PENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI MELAUI MEDIA VIDIO SCRIBE PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 7 BALIKPAPAN

Authors

  • Kiki Tri Mei Setia Lestari Universitas Balikpapan
  • Prita Indriawati Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v13i1.34

Keywords:

Keaktifan Siswa, Media Video Scribe, Pembelajaran Daring

Abstract

Keaktifan belajar siswa kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 7 Balikpapan Tahun Ajaran 2020/2021. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana keaktifan belajar ekonomi siswa kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 7 Balikpapan dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan peneliti sebanyak dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni : (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, angket, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran Video Scribe pada pembelajaran daring. Dengan persentase siklus I sebesar 67% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase sebesar 80% data ini diperoleh sesuai dengan indikator keaktifan belajar siswa.

Published

2020-06-24

How to Cite

Lestari, K. T. M. S., & Indriawati, P. (2020). PENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI MELAUI MEDIA VIDIO SCRIBE PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 7 BALIKPAPAN . Kompetensi, 13(1), 37–45. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v13i1.34