Analisis Faktor Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar pada Muatan PPKn (Studi Deskriptif pada SDN Setiabudi 01 Pagi)

Authors

  • Hildatul Azmaliyah Universitas Negeri Jakarta
  • Petrus Paulus Mbette Suhendro Universitas Negeri Jakarta
  • Uswatun Hasanah Universitas Negeri Jakarta
  • Fahrurrozi Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Kepercayaan Diri, PPKN

Abstract

Kepercayaan diri penting dalam pendidikan dasar karena memengaruhi prestasi, partisipasi aktif, dan perkembangan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SDN Setiabudi 01 Pagi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui survei. Populasi penelitian ini adalah siswa SDN Setiabudi 01 Pagi, dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kepercayaan diri PPKn, yang didasarkan pada lima indikator kepercayaan diri menurut Lauster yaitu: keyakinan pada kemampuan diri, objektif, optimis, bertanggung jawab, dan rasional serta realistis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SDN Setiabudi 01 Pagi memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, yaitu sebesar 73,168.

References

Adha, M. M., & Susanto, E. (2020). Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 121–138. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.319

Akbar, M. S. F., Satibi, O., & Hasanah, U. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Komik Digital Penerapan Sila Pancasila Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran PPKn Sekolah Dasar. Kompetensi, 16(1), 160–167. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.133

Afifah, N., & Nasution, F. (2023). Peran Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri dan Kesejahteraan (Well Being) Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 368–380. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.458

Al Alufi, F. N., & Saifullah, S. (2023). Dukungan sosial dan kepercayaan diri orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. PSYCOMEDIA : Jurnal Psikologi, 2(2), 92–101. https://doi.org/10.35316/psycomedia.2023.v2i2.92-101

Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (2021). Pendidikan Karakter dan Etika dalam pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 Januari 2021, 330. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5688

Darojat, M. (2023). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Melalui Metode Round Robin Card Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas X-1 Sma Negeri 1 Ponorogo. Jurnal Tinta, 5(2), 1–23.

Dewi, D. A., Hidayat, N. A. S. N., Septian, R. N., Apriliani, S. L., & Purnamasari, Y. F. (2021). Peran Pembelajaran Pkn SD dalam Membentuk Karakter Moral Siswa untuk Mempersiapkan Masa Depan Bangsa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5258–5265. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1621

Enteding, A. A. (2024). Peran Guru PPKn dalam Membentuk Kepercayaan Diri (Self Confident) Peserta Didik di SMK Negeri 1 Luwuk. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 47–59. https://doi.org/10.53090/jlinear.v8i1.628

Faradila, C., Lubis, M. D. A.-K. ., Depari, S. P., & Jamaludin, J. (2023). Eksplorasi Media Pembelajaran PPKn Melalui Pop Up Book untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMP. Kompetensi, 16(2), 465–476. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.201

Farcha, A. R., Fitri, A., & Safiah, I. (2023). Peran Guru dalam Menerapkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Di SDN 1 Jeumpat Kabupaten Aceh Besar. Elementary Education Resarch, 8(1), 83–88. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/index

Fitri, G., & Yarni, L. (2022). Hubungan Interaksi Dalam Keluarga Dengan Kepercayaan Diri Remaja Di Jorong Cupak Nagari Pakan Sinayan. IRJE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 583–592.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditam.

Lombu, D., & Lase, F. (2023). Membangun Rasa Percaya Diri Individu Dalam Komunikasi Interpersonal. Educativo: Jurnal Pendidikan , 2(1), 241–251. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.144

Meli, H., Nur’aini, T. A., & Yuliani, T. (2019). Pengaruh Perilaku Asertif Dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Kompetensi, 12(1), 63–74. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i1.17

Novita, L., & Sumiarsih. (2021). Pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 04(2), 92–96.

Nur Haliza, R., & Fibria Nugrahani, R. (2021). Pengaruh Metode Role Play Terhadap Kepercayaan Diri Siswa. Psikodinamika : Jurnal Literasi Psikologi, 1(2), 133–142.

Pratiwi, M. R., & Yanuarsari, D. H. (2021). Konten media edukasi anak berbasis self concept theory. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2).

Putri, F. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Pembelajaran PKn sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 7362–7368.

Rahmah, H., Turmudi, T., & Muhammad Tareq Ghifari. (2024). Systematic literature review: Kepercayaan diri dalam pembelajaran matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 97–110. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.21632

Rifda, A. P. R., & Hera, H. S. S. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Media Games Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri siswa Kelas X IPS 5 di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 1–9.

Sari, S. K. (2020). Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas Viii Mts Esa Nusa Islamic School Binong - Tangerang PENDAHULUAN Banyak masalah yang terjadi di masa saat ini mengenai kekerasan , yang dialami oleh diri sendiri maupun yang dialami oleh oran. Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 01(November). https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i2

Sofiantoa, R., Untarib, S., & Kusumaningrum, S. R. (2024). Strategi Pembinaan Melalui Project Citizen dalam Rangka Penguatan Self Confidence dan Creative Skill Peserta Didik. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 12(1), 122–136.

Soleha, A., Kusuma, A., Yuda, R., & Resita, C. (2021). Survei Tingkat Kepercayaan D iri Dalam Permainan Futsal Peserta Ekstrakurikuler Siswi Di Sma Negeri 1 Pamanukan Survey of Confidence Level In Futsal Game Extracurricular Participants Of Students At Sma Negeri 1 Pamanukan Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekre. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 5, 81–90.

Wardani, I. K., Hafidah, R. ., & Dewi, N. K. (2021). Hubungan antara Peran Guru dengan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(4), 225. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.54845

Downloads

Published

2024-09-02

How to Cite

hildatulazmaliyah30, Petrus Paulus Mbette Suhendro, Uswatun Hasanah, & Fahrurrozi. (2024). Analisis Faktor Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar pada Muatan PPKn (Studi Deskriptif pada SDN Setiabudi 01 Pagi). Kompetensi, 17(1), 77–86. Retrieved from https://kompetensi.fkip.uniba-bpn.ac.id/index.php/jurnal-kompetensi/article/view/239