Pendidikan Islam Berbasis Spiritual di Surau Paseban

Authors

  • Nailus Sa'adah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Muhammad Kosim Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Fauza Masyhudi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.36277/kompetensi.v18i1.364

Keywords:

sejarah, biografi, fungsi, pendidikan spiritual, surau paseban

Abstract

Pendidikan Islam berbasis spiritual memiliki peran penting dalam pengembangan kepribadian yang beriman. Surau Paseban, sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam tradisional di Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis Sejarah Surau Paseban 2) Menganalisis Biografi singkat Syeh Paseban, 3) Fungsi surau paseban pada zaman dahulu dan sekarang dan 4) Pola Pendidikan Islam Berbasis Spiritual. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, penelitian ini menggali data melalui wawancara dengan pengurus surau dan jamaah, serta menggunakan data dari hasil observasi dengan memperhatikan lingkungan surau paseban. dan dokumentasi serta kajian arsip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan di Surau Paseban menekankan pada integrasi antara nilai-nilai Islam dan pengembangan spiritual melalui kegiatan-kegiatan keagamaan, seperti dzikir tasawuf, pengajian, melaksanakan ibadah wajib dan sunnah. Pendidikan Islam berbasis spiritual di Surau Paseban memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan pribadi yang seimbang antara intelektualitas dan spiritualitas, yang diharapkan dapat memberikan dampak jangka panjang dalam kehidupan sosial dan keagamaan masyarakat.

References

Abidin, H. M. oed, & Effendi, N. (2004). Surau Kito. Gre Publishing. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=PeBjDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=surau+kito&ots=4MTU7CFqwm&sig=ZiIddDlCVs2vJlHFXLjQc8bzPA8

Amin, I. (2022). Implementasi Hukum Islam Dalam Falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah Di Minangkabau. Ijtihad, 38(2). https://journals.fasya.uinib.org/index.php/ijtihad/article/view/140

Andriyani, I. N. (2018). Konsep Spiritual Leadership dalam Pendidikan Islam. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 7(2), 153–164.

Azra, A. (2003). Surau, pendidikan Islam tradisional dalam transisi dan modernisasi (Cet. 1). Logos Wacana Ilmu dan Pemikiran.

Azra, A. (2017). Surau: Pendidikan Islam tradisi dalam transisi dan modernisasi. Kencana. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=q_W3DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR2&dq=surau+&ots=XzEBaFvWg9&sig=9cq-n8K0rSAaL1Q8zO3f-hBJHUA

Bakar, A. (2024). Perkembangan Tarekat Syattariyah Ulakan–Minangkabau. Penerbit Adab. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=_30NEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA55&dq=perkembangan+tarekat+syattariyah&ots=NHEpAHvfBG&sig=ew8EBqToiGlQ26yQCl8vwpT-rag

Fathurahman, O. (2008). Tarekat Syattariyah di Minangkabau. Prenadamedia Group. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/34897/2/fulltext.pdf

HAKIM, I. (2017). Tentang Sejarah Surau di Minangkabau. Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 13(2), 283–287.

Karim, H. A. (2020). Revitalisasi Manajemen Pengelolaan Peran Dan Fungsi Masjid Sebagai Lembaga KeIslaman. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(2), 139–150.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP). https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=637LEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=metode+penelitian+kualitatif&ots=x40fu3m5mv&sig=sCa0u2R9TA3DdKQ08jPOts-II7Y

Maritza, S. D. ., Daulay, N. K. ., Syahfira, A. ., Simanullang, A. R. ., Tripertiwi, A. M., Syahrani, J., Azmi, S. ., Amanda, S. ., & Abdillah, R. F. . (2021). Sejarah Dan Perkembangan Masjid Al-Osmani Medan Labuhan. Kompetensi, 14(2), 131–138. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v14i2.55

Mukhlis, A. (2016). Sejarah Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Nusantara. JIE (Journal of Islamic Education), 1(2), 14–33.

Nabila, N. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(05), 867–875.

Nirmala, Z., & Satria, R. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Sumbayang Ampek Puluah Hari Dalam Tarekat Syattariyah di Nagari Sintuak (Studi Etnografi). An-Nuha, 1(3), 304–312.

Sirait, A., Andari, A. A., & Solihati, E. (2024). Surau dan Modernisasi Pendidikan di Masa Hindia-Belanda. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(01). https://www.jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/jim/article/view/6116

Sudirman, S., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Abdul Munaf Imam Maulana: Posisinya Dalam Pusaran Jaringan Tarekat Syathariyahdi Minangkabau (1943-2006). Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7997–8009.

Supriaji, U. (2019). Konsep Pendidikan Spiritual. Cakrawala: Jurnal Kajian Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 3(1), 16–46.

Suryani, I., Syahfitri, R. A., Fauziyah, T., & Rangkuti, N. J. (2023). Surau sebagai Lembaga Pendidikan Islam Dulu dan Sekarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5620–5627.

Yani, S. ., Daulay, N. K., Salsabila, E., Syahputri, S., Hasibuan, H. ., Sipahutar, S. K., Hajariansyah, R. ., & Aliyafi, M. (2021). Sejarah Dan Perkembangan Masjid Al-Haji Muhammad Syah Labuhan Batu Utara. Kompetensi, 14(2), 152–156. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v14i2.57

Yohanis, Y. (2020). Pembinaan Nilai-Nilai Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah Oleh Ninik Mamak Terhadap Anak Kemenakan Di Kenagarian Situjuah Gadang Kec Limo Nagari Kab. Lima Puluh Kota. Ensiklopedia of Journal, 2(2). https://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs-2.4.8-3/index.php/ensiklopedia/article/view/389

Yulanda, N., Al Muchtar, S., Malihah, E., & Sapriya, S. (2022). Kecerdasan Beragama Berbasis Pendidikan Surau Dalam Pembelajaran di Minangkabau. Research and Development Journal of Education, 8(2), 456–461.

Downloads

Published

2025-06-29

How to Cite

Sa’adah, N., Kosim, M., & Masyhudi, F. (2025). Pendidikan Islam Berbasis Spiritual di Surau Paseban. Kompetensi, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v18i1.364