Eksistensi Pendidik Yang Berkualitas Melalui Peningkatan Kompetensi Profesional Di Smk Negeri 3 Balikpapan

Authors

  • Prita Indriawati Universitas Balikpapan
  • Indah Ika Ratnawati Universitas Balikpapan
  • Ari Musdolifah Universitas Balikpapan
  • Maryatin Maryatin Universitas Balikpapan
  • Lidya Intan Hidayah Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.210

Keywords:

Kualitas Guru, Personal, Profesional

Abstract

Perkembangan pengetahuan dan tantangan pembelajaran pada era globalisasi mengharuskan guru untuk meningkatkan profesionalisme sesuai bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang peningkatan kualitas guru secara personal, serta untuk mengetahui gambaran kompetensi profesional guru, serta hambatan peningkatan profesionalisme guru di SMK Negeri 3 Balikpapan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Teknik Analisis Data menggunakan tiga alur kegiatan meliputi Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil temuan penelitian menunjukkan sekolah dalam peningkatan kompetensi profesional yaitu pertama melaksanakan pelatihan guru pada program kurikulum dan pembelajaran, kedua pemantauan oleh kepala sekolah melalui supervisi internal dan supervisi eksternal oleh pengawas pendidikan, ketiga melibatkan pengawas, serta komite dalam kegiatan kurikuler, non kurikuler dan ekstrakurikuler di sekolah, keempat peningkatan penyediaan fasilitas yang cukup seperti media sarana pembelajaran dan informasi yang lengkap untuk pembelajaran. Dalam pengembangan kualitas personal yaitu melalui pelatihan penguatan kelembagaan yang sekolah adakan rutin setiap semester melibatkan pakar serta melalui dukungan sekolah untuk keterlibatan dalam organisasi profesi guru seperti KKG dan MGMP. Hambatan eksistensi peningkatan kualitas guru dalam profesionalisme ditemukan belum optimalnya pemahaman guru akan tugas dan tanggung jawab dalam pengembangan profesional, ditemukannya beberapa guru yang tidak mengikuti pelatihan, hambatan kendala fisik faktor umur, kesulitan waktu karena tuntutan regulasi. Dibutuhkan upaya melalui kerja sama antara sekolah, dinas, industri dan komite dalam pengawasan efektivitas pembelajaran di luar dan di dalam kelas.  

References

Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968

Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Jurnal Aspirasi, 10(1), 1–17. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v10i1.1229

Fajar, M. Y., Rohaeni, O., Permanasari, Y., A, A. I., & Mulkiya, K. (2017). Meningkatkan Kompetensi Guru Sma Dan Sederajat Melalui Pelatihan Pembelajaran Berbasis Tik. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 5(2), 175. https://doi.org/10.29313/ethos.v5i2.2347

Hajar Mustinah Ariyanto, R., & Syahidul Haq, M. (2019). Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Di Smk Negeri 1 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(3), 1–11.

Hermayawati. (2018). Guru Berkualitas Menuju Indonesia Cerdas. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), 6–14. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/921

Indriawati, P. (2021). Masalah Yang Dihadapi Siswa Sekolah Menegah Atas Dalam Pembelajaran Online. Kompetensi, 14(2), 117–121. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v14i2.53

Indriawati, P., Ramadhani, A. N., Aryani, D., & Ananda, R. (2023). Peran Kelompok Kerja Guru (Kkg) Dalam Pengembangan Keprofesionalan Guru Di Madrasah. 4(1), 80–84.

Indriawati, P., Susilo, G., Quddus, I. A., & Ramadhan, F. (2023). Peran Supervisi Internal dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 3 Balikpapan. Jurnal Pendidikan, 32(1), 75–82. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp

Sepriyanti, N. (2012). Guru Profesional Adalah Kunci Mewujudkan Pendidikan Berkualitas. Al-Ta Lim Journal, 19(1), 66–73. https://doi.org/10.15548/jt.v19i1.8

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta Bandung

Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Putra, Z., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur Kualitas Pendidikan di Indonesia. Ma’arif Jurnal of Education Madrasah Innovation and Aswaja Studies (MJEMIAS), 1(1), 18–22. https://jurnal.maarifnumalang.id/ (diunduh 10 Februari 2022)

Yusro, Y. (2023). Peringkat Sistem Pendidikan Dunia 2023, Indonesia 67 dari 203 Negara (Online) diakses https://www.myusro.id/?p=1993

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Indriawati, P., Ratnawati, I. I., Musdolifah, A., Maryatin, M., & Hidayah, L. I. (2024). Eksistensi Pendidik Yang Berkualitas Melalui Peningkatan Kompetensi Profesional Di Smk Negeri 3 Balikpapan. Kompetensi, 16(2), 477–484. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.210