Penggunaan Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Disposisi Matematis pada Materi Logaritma Kelas X-9 SMAN 8 Balikpapan

Authors

  • Rahayu Sri Waskitoningtyas Universitas Balikpapan
  • Hilda Damayanti Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.206

Keywords:

disposisi matematis, teams games tournament

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan disposisi matematis siswa pada materi logaritma dengan model pembelajaran Teams Games Tournament pada kelas X-9 SMAN 8 Balikpapan. Waktu penelitian semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 materi logaritma. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini mengambil Kelas X-9 SMAN 8 balikpapan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi observasi, kuesioner, dokumentasi, tes. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan disposisi matematis siswa kelas X-9 SMAN 8 Balikpapan meliputi (1) Hasil tes belajar matematika materi logaritma pada siklus II yang mencapai nilai di atas 66 mencapai 87%; (2) Hasil disposisi matematis siswa pada siklus II termasuk kategori tinggi ada 31 orang dengan memiliki disposisi sedang sebanyak 5 orang; (3) Rata-rata tes belajar matematika dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 15,59. Begitupula persentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan sebesar 16,67%.

References

Agustianti. (2021). Analisis Disposisi Matematis Mahasiswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1405–1412. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1405-1412

Arikunto, Suharsimi dkk. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, A. R. (2019). Menumbuhkembangkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(80), 555–564. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/3933

Hamalik, Oemar. (2016). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153– 164. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033

Hendriana & Sumarmo. (2017). Hard Skills Dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Ferika Aditama.

Indrawan. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams-Games Tournament (TGT) terhadap Disposisi Matematis dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 4(1), 78–87. https://doi.org/10.31539/judika.v4i1.2319

Irawan. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. JURNAL E-DuMath, 3(2), 164–170. https://doi.org/10.26638/je.461.2064

Khotimah, H. (2022). Deskripsi Soal Dengan Karakteristik Numerasi. Kompetensi, 15(1), 93–101. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.72

Merti, N. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Audio Visual Guna Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Journal of Education Action Research, 4(3), 315–321. https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27252

Mudrika, M. et al. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Motivasi dan Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMA N 1 Tanete Rilau. Jurnal Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 19(1). 75-86. https://doi.org/10.35580/chemica.v19i1.6647

Pramesti, Masfuah, & Suad. (2023). Penerapan Model Teams Game Tournament Dalam Peningkatan Hasil Pretest Dan Posttest

Disposisi Matematika Siswa Kelas III SD Unggulan Muslimat Nu

Kudus. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1160 - 1170. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1453

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320

Sunendar, A. (2016). Mengembangkan disposisi matematik melalui model pembelajaran kontekstual. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(1): 1-9. http://dx.doi.org/10.31949/th.v1i1.297

Valentein, P. E., Candiasa, I. M., & Ariawan, I. P. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Knisley Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sukasada. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(2), 95-103. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppm.v7i2.2829

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Waskitoningtyas, R. S., & Damayanti, H. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Disposisi Matematis pada Materi Logaritma Kelas X-9 SMAN 8 Balikpapan. Kompetensi, 16(2), 392–401. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.206