Penggunaan Kalimat Simpleks dan Kompleks Dalam Teks Berita Peserta Didik Kelas XI-1 SMA Negeri 8 Balikpapan

Authors

  • Ari Musdolifah Universitas Balikpapan
  • Rika Istianingrum Universitas Balikpapan
  • Pranawengrum Damaryakti Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.205

Keywords:

kalimat, kalimat simpleks, kalimat kompleks

Abstract

Kalimat adalah rangkaian kata-kata yang memuat subjek, predikat, dan intonasi final. Kalimat dibagi menjadi dua, yaitu kalimat simpleks dan kompleks. Kalimat simpleks adalah kalimat yang memiliki satu aksi/peristiwa dan satu struktur kalimat. Kalimat kompleks adalah kalimat yang memiliki dua atau lebih peristiwa/aksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kalimat simpleks dan kompleks dalam teks berita peserta didik kelas XI-1 SMA Negeri 8 Balikpapan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data penelitian ini adalah kalimat dalam teks berita peserta didik, sedangkan sumber datanya adalah 5 teks berita peserta didik kelas XI-1 SMA Negeri 8 Balikpapan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. Teknik keabsahan menggunakan triangulasi teknik dan ketekunan. Teknik analisis data menggunakan metode agih dan model interactive analysis Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan kalimat simpleks dan kompleks dalam 5 teks berita. Jumlah kalimat simpleks dalam 5 teks berita adalah 12, sedangkan jumlah kalimat kompleks parataktik adalah 4.

References

Adika, D., Djatmika, D., & Santosa, R. (2018). Sistem Proyeksi Cerita-cerita Rakyat Nusantara di Indonesia. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 10 (1), 159–182. https://doi.org/10.21274/ls.2018.10.1.159-182

Agustina, J., & Mairu, T. (2018). Metode Hypnoteaching Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Mahasiswa. Wahana Didaktika, 16 (3), 154-165. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i3.2111

Asfari, A. I., Nuraeni, Y., & Yenni. (2022). Analisis Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Gondrong 2 Kota Tangerang. As-Sabiqun, 4(4), 1058–1075. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i4.2143

Azwardi. (2018). Metode Penelitian: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dikutip dari https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Pendidikan_Bahasa_dan/-lfRDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=teknik+simak+dan+catat&pg=PA103&printsec=frontcover

Firdaus, H., Yusuf, C., & Wijayanti, A. (2019). Kalimat Kompleks Parataktik dan Hipotaktik serta Formulasi Materi Ajarnya. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 (1), 2715-9612. https://doi.org/10.31002/repetisi.v2i1.769

Ghufron, S., Kasiyun, S., & Hidayat, M. T. (2020). Kesalahan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Skripsi Mahasiswa. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 51–62. https://doi.org/10.32528/bb.v5i1.3067

Hartidini, S., R. Syahrul, & Ratna, E. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. JPBSI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7 (1), 63-69. https://doi.org/10.24036/9543-019883

Hidayatullah, A. (2016). Jurnalisme Cetak (Konsep dan Praktik). Yogyakarta: Buku Litera Yogyakarta

Inggriyani, F., & Pebrianti, N. A. (2021). Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1), 2614-722X. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.175

Irsyad, F. R., Nainggolan, N. P., Gultom, R. H., Sari, A., & Lubis,(2023). Struktur dan Pengaruh Teks Akademik dan Non Akademik dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa pada Proses Pembelajaran. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1 (4), 147-162. https://doi.org/10.61132/bima.v1i4.307

Izzati, N., Djatmika, & Santosa, R. (2019). Grammatical Intricacy dalam Cerita Pendek Karya Penulis Anak Indonesia. LINGUA, 14 (1), 213-222. https://doi.org/10.18860/ling.v14i1.6710

Kemenristekdikti. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kemenristekdikti Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Kusumastuti, A., & Ahmad, M. K. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Dikutip dari https://books.google.co.id/books?id=637LEAAAQBAJ&printsec=frontco ver&hl=id#v=onepage&q&f=false

Liando, M. R. (2022). Kemampuan Mengubah Kalimat Simpleks Menjadi Kalimat Kompleks Siswa di Era Pandemi. ANNABA: Journal of Islamic Education, 8 (2), 268-281. https://doi.org/10.37286/ojs.v8i2.163

Musa’adah, Y., Wibisono, Y., & Wihardi, Y. (2020). Deep Reinforced Model dan Rules-Based untuk Peringkasan Kalimat Bahasa Indonesia. Jurnal Linguistik Komputasional, 3 (2), 33-39. https://doi.org/10.26418/jlk.v3i2.34

Pamuji, S. S., & Inung, S. (2021). Keterampilan Berbahasa. Dikutip dari https://books.google.co.id/books?id=WrNMEAAAQBAJ&printsec=front cover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Rahman, T. (2018). Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Dikutip dari https://books.google.co.id/books?id=VBWiDwAAQBAJ&printsec=frontc over&hl=id#v=onepage&q&f=false

Rahmania, N., & Utomo, A. P. Y. (2021). Analisis Kalimat Turunan Plural Bertingkat Hasil Gabungan Dua Klausa dalam Naskah Pidato Kenegaraan Presiden RI 2020. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 149–157. https://doi.org/10.22236/imajeri.v3i2.6194

Rijali, A. Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17 (33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Setiawan, H. R. (2021). Manajemen Kegiatan Evaluasi Pembelajaran. CERED: Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora, 1 (1), 504-509. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.350

Silaswati, Diana., Bulan, Deanty Rumandang., & Hermawan, Dani. (2019). Model Pembelajaran Apresiasi Kajian Sastra Terpadu Untuk Penguasaan Empat Aspek Keterampilan Berbahasa. Metamorfosis: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajaranya, 12 (2), 26-39. http://ejournal.unibba.ac.id/index.php/metamorfosis26

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sugiarti, Prihatini, A., & Pangesti, F. (2018). Penggunaan Video Berbasis Teks Dan Keranjang Bahasa untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menganalisis Aspek Kebahasaan Laporan Hasil Observasi. JINoP: Jurnal Inovasi Pembelajaran, 4 (2), 172-186. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i2.7118

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta Bandung.

Tamara Supa’at, Y., Retnowaty, R., & Ika Ratnawati, I. (2021). Strategi Ketidaksantunan Berbahasa Pada Kolom Komentar Media Sosial Instagram Akun Detikcom: Studi Kasus Reynhard Sinaga. Kompetensi, 14(1), 19–32. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v14i1.40

Tantawi, I. (2019). Terampil Berbahasa Indonesia. Dikutip dari https://books.google.co.id/books?id=qwPwDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Tarigan, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan Media Video untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi. Journal of Education Action Research, 2 (2), 123–133. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Wulandari, F. A., & Muqowim. (2022). Implemantasi Paradigma Integratif Alam Empat Keterampilan Berbahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 23(1), 17–32. http://dx.doi.org/10.30595/islamadina.v23i1.9705

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Musdolifah, A., Istianingrum, R., & Damaryakti, P. (2023). Penggunaan Kalimat Simpleks dan Kompleks Dalam Teks Berita Peserta Didik Kelas XI-1 SMA Negeri 8 Balikpapan. Kompetensi, 16(2), 402–415. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.205