PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 05 MEDAN

Authors

  • Julita Simbolon Universitas Prima Indonesia
  • Hilman Haidir Universitas Prima Indonesia
  • Ibrahim Daulay Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i2.25

Abstract

Permasalahan data penelitian ini adalah (1) Kemampuan menulis teks persuasi masih tergolong rendah. (2) Rendahnya kemampuan menulis peserta didik diakibatkan model yang tidak tepat. (3) Peserta didik masih kesulitan menuangkan ide dalam menulis khususnya menulis teks persuasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kontekstual terhadap kemampuan menulis teks persuasi oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian postest design. Penelitian ini menguji cobakan model pembelajaran kemudian mengetahui perbedaan penggunaannya atau meninjau pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Muhammaiyah 05 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 60 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest design. Dari hasil penelitian dan pengelolaan data diperoleh kesimpulan ini, (1) rata-rata nilai kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan model konvensional adalah= 61,7 dan yang menggunakan model kontekstual adalah = 80. (2) rata-rata nilai kemampuan menulis teks persuasi oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Published

2019-12-31

How to Cite

Simbolon, J., Haidir, H. ., & Daulay, I. . (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 05 MEDAN . Kompetensi, 12(2), 116–121. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i2.25