PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP DHARMA PANCASILA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i2.22Keywords:
Teks Eksplanasi, Media Audio Visual, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks Eksplanasi dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas VIII SMP Dharma Pancasila Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Dharma Pancasila Medan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ada pada pembelajaran menulis teks Eksplanasi siswa masih tergolong rendah. Media audio visual yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan tindakan kelas yang mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa secara klasikal dan kemampuan menulis teks eksplanasi melalui media audio visual. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi. Terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil tes siklus I di peroleh nilai rata-rata 65,38, dan tes siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 81,53 dan telah mencapai KKM ≤75. Dilihat dari persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I 34,61% meningkat pada siklus II 92,30%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Dharma Pancasila Medan.