Penerapan Game Edukasi “Bisik Berantai” Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak dan Penguatan Dimensi Bernalar Kritis Siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah 29 Surabaya
Keywords:
Game edukasi, keterampilan menyimak, bernalar kritisAbstract
Sumber masalah adalah ketidakmampuan guru untuk menggunakan media yang dapat membuat siswa tertarik dengan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas. Akibatnya, peneliti menggunakan game bisik berantai untuk mengajar siswa menyimak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa. Dalam hal ini peneliti menemukan permasalahan kurang fokusnya siswa terhadap kegiatan menyimak. Selain itu, penelitian ini menemukan masalah dan solusi untuk pembelajaran menyimak. Peneliti menggunakan metode PTK sebanyak dua siklus perencanaan. Teknik analisis data berupa pengamatan, tes menulis dan catatan lapangan. Deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data. Dari hasil data penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki 100% dalam melakukan kegiatan di siklus pembelajaran I dan II. Nilai kinerja aktivitas guru di siklus I sebesar 75,67 dan di siklus II adalah 87,33. Berdasarkan hasil keterampilan menyimak didapatkan peningkatan pada siklus I terdapat 79,6% sementara pada siklus II menjadi 92%. Dalam penguatan dimensi bernalar kritis siswa setelah penerapan game bisik berantai didapatkan hasil 53,3 % pada siklus I menjadi 93,3 % pada siklus II. Pada hasil akhir dikatakan hasil belajar siswa, ketuntasan klasikal siswa serta keterlaksanaan aktivitas guru mengalami peningkatan setelah melakukan kegiatan game edukasi bisik berantai. Penelitian ini dikatakan tuntas dimana keterampilan menyimak dan kemampuan bernalar kritis siswa mengalami peningkatan yaang ditunjukkan dengan siswa mampu menjawab.
References
Alaa’uddin, M., Setiya, M. B., Antikah, M. A., Larasati, D. A., & Sriviyantiningrum, N. (2024). Penerapan Media Permainan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas IX-K SMP Negeri 29 Surabaya.
Arifeni, S., Nuryatin, A., Negeri, Mt., Timur, O., & Selatan, S. (2024). Efektivitas Model Cooperative Learning dan Media Audio Visual dalam Menceritakan Kembali Isi Cerita Fantasi. In Bahasa dan Sastra (Vol. 10, Issue 1). Pendidikan. https://e-journal.my.id/onoma
Dina Aulia Yudistira Munthe, Trisna Pratiwi Hasibuan, Dinda Patliana Sukma, Syahrani Yumna Irfani, & Yuli Deliyanti. (2023). Analisis Kemampuan Menyimak Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 2(2), 48–56. https://doi.org/10.55606/jurribah.v2i2.1405
Diyahningsih, U., Huda, M., & Paryati, D. (2023). Analisis Keterampilan Menyimak Dongeng dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Media Animasi Video pada Siswa kelas 2 SDN Pandeanlamper 01.
Fahmi, P. :, Chamidah, D., Suryadin, |, Muhammadong, H. |, Saraswati, S., Muhsam, J., Laily, |, Listiyani, R., Heny, |, Rahmawati, K., Wanda, |, Yanuarto, N., Masfa, |, Tarjo, M. |, Adirasa, H., Prasetyo, M., & Pd, I. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. https://penerbitadab.id
Husniyah. (2024). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Permainan Bisik Berantai Anak Usia 5-6 Tahun Di Kb Flamboyan Sukabumi Bandar Lampung.
Marinu Waruwu, Pendidikan, A., Kristen, U., & Wacana, S. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).
Z. Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (1). Z. Abdussamad.
Mudarris, B., Rozi, F., & Islamiyah, N. (2022). Penggunaan Media Vlog dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Anak. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jip.7.1
Muhammad Majdi, & Ahmad Shofiyuddin Ichsan. (2019). Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas 1 MI dalam Model Pembelajaran Menyimak Tipe Bisik Berantai Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(3), 264–272. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.3.2019.83
Nazifah, N., Izzah, N., Suryanti, E., Hanum, S. A., Fisika, M. P., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2022). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Gelombang Dan Alat Optik Dengan Model Discovery Learning.
Rahmah, Y., Nasir, M., & Azmin, N. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bima Penerapan Model Pembelajaran 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bima.
Rambe, R. N., Rahmadani, A., Utami, P., Masriana, M., Ritonga, Y., & Marcela, R. (2023a). Efektivitas Metode Bisik Berantai dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak di Kelas 6 SD 010140. TSAQOFAH, 3(4), 577–584. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i4.1238
Rambe, R. N., Rahmadani, A., Utami, P., Masriana, M., Ritonga, Y., & Marcela, R. (2023b). Efektivitas Metode Bisik Berantai dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak di Kelas 6 SD 010140. TSAQOFAH, 3(4), 577–584. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i4.1238
Wahyuni, S., Muzdalipah, I., & Hidayat, Y. (2024). Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Info Artikel: Dikirim, 7(1), 26–34. https://doi.org/10.35974/jpd.v71.3252
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anita Dwi Rahmayani, Rizka Nur Oktaviani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.