Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 9 Balikpapan

Authors

  • Prita Indriawati Universitas Balikpapan
  • Maulidia Hasanah Universitas Balikpapan
  • Anugrah Ferbriyani Universitas Balikpapan
  • Siti Zahra Winata Universitas Balikpapan
  • Aprilia Chandra Arum Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v17i2.354

Keywords:

Implementasi, Bimbingan dan Konseling, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi implementasi layanan bimbingan dan konseling dalam kurikulum merdeka di SMP Negeri 9 Balikpapan. Fokus penelitian ini yaitu keefektifan berbagai strategi dan metode konseling serta dampaknya terhadap perkembangan peserta didik. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan survei untuk data umum dan wawancara mendalam dengan konselor. Hasil wawancara menunjukkan penerimaan positif dari peserta didik yang menjadi semakin mudah menyelesaikan masalah yang dialami terkait bimbingan karir serta mendapatkan pengalaman belajar yang lebih baik setelah diberikan bimbingan oleh konselor. Temuan penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang peran konselor dalam meningkatkan kesejahteraan peserta didik, dengan implikasi praktis seperti peningkatan pelatihan konselor dan integrasi metode konseling inovatif dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini memberikan kontribusi penting pada literatur bimbingan dan konseling, membuka jalan untuk perbaikan lanjutan pada kurikulum mendatang.

References

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Abadi Husnu (ed.); Pertama, Issue March). Pustaka Ilmu. http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/13681%0A

Azwar, B. (2023). Pemahaman guru bimbingan konseling terhadap kurikulum merdeka belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 63. https://doi.org/10.29210/1202322167

Azwardinsyah, Rahman, K. ., & Mulyadi. (2023). Peranan Kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Program Sekolah Penggerak Di Sma Kabupaten Sarolangun. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 6(2), 369–375. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v6i2.7609

Cahyono T. (2022). Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tri Cahyono. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(2), 125–134. https://doi.org/10.24235/prophetic.v5i2.12782

Fatimah, E., Ulum, B., Hayati, N., Margio Reta, E., & Rosyid, A. (2023). Penerapan Prinsip-Prinsip Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Para Calon Konselor. Jurnal Citra Pendidikan, 3(1), 665–670. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i1.1457

Fatmawati, & Yusrizal. (2020). Analysis of the Utilization of Nature as a Learning Media in the Covid-19 Pandemic Era. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 8150–8154. https://doi.org/https://doi.org/10.33258/birci.v4i4.2733

Kemendikbud. (2013). Standar Penilaian Pendidikan. 12. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013.pdf

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53

Mufidah, E. F., Wulansari, P. S. D., & Mudhar, M. (2022). Implementasi Layanan Bimbingan Karier Untuk Mendukung Kurikulum Merdeka Di SMPN 9 Blitar. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 8(1), 27–32. https://doi.org/10.31602/jbkr.v8i1.6916

Mufrihah, A. (2014). Implikasi Prinsip Bimbingan Dan Konseling Terhadap Kompetensi Multikultural Konselor. Jurnal Pelopor Pendidikan, 7(1), 73–86. http://www.stkippgrismp.ac.id/jurnal-pelopor-pendidikan-5/

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. In Republik Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=150

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Sari Dewi, R. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Putri, D. N. P., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Peran Kinerja Guru Dalam Membentuk Karakter Kerjasama Pada Siswa Kelas IV. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 5(2), 176–189. https://doi.org/10.31538/almada.v5i2.2517

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul

Rokhyani, E. (2022). Penguatan praksis bimbingan konseling dalam implementasi kebijakan merdeka belajar. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling, 3, 26–38. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/pdabkin.v3i1.130

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Yuli Astuti, D., Suprihyatin, N., & Endah, R. (2022). Layanan Konseling Individu dengan Pendekatan Realita. AKADEMIKA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 21(2), 31–37. https://journal.ipw.ac.id/index.php/akademika/article/view/52/46

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Indriawati, P., Hasanah, M. M., Febriyani, A., Winata, S. Z., & Arum, A. C. (2024). Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 9 Balikpapan. Kompetensi, 17(2), 191–202. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v17i2.354