Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Materi Jenis Usaha Masyarakat Indonesia pada Siswa SDN 006 Anggana
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v17i2.337Keywords:
Hasil Belajar IPS , Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ScrambleAbstract
Kegiatan belajar mengajar yang baik ialah peserta didik memperoleh skill (keterampilan), value (nilai), dan knowledge (pengetahuan) yang didorong oleh peranan guru langsung. Beberapa siswa menganggap materi IPS sulit dimengerti dan dipahami. Hasil observasi memaparkan bahwa pembelajaran belum optimal, sebagian besar masih banyak siswa yang belum mencapai KKM. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi hasil belajar yang kurang optimal dan rendah. Dalam meningkatkan hasil belajar siswa, maka dibutuhkan kemampuan guru yang mampu menguasai model pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka guru memiliki tuntutan untuk menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan, efektif, dan inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa melalui penerapan model pembelajaran tipe scramble materi jenis usaha masyarakat Indonesia. Jenis penelitian ini mengadopsi pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN 006 Anggana. Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi merupakan tahapan-tahapan penting dalam Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode rata-rata, persentase, dan peningkatan hasil belajar. Hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe scramble, saat pra siklus nilai rata-rata 67, persentase ketuntasan 21% (sangat kurang) dimana 4 siswa tuntas, di siklus I memperoleh nilai rata-rata 74,47, persentase ketuntasan 37% (cukup), dimana 7 siswa tuntas, peningkatan sebesar 11,14% dan di siklus II nilai rata-rata 84, persentase ketuntasan 84%, (baik) dimana 16 siswa tuntas, peningkatan sebesar 25,37%. Melalui perolehan persentase tersebut sudah >70% sehingga dapat dihentikan di siklus II.
References
Agung, Y. A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ict Menggunakan Multisim10 Simulations Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 311–317.
Ahmad Rizalul Kamal, Mustamiroh, M., & Rosita Putri Rahmi Haerani. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Organ Gerak Manusia melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1058–1064. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.728
Apriyanti, Y., Lorita, E., & Yusuarsono, Y. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(1). https://doi.org/10.37676/professional.v6i1.839
Badriyah, N. L., Thamrin, A., & Nurhidayati, A. (2019). Analisis Instrumen Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Bangunan. Indonesian Journal Of Civil Engineering Education, 4(2), 93–102. https://doi.org/10.20961/ijcee.v4i2.27780
Burhanudin, H., Mandala Putra, S. B., & Hidayati, S. A. (2021). Pengaruh pengetahuan investasi, manfaat investasi, motivasi investasi, modal minimal investasi dan return investasi terhadap minat investasi di pasar modal (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram). Distribusi - Journal of Management and Business, 9(1), 15–28. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i1.137
Choerifki, S. (2018). Peningkatan hasil belajar Pkn melalui model pembelajaran scramble siswa kelas V sdn prawirotaman yogyakarta. Basic Education, 7(15), 1491–1501.
Damayanti, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Pembelajaran Scramble. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 29(7), 2866–2876.
Ecosystem, E. (2023). 李韵捷 1 ,梁静鑫 2 ,王明亮 3 (1. 09(8), 316–327.
Elihami. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 79–96. https://doi.org/10.58218/kasta.v2i3.408
Gustina, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Menggunakan Metode Pembelajaran Scramble pada Siswa Kelas V UPT. SD Negeri 20 Baringin. Jurnal Lembaga Penelitian Dan Penerbitan Hasil Penelitian, 3(3), 1–14.
Harianti, P., Hidayat, O. S., & Hasanah, U. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sekolah Dasar . Kompetensi, 16(1), 226–232. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v16i1.123
Kaharuddin, A. (2020). Joyfull English Games. Kendal : Ahsyara Muda Indonesia.
Kamal, M., Pratap, R., & Naved, M. (2022). Retracted: Machine Learning and Image Processing Enabled Evolutionary Framework for Brain MRI Analysis for Alzheimer’s Disease Detection. Computational Intelligence and Neuroscience, 1–8. https://doi.org/10.1155/2023/9817176
Komar, A., & Winarsih, N. (2020). Problematika Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Tingkat Sekolah Dasar: Studi Kasus SDN Kebonsari Kulon 3 Kota Probolinggo Tahun Ajaran 2020-2021. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(2), 237–248. https://doi.org/10.37010/duconomics.v2.5918
Marta, R. (2017). Penanganan Kognitif Down Syndrome melalui Metode Puzzle pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 32–41. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.29
Maulida, N., Prasetya, K. H. ., Musdolifah, A., & Baiti, I. N. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Anekdot melalui Gambar Karikatur Berbantuan Media Digital Ibis Paint dengan Model Cooperative Learning pada Kelas X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan. Kompetensi, 17(1), 101–110. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v17i1.227
Nurtikasari, E., & Fahri, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iii Mi Nurul
Huda 1 Curug. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 42. https://doi.org/10.32832/jpg.v1i1.2869
Oktavia, S., Fadhilaturrahmi, F., & Marleni, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 127–137. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.26
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Putri, N. P. S., Yensy, N. A., & Maulidiya, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smp N 13 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 172–179. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.172-179
Radyah Bintang, S., Rama, B., & Musdalifah. (2022). Penerapan Metode Scramble Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas Iii Madrasah Ibtidaiyah Radhiatul Adawiyah Makassar Implementation of Scramble Method in Akidah Akhlak Learning At Class Iii Islamic Elementary School. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(2), 794–806. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.301
Rahmaniati, R., Bulkani, B., & Pujianti, F. (2018). Model Pembelajaran Scramble Menggunakan Media Wayang Pahlawan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Peserta Didik Kelas V-a Sdn 1 Sabaru Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(2), 79–85. https://doi.org/10.33084/anterior.v17i2.2
Regiani, E., Amaliyah, S., & Rustini, T. (2023). Analisis Problematika Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Negeri Arcamanik 02 Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3257–3261.
Rosidah, R. S., Haryanti, Y. D., & Puspitasari, W. D. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble pada Pembelajaran IPS. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019, 164–171.
Sanuriah, Surahmat, & walida el, S. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi peluang. Jurnal Penelitin, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 18(25), 1–9.
Sartika, S., Nia, S., & Rejeki, R. (2022). Penerapan Metode Scramble Untuk Meningkat Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Amal Pendidikan, 3(3), 206. https://doi.org/10.36709/japend.v3i3.22507
Siringoringo, R., Asbari, M., & Margaretta, C. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensi: Akselerasi Meningkatkan Potensi Peserta Didik. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 13–16.
Studi, P., Matematika, P., & Keguruan, F. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Tv Digital Untuk Meningkatkan Di Ma Nurul Akbar Pongka. 9, 275–283.
Usman, G., & Yunus, M. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Mis At-Taqwa Malifut. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 471–477. https://doi.org/10.30738/tc.v4i2.8391
Waruwu, S., & Tafonao, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 123–130. https://doi.org/10.57094/jpe.v4i2.1058
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zara Amelia, Mustamiroh Mustamiroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.