ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERBANDINGAN BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Authors

  • Noor Laila Universitas Balikpapan
  • Husnul Khotimah Universitas Balikpapan
  • Besse Intan Permatasari Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v13i1.30

Keywords:

Soal Cerita, Prosedur Newman, Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar persentase dan mendeskripsikan penyebab dari kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi perbandingan senilai dan berbalik nilai berdasarkan prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 14 Balikpapan. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta menggunakan tabel bantuan untuk mengetahui besar persentase kesalahan siswa. Siswa diberikan tes dalam bentuk soal cerita materi perbandingan senilai dan berbalik nilai serta dilakukan wawancara. Hasil pekerjaan subyek dianalisis berdasarkan prosedur Newman. Dalam penelitian ini
diperoleh hampir seluruh kesalahan dilakukan oleh siswa meliputi kesalahan memahami sebesar 43,2% yang disebabkan karena kurang memahami dengan apa yang diminta dalam soal, kesalahan transformasi sebesar 75,7% yang disebabkan karena kurang memahami rumus yang harus digunakan, kesalahan keterampilan proses sebesar 78,6% yang terjadi karena kurang teliti dalam melakukan proses perhitungan, dan kesalahan penulisan jawaban sebesar 49,3% yang disebabkan karena terburu buru dalam proses mengerjakan dan tidak terbiasa menuliskan kesimpulan.

Published

2020-06-24

How to Cite

Laila, N., Khotimah, H., & Intan Permatasari, B. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERBANDINGAN BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2018/2019 . Kompetensi, 13(1), 1–8. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v13i1.30