Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Anekdot melalui Gambar Karikatur Berbantuan Media Digital Ibis Paint dengan Model Cooperative Learning pada Kelas X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan

Authors

  • Nurliani Maulida Universitas Balikpapan
  • Kiftian Hady Prasetya Universitas Balikpapan
  • Ari Musdolifah Universitas Balikpapan
  • Ida Nur Baiti Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v17i1.227

Keywords:

keterampilan menulis, teks anekdot, Ibis Paint, cooperative learning, karikatur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan menulis siswa pada salah satu materi pembelajaran bahasa Indonesia yaitu teks anekdot dengan menggunakan model cooperative learning dan media digital ibis paint melalui sebuah gambar karikatur. Subjek didalam penelitian ini adalah siswa kelas X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan yang berjumlah 36 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data di dalam penelitian ini menggunakan beberapa instrumen penelitian yaitu lembar observasi dan tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh di lapangan menurut hasil LKPD yaitu rata-rata nilai pada siklus I sebesar 71,9%. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh 78,4%. Dari kedua siklus yang telah dilaksanakan, terlihat bahwa terjadi peningkatan sebesar 6,5 %. Hasil penelitian peningkatan keterampilan menulis siswa yang diperoleh dari lembar instrumen observasi pengamatan siswa memiliki hasil, nilai rata-rata pada siklus I sebesar 77,5% sedangkan nilai rata-rata yang didapatkan pada siklus II sebesar 80%, dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan sebesar 2,5%. Disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran cooperative learning menggunakan media digital ibis paint melalui gambar karikatur dapat meningkatkan keterampilan menulis yang dimiliki siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks anekdot kelas X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan tahun ajaran 2023/2024.

References

Alyas, Y., Gani, R. A., & Handayani, R. (2023). Pengembangan Komik Elektronik Menggunakan Ibis Paint X Materi Mari Belajar Quran Surat Al–Fiil. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2576-2589.

Andheska, H. (2016). Membangun Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Menulis Dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal Bahastra, 36(1), 55-67.

Ansari, A. H., Alpisah, A., & Yusuf, M. (2022). Konsep dan Rancangan Manajemen Kurikulum Merdeka di Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 34–45.

Ariga, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka pasca pandemi covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670.

Asbari, R. A. F., & Santoso, G. (2023). Kurikulum Merdeka dan Keunggulannya dalam Penciptaan Perubahan di Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 141–143.

Erniwatie, E. (2020). Upaya Peningkatan Pemahaman Aku Dan Teman Baru (Sub Tema 1) Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Learning Pada Siswa Kelas I SD Negeri 1 Samba Danum: Efforts To Improve The Understanding Of Me And New Friends (Sub Theme 1) By Applying Cooperative Learning Model To Grade I Students Of SD Negeri 1 Samba Danum. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), 43-49.

Hutabarat, N. M. P. (2019). Face threatening act of different ethnic speakers in communicative events of school context. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 260–272.

Kamluddin, K., & Wardani, I. K. (2019). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dan Kerjasama Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Map And Maping Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas Vii Smp Muhammadiyah Mataram. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 2(2), 43-50.

Lili Yanti, & Nela Yusta. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Samalantan. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 1(1), 25–28. https://doi.org/10.57251/sin.v1i1.392

Ningsih, S. R. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Model Drill Practice Pada Pendidikan Agama. Jurnal Ipteks Terapan, 12(4), 268.

Nurhayati, N., Arifin, Z., & Damayanti, R. (2022). Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bilangan Pecahan di Kelas VII SMPI Nurul Hidayah Kuripan Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1–7.

Oktrifianty, E. (2021). Kemampuan Menulis Narasi di Sekolah Dasar (Melalui Regulasi Diri, Kecemasan dan Kemampuan Membaca Pemahaman). CV Jejak (Jejak Publisher).

Pangestika, S. E., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Ketelitian dan Ketrampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 37-47.

Putri, Y., Lubis, R. S. ., Saragih, R. M. W. ., Sitorus, A. ., & Simarmata, F. B. . (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas VIII SMP HKBP

Sidikalang . Kompetensi, 14(2), 92–98. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v14i2.50

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

RASEM, R. (2023). Pengembangan Karakter Pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 3(1), 35–44.

Sapmawati, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 1(01), 42-45.

Septika, H. D., & Ilyas, M. (2019). Peningkatan Pembelajaran Tematik Menulis Pantun Berbantuan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas V Sdn 002 Samarinda Tahun Ajar 2016/2017. Kompetensi, 12(2), 122–128. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i2.26

Suprayogi, S., Pranoto, B. E., Budiman, A., Maulana, B., & Swastika, G. B. (2021). Pengembangan keterampilan menulis siswa SMAN 1 Semaka melalui web sekolah. Madaniya, 2(3), 283–294.

Suryantika, I., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Pembelajaran di Luar Kelas pada Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 2(6), 3103–3134.

Susanto, S., & Kristiana, N. (2022). Perancangan flashcard karikatur fisikawan sebagai media pembelajaran siswa SMP. Jurnal Barik, 3(3), 30–44. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48083%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/download/48083/40144

Vitriani, A., San Fauziya, D., & Aryana, S. (2022). Penggunaan Media Karikatur Berbasis Aplikasi Ibis Paint X Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Kelas Xi Sma. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 87-100.

Wicaksono, A. (2014). Menulis Kreatif Sastra: dan Beberapa Model Pembelajarannya. Garudhawaca.

Wijayanti, R. R., Malau, N. A., Sova, M., Ngii, E., Sugiri, T., Ardhiarisca, O., Astuti, Y., & Saidah, H. (2022). Statistik Deskriptif.

Wulandari, I. G. A. A. P., Agung, A. A. G., & Suartama, I. K. (2022). Multimedia interaktif berorientasi model cooperative learning pada mata pelajaran IPS untuk kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 393-402.

Downloads

Published

2024-09-02

How to Cite

Maulida, N., Prasetya, K. H. ., Musdolifah, A., & Baiti, I. N. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Anekdot melalui Gambar Karikatur Berbantuan Media Digital Ibis Paint dengan Model Cooperative Learning pada Kelas X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan. Kompetensi, 17(1), 101–110. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v17i1.227