Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Melalui Metode Role Playing
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v17i1.242Keywords:
metode role playing, keterampilan berbicara, sekolah dasar, studi literaturAbstract
Berbicara adalah keterampilan lingkuistik yang sangat penting karena digunakan dalam situasi sehari-hari. Namun, penelitian mengungkapkan bahwa keterampilan berbicara siswa masih rendah karena kurangnya kepercayaan diri dan akses ke sumber daya yang memberi mereka kesempatan berbicara saat pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, menggunakan metode role playing dalam pembelajaran adalah salah satu solusi yang digunakan untuk memperkuat keterampilan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas penerapan metode pembelajaran role playing dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan studi literatur, yang terdiri dari 11 publikasi yang berkaitan dengan topik penelitian yang bersumber dari Google Scholar periode 5 tahun terakhir. Temuan studi literatur menunjukkan bahwa metode role playing dianggap sebagai strategi pengajaran yang menarik dan inovatif yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, khususnya di tingkat sekolah dasar.
References
Akhadiah, S. (1993). Bahasa Indonesia I. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Ananda, R. (2018). Peningkatan Pembelajaran Pkn Dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas Ii Sdn 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.24
Anggraeni, S. D., Mutiah, A., Ardiningrum, D. I., & Wijayanti, O. (2024). Role playing dalam Pembelajaran Drama untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 788–798.
Apriyani, R., Sunarsih, D., & Pranoto, B. A. (2022). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Muatan IPS dan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri Pamulihan 01. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 405–418. https://doi.org/10.5281/zenodo.7077555.
Auliyati, Y., Mardiani, C. P., & Wahyudiana, E. (2021). a Systematic Literature Review on Metode Role Play Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Sekolah Dasar. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 33(2), 166–193. https://doi.org/10.21009/parameter.332.05
Azzahra, F., Hidayat, O. S., & Hasanah, U. (2023). Pengaruh Metode Pq4R Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar. Kompetensi, 16(1), 211–217. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.121
Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48–52. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.118
Damayanti, A., Nurani, R. Z., & Mahendra, H. H. (2023). Penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Di Kelas Iii Sd Negeri Cidadap. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3). https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/JUBPI/article/view/1569%0Ahttps://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/JUBPI/article/download/1569/1298
Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459.
Fatimah, A. R., Rinawati, A., & Maryanto. (2022). Analisis Metode Role Playing dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Kelas III SD Negeri Keditan Magelang. IBTIDA- Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 2(2), 43–53. https://doi.org/10.33507/ibtida.v2i2.771
Fitriyani, C., Kamsiyati, S., & Pudyaningtyas, A. R. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Role Play Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 7(4), 428. https://doi.org/10.20961/kc.v7i4.31896
Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411–422. https://doi.org/10.58230/27454312.56
Istiqomah, L., Murtono, & Fakhriyah, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Role Playing Berbantuan Media Visual di Sekolah Dasar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 650–660. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.884
Kurniaman, O., Witri, G., & Utami, S. D. (2023). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 37 Pekanbaru. Arzusin, 3(5), 669–679. https://doi.org/10.58578/arzusin.v3i5.1808
Kurniasari, A. A., Nugroho, A. S., Umam, N. K., & Subayani, N. W. (2023). Peningkatan Keterampilan Komunikasi dengan Metode Pembelajaran Role Playing pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(3), 8582–8591. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1649
Maria Ulfah, S., & Budiman, M. A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Kemampuan Berbicara. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 83–91. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17324
Marzuqi, I. (2019). KETERAMPILAN BERBICARA. Penerbit Istana.
Maulidiyah, Y., Mubarok, K., & Rahmawati, E. (2022). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Subtema Pekerjaan di Sekitarku Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 606–615. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2754
Meishaparina, R., Heryanto, D., & Widasari. (2023). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas Ii Sdn 013 Pasir Kaliki. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1740–1748. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.895
Nurleni, S., & Anggreani, C. (2022). MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION, METODE ROLE PLAYING BERBASIS CERITA DAERAH. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini, 2, 1–7.
Parapat, A., Munisa, Nofianti, R., & Pratiwi, E. (2023). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Kegiatan Mendongeng di TK Negeri Pembina I Medan. Journal Of Human And …, 3(2), 75–79. http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/155%0Ahttps://jahe.or.id/index.php/jahe/article/download/155/85
Pratama, I. G., & Alexon. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa (PTK pada Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 52 Kota Bengkulu). JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 6(2), 165–174. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v6i2.8160
Prawiyogi, A. G. (2022). Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Menerapkan. JSD : Jurnal Sekolah Dasar, 7(September), 197–208.
Priatna, A., & Setyarini, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. 10(2), 71–76.
Rahmah, S. Y., Pratiwi, C. P., & Hastuti, D. N. (2023). Penerapan Model Role Playing Dengan Bantuan Media Wayang Kartun Untuk Meningkatkan. 2(2), 435–450.
Sari, R. K. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Ketrampilan Berbicara Pada Bahasa Indonesia Tingkat Sd. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 61–67. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.582
Setyaningsih, R. (2023). Peran Permainan Edukatif dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7299–7307. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5773
Subagiyo, H. (2017). Roleplay. Buku Sekolah Elektronik (BSE). https://doi.org/10.5040/9780571285617.00000027
Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. Alfabeta.
Susanti, Hartati, T., & Nuryani, P. (2021). Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 1–12.
Tarigan, H. G. (1985). Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Wirsa, K., & Saridewi, S. (2020). Studi Deskriptif Pengaruh Metode Bercerita Bilingual Terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 71–76. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-04
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Faiza Nuril Izzati, Endang M Kurnianti, Uswatun Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.