PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KOMPETENSI KEAHLIAN X OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKAANTORAN SMKN 2 PENAJAM PASER UTARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v11i2.3Keywords:
Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Keaktifan Belajar Siswa, EkosistemAbstract
Karakter siswa di kompetensi keahlian X Otomatisasi dan Tata kelola Perkantoran SMKN 2 Penajam Paser Utara untuk materi ekosistem sebelumnya kurang aktif dalam pembelajaran IPA Terapan, hal ini ditunjukkan dengan kurangnya respon siswa kepada materi pelajaran, siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di kompetensi keahlian X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri atas 31 siswa. Teknik utama dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata prosentase keaktifan belajar siswa adalah 74%. Pada siklus II prosentase keaktifan belajar siswa adalah 85%. Berdasarkan data prosentase tiap siklus ternyata terjadi kenaikan keaktifan belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi ekosistem di kompetensi keahlian X Otomatisasi dan Tata kelola Perkantoran SMK N 2 Penajam Paser Utara, Tahun Pelajaran 2017/2018