Urgensi Pendidikan Karakter Cinta Damai Bagi Siswa SD Untuk Mencegah Perilaku Bullying

Authors

  • Debi Apriliani Universitas Negeri Jakarta
  • Uswatun Hasanah Universitas Negeri Jakarta
  • Petrus Paulus Mbette Suhendro Universitas Negeri Jakarta
  • Fahrurrozi Fahrurrozi Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v17i1.246

Keywords:

pendidikan karakter, pendidikan karakter cinta damai, bullying, pencegahan bullying, siswa sekolah dasar

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin membuat merosotnya etika dan moral sehingga banyaknya kasus perundungan yang terjadi pada para siswa menjadi sebuah isu yang sangat disayangkan di dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah dasar, Bullying di sekolah dasar telah menjadi perhatian serius dalam dunia pendidikan karena dampak negatifnya terhadap perkembangan psikologis dan sosial siswa. Pendidikan karakter cinta damai adalah pendekatan yang diusulkan untuk menanggulangi masalah ini dengan menanamkan nilai-nilai perdamaian, toleransi, dan empati sejak dini. Dengan demikian penulisan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan urgensi pendidikan karakter cinta damai bagi siswa SD dalam upaya mencegah perilaku Bullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur dengan metode kualitatif deskriptif, data yang diambil berasal dari penelitian yang sudah ada di internet.Pendidikan karakter cinta damai memiliki peranan penting dalam mencegah perilaku Bullying. Dengan menerapkan pendidikan karakter cinta damai, harapannya adalah siswa akan menjadi orang yang memiliki kesadaran sosial yang tinggi, memiliki empati dan toleransi, dan aktif bekerja untuk menciptakan masyarakat yang damai dan adil. Dengan begitu, diharapkan mereka dapat menghindari perilaku Bullying. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter cinta damai bagi siswa SD memiliki urgensi besar dalam mencegah perilaku Bullying. Karakter pendidikan yang mendorong cinta damai dapat membentuk budaya pendidikan yang inklusif dan aman, mengurangi insiden Bullying, dan melindungi siswa yang rentan menjadi korban.

References

Despa Ayuni. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. In Journal of Education Research (Vol. 2, Issue 3).

Dewantari, S. M., Humairah, H., & Kharisma, A. I. (2023). Analisis Penyebab Tindakan Bullying dengan Pendidikan Karakter Cinta Damai di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 723–728. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.700

Hijrawatil Aswat, M. K. L. O. O. A. (2022a). Eksistensi Peranan Penguatan Karakter Pendidikan terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6.

Hijrawatil Aswat, M. K. L. O. O. A. (2022b). Eksistensi Peranan Penguatan Karakter Pendidikan terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar (2). JURNAL BASICEDU, 6.

Junindra, A., Fitri, H., Murni, I., Ilmu Pendidikan, F., & Negeri Padang, U. (2022). Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar.

Karliani, E., Triyani, T., Hapipah, N., & Mustika, M. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Damai Berbasis Nilai Sosial Spiritual Dalam Mencegah Bullying Relasional. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 116–122. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i1.414

Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2892

Ririn Nurlafika Dewi & Lu’lulil Maknum. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia SD. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, 2.

Amaliati, S. (2020). Pendidikan Karakter Perspektif Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam dan Relevansinya Menjawab Problematika Anak di Era Milenial. Child Education Journal (CEJ), 2(1), 34–47.

Armitage, R. (2021). Bullying in children: impact on child health. BMJ paediatrics open, 5(1).

Fuentes, E. A., Carvallo, P. R., & Poblete, S. R. (2020). Bullying as a risk factor for depression and suicide. Revista Chilena de Pediatria, 91(3), 432–439. https://doi.org/10.32641/rchped.v91i3.12 30

Jayadi, Y. I., Malappiang, F., & Utiya, K. (2022). Pencegahan Bullying Pada Siswa Sd Inpres Balang-Balang. Piramida: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 9-18.

Lusiana, S. N. E. L., & Arifin, S. (2022). Dampak Bullying terhadap kepribadian dan pendidikan seorang anak. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 10(2), 337-350.

Santoso, G., Salsabilla, E., Faznur, L. S., & Asbari, M. (2023). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya terhadap Karakter Cinta Damai Anak. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 107-113.

Downloads

Published

2024-09-02

How to Cite

Apriliani, D., Hasanah, U., Suhendro, P. P. M., & Fahrurrozi, F. (2024). Urgensi Pendidikan Karakter Cinta Damai Bagi Siswa SD Untuk Mencegah Perilaku Bullying. Kompetensi, 17(1), 125–133. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v17i1.246