globalisasi ini. Upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan keterampilan literasi di sekolah yaitu dengan mengembangkan kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi pojok baca dalam Program Kampus Mengajar di SDN 2 Pecangaan Wetan dapat berkontribusi dalam meningkatkan literasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, diantaranya: observasi, wawancara, dokumentasi, penyebaran kuesioner di kelas 5, dan pre-test dan post-test AKM Kelas 5. Gerakan literasi sekolah SDN 2 Pecangaan dilakukan melalui 3 tahap yaitu, tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Dengan program Liner (Literacy Corner) yang ditata dan didekorasi semenarik mungkin dan berbagai koleksi buku anak yang menarik. Terbukti dengan hasil penyebaran kuesioner dari 32 peserta didik, 22 diantaranya merasa terbantu dan lebih gemar membaca setelah adanya pojok baca. Selain itu, hasil post-test AKM Kelas yang meningkat dengan hasil literasi 83%. Pelaksanaan post-test peserta didik mengalami peningkatan kemampuan literasi sebanyak 28% dari pelaksanaan pre-test yang hanya mendapat hasil 55% saja. Kemampuan literasi peserta didik dapat meningkat dengan upaya pembiasan membaca yang dibangun sejak dini serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
References
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Bambang, T. (2019). Model Pembelajaran Literasi Untuk Pembaca Awal. In Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 58, Issue 12).
Dharma, K. B. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 70–76. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/403
DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH DASAR. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Sekolah Dasar. In Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
Farnita, I. K. A., Sudirman, I. N., Cueca, I. N. (2021). Pengembangan Bahan bacaan Siswa kelas Rendah Dengan Pemanfaatan Cerita Ogoh-Ogoh Bali. Jurnal Pendidikan Deikses, 3(2), 1-22. https://doi.org/10.59789/deiksis.v3i2.61
Fauziyah, L. N. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Pojok Baca Terhadap Pembiasaan Budaya Literasi di Kelas VA MIN 3 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. UINKHAS Jember. file:///C:Users/Hp/Downloads/Documents/Litsa%20Nailul%Fauziyah_T20184018_2.pdf.
Hasanah, U., & Silitonga, M. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta : Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. In WWW.Quipperblog.com.
Hidayah, N., Syukur, M., Pettarani, J. A. P., Rappocini, K., & Makassar, K. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas V Di SDN 41 Malewang Melalui Pelaksanaan AKM Kelas (Kampus Mengajar). Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 1(2), 132–145. https://doi.org/10.59581/harmoni-widyakarya.v1i2.439
Kasim, H., Sabarudin, S., Mamonto, S. B., & Mokodongan, F. (2023). Analisis Manfaat Pojok Baca untuk Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas IV SD Negeri Ringinsari. Fondatia, 7(1), 169–177. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i1.3095
Mardiasmo. (2017). Perpajakan Edisi Terbaru 2017. Bandung : Andi.
Novitasari, M., Sutama, Narimo, S., & Fathoni, A. (2019). Promoting Literacy Culture and Character Education to form High-Level Thinking Students in Elementary School. International Journal of Innovative Science and Research Technology., 4(9), 404–409. https://ijisrt.com/assets/upload/files/IJISRT19SEP1277.pdf
Palupi, Y., Keguruan, I., Pendidikan, I., & Wates, P. (2023). Efektivitas Pojok Baca Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Kelas 1a Sd Negeri Percobaan 4 Wates Dimas Kukuh Priyatmoko. 45–52.
Pamungkas, B., Amalia, N. (2018). Optimalisasi Fungsi Pojok Baca Di Kelas 1 SD Muhammadiyah Pangkalpinang Sebagai penumbuhan Budaya Membaca. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/62651/
Prasrihamni, M., Zulela, & Edwita. (2022). Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134.
Pratiwi, N. L. M. T., (2017). Pengembangan Buku Cerita Anak Dengan Menginsersi Budaya Lokal Dalam Tema Kegemaranku Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 185-195.
Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405
Rumakaway, S. M., Soumokil, A., & Hatala, R. (2022). Peranan Pojok Baca Dalam Meningkatkan Literasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Seram Bagian Timur, Kecamatan Gorom Timur Kabupaten Seram Bagian Timur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9286–9294.
Sari, D., Kurniasanti, S. A., & Wijayanti, D. A. (2023). Ruang Lingkup Program Kegiatan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 5 SDN 4 Karangrejo. Madaniya, 4(3), 1122–1130.
Savitri, Z., Kurnianti, E. M., Hasanah, U., Jakarta, U. N., Webbed, T., & Literasi, M. (n.d.). Analisis Penerapan Pembelajaran Terpadu Tipe. 1–8.
Setiawan, R. Nurani, D. Mardianto, A. 2019. Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. In Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : ALFABETA, CV.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sinta Jay Khan, Erna Zumrotun, Aan Widiyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.