Analisis Faktor Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar pada Muatan PPKn (Studi Deskriptif pada SDN Setiabudi 01 Pagi)
Keywords:
Kepercayaan Diri, PPKNAbstract
Kepercayaan diri penting dalam pendidikan dasar karena memengaruhi prestasi, partisipasi aktif, dan perkembangan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SDN Setiabudi 01 Pagi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui survei. Populasi penelitian ini adalah siswa SDN Setiabudi 01 Pagi, dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kepercayaan diri PPKn, yang didasarkan pada lima indikator kepercayaan diri menurut Lauster yaitu: keyakinan pada kemampuan diri, objektif, optimis, bertanggung jawab, dan rasional serta realistis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SDN Setiabudi 01 Pagi memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, yaitu sebesar 73,168.
References
Adha, M. M., & Susanto, E. (2020). Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 121–138. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.319
Akbar, M. S. F., Satibi, O., & Hasanah, U. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Komik Digital Penerapan Sila Pancasila Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran PPKn Sekolah Dasar. Kompetensi, 16(1), 160–167. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.133
Afifah, N., & Nasution, F. (2023). Peran Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri dan Kesejahteraan (Well Being) Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 368–380. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.458
Al Alufi, F. N., & Saifullah, S. (2023). Dukungan sosial dan kepercayaan diri orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. PSYCOMEDIA : Jurnal Psikologi, 2(2), 92–101. https://doi.org/10.35316/psycomedia.2023.v2i2.92-101
Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (2021). Pendidikan Karakter dan Etika dalam pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 Januari 2021, 330. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5688
Darojat, M. (2023). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Melalui Metode Round Robin Card Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas X-1 Sma Negeri 1 Ponorogo. Jurnal Tinta, 5(2), 1–23.
Dewi, D. A., Hidayat, N. A. S. N., Septian, R. N., Apriliani, S. L., & Purnamasari, Y. F. (2021). Peran Pembelajaran Pkn SD dalam Membentuk Karakter Moral Siswa untuk Mempersiapkan Masa Depan Bangsa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5258–5265. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1621
Enteding, A. A. (2024). Peran Guru PPKn dalam Membentuk Kepercayaan Diri (Self Confident) Peserta Didik di SMK Negeri 1 Luwuk. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 47–59. https://doi.org/10.53090/jlinear.v8i1.628
Faradila, C., Lubis, M. D. A.-K. ., Depari, S. P., & Jamaludin, J. (2023). Eksplorasi Media Pembelajaran PPKn Melalui Pop Up Book untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMP. Kompetensi, 16(2), 465–476. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i2.201
Farcha, A. R., Fitri, A., & Safiah, I. (2023). Peran Guru dalam Menerapkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Di SDN 1 Jeumpat Kabupaten Aceh Besar. Elementary Education Resarch, 8(1), 83–88. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/index
Fitri, G., & Yarni, L. (2022). Hubungan Interaksi Dalam Keluarga Dengan Kepercayaan Diri Remaja Di Jorong Cupak Nagari Pakan Sinayan. IRJE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 583–592.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditam.
Lombu, D., & Lase, F. (2023). Membangun Rasa Percaya Diri Individu Dalam Komunikasi Interpersonal. Educativo: Jurnal Pendidikan , 2(1), 241–251. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.144
Meli, H., Nur’aini, T. A., & Yuliani, T. (2019). Pengaruh Perilaku Asertif Dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Kompetensi, 12(1), 63–74. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i1.17
Novita, L., & Sumiarsih. (2021). Pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 04(2), 92–96.
Nur Haliza, R., & Fibria Nugrahani, R. (2021). Pengaruh Metode Role Play Terhadap Kepercayaan Diri Siswa. Psikodinamika : Jurnal Literasi Psikologi, 1(2), 133–142.
Pratiwi, M. R., & Yanuarsari, D. H. (2021). Konten media edukasi anak berbasis self concept theory. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2).
Putri, F. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Pembelajaran PKn sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 7362–7368.
Rahmah, H., Turmudi, T., & Muhammad Tareq Ghifari. (2024). Systematic literature review: Kepercayaan diri dalam pembelajaran matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 97–110. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.21632
Rifda, A. P. R., & Hera, H. S. S. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Media Games Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri siswa Kelas X IPS 5 di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 1–9.
Sari, S. K. (2020). Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas Viii Mts Esa Nusa Islamic School Binong - Tangerang PENDAHULUAN Banyak masalah yang terjadi di masa saat ini mengenai kekerasan , yang dialami oleh diri sendiri maupun yang dialami oleh oran. Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 01(November). https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i2
Sofiantoa, R., Untarib, S., & Kusumaningrum, S. R. (2024). Strategi Pembinaan Melalui Project Citizen dalam Rangka Penguatan Self Confidence dan Creative Skill Peserta Didik. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 12(1), 122–136.
Soleha, A., Kusuma, A., Yuda, R., & Resita, C. (2021). Survei Tingkat Kepercayaan D iri Dalam Permainan Futsal Peserta Ekstrakurikuler Siswi Di Sma Negeri 1 Pamanukan Survey of Confidence Level In Futsal Game Extracurricular Participants Of Students At Sma Negeri 1 Pamanukan Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekre. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 5, 81–90.
Wardani, I. K., Hafidah, R. ., & Dewi, N. K. (2021). Hubungan antara Peran Guru dengan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(4), 225. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.54845
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hildatul Azmaliyah, Petrus Paulus Mbette Suhendro , Uswatun Hasanah, Fahrurrozi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.