Pengaruh Minat Membaca Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Balikpapan
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.209Keywords:
Minat Membaca, Hasil Belajar Siswa , Bahasa IndonesiaAbstract
Membaca nyaring adalah sebagian dari hal penting yang dapat dilakukan seorang tenaga pendidik agar meningkatkan pemahaman, motivasi, dan hasil belajar siswanya di kelas, khususnya bagi peserta didik itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami atau mengidentifikasi apakah harga diri peserta didik mempengaruhi motivasi dan kinerja mereka di kelas bahasa Indonesia di SMK Negeri 3 Balikpapan di kelas sepuluh. Penelitian ini menggunakan teknik seleksi acak sederhana yaitu undian untuk memilih 105 siswa kelas X SMK Negeri 3 Balikpapan. Perolehan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian seperti kuesioner atau survei. Temuan penelitian menunjukkan bahwa minat belajar berpengaruh terhadap motivasi dan kinerja siswa kelas X di SMK Negeri 3 Balikpapan. Koefisien determinasi dari hasil penelitian sebesar enam puluh tujuh persen atau enam puluh tujuh persen dengan kategori sangat signifikan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar sangat dipengaruhi oleh minat membaca. Sebagai hasilnya, hipotesis nol (H0) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hipotesis alternatif yang diterima dalam rangkaian penelitian ini dapat dirinci sebagai berikut: ditemukan hubungan antara keinginan belajar dengan motivasi dan kinerja siswa kelas X SMK Negeri 3 Balikpapan dalam belajar bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat membaca mempunyai pengaruh sebesar 7% terhadap minat menulis dan 93% pengaruh dari faktor lain.
References
Andalas, R. (2017) Pengaruh Minat Membaca dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Formatif 7(2):190-197.
Kartika, C. (2023). Penerapan Budaya Membaca Peserta Didik Di Min 5 Bandar Lampung (Skripsi, UIN Raden Intan Lampung).
Daryanto & Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gaya Media.
Elgi, Besa Nasri (2022) Pengaruh Minat Baca terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Salang Kabupaten Simeulue. Universitas Negeri Ar- Raniry Darusalam Banda Aceh.
Erianita, H. (2021). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V a SD Negeri 146 Pekanbaru (Skripsi, Universitas Islam Riau).
Fatimah, S. (2020). Pengaruh Minat Membaca Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Negeri 113 Seluma (Skripsi, IAIN Bengkulu).
Mustamiroh, M., & Octaviani, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman . Kompetensi, 15(1), 32–38. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.65
Purwanto, S. Y. (2018). Peran Guru Dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Siswa di SMP Nasional KPS Balikpapan. Universitas Balikpapan.
Pusat Data dan Analisa Tempo. (2022). Berbagai Cara Meningkatkan Minat Baca di Indonesia. Jakarta: TEMPO Publishing.
Sari, A. (2018). Pengaruh Minat Baca Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Iis Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 1 Mojosari. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3).
Slameto (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi.Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: AlfaBeta.
Sujarweni, W. (2019). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Utami, R. D., Wibowo, D. C., & Susanti, Y. (2018). Analisis Minat Membaca Siswa pada Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri 01 Belitang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 4(1), 180.
Worotikan, A. A. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Balikpapan Tahun Ajaran 2020/2021. FKIP Universitas Balikpapan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indah Ika Ratnawati, Maryatin Maryatin, Yosef Nober Yankiapoli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.