PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KEMBALI ISI DONGENG MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL OLEH SISWA KELAS VII-B SMP SWASTA IMELDA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i2.23Keywords:
menulis, dongeng, audio visual, hasil, peningkatanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran kemampuan menulis kembali isi dongeng menggunakan media pembelajaran audiovisual oleh siswa kelas VII-B SMP Swasta Imelda Medan Tahun pelajaran 2018/2019. Media Pembelajaran Audiovisual merupakan bentuk media pembelajaran yang mudah dan terjangkau, tersedia pula materi audio yang dapat digunakan dan dapat disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. Alasan yang mendasari dilakukannya penelitian ini yaitu kurangnya minat belajar siswa mengakibatkan kemampuan menulis menjadi relatif rendah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII-B SMP Swasta Imelda Medan. Hasil yang ditemukan adalah adanya peningkatan hasil pembelajaran menulis kembali isi dongeng menggunakan media pembelajaran Audiovisual setelah melakukan dua siklus dengan rincian peningkatan dari 30% yang tuntas menjadi 82%.