Masjid sebagai Pusat Pendidikan Islam di Solok Selatan: Analisis Sejarah dan Perkembangan Masjid 60 Kurang Aso
DOI:
https://doi.org/10.36277/kompetensi.v18i1.366Keywords:
sejarah, masjid kurang 60 aso, pendidikanAbstract
Artikel ini bertujuan untuk membahas Masjid sebagai pusat pendidikan Islam di Solok Selatan, dengan fokus pembahasannya sejarah dan perkembangan Masjid 60 kurang aso. Masjid ini berperan signifikan dalam mengembangkan pendidikan agama Islam di Solok Selatan, khususnya di Nagari Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu. Melalui pendekatan sejarah, artikel ini mengungkapkan bagaimana Masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah saja, melainkan sebagai lembaga pendidikan yang mengajarkan nilai-nilai Islam kepada masyarakat setempat. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi atau penelaah dokumen. Hasil penelitian ini penulis peroleh menunjukkan bahwa masjid 60 kurang aso sebagai bukti peninggalan sejarah pendidikan Islam di Solok Selatan. Masjid 60 kurang aso dibangun pada abad 17 M. salah satu penggagas masjid 60 kurang aso yaitu syekh maulana sofi. Praktik pendidikan Islam yang dilaksanakan dalam masjid 60 kurang aso yaitu tarekat naqsyabandiyah, ajaran tarekat ini dikenal dengan kegiatan suluk. Fungsi masjid 60 kurang aso pada masa sekarang ini tetap sebagai tempat ibadah, MDA dan Pengajian ibu-ibu, tempat sentra adat, pusat sumber belajar bagi seluruh pelajar dan mahasiswa, dan tempat wisata religi.
References
Abitolkha, A. M., & Muvid, M. B. (2020). Melacak Tarekat-Tarekat Muktabar Di Nusantara. Goresan Pena.
Afridinata, H., Samad, D., & Kosim, M. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Program Pendidikan Bernuansa Surau Dan Budaya Minangkabau. Turast: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 6(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.15548/Turast.V6i1.687
Ahmad, F. (2022). Metode Dakwah Suluak Dan Tawajuah Dalam Tarekat Naqsabandiyah. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 12(2), 138–155.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. Https://Doi.Org/10.47709/Jpsk.V3i01.1951
Dariyanto, D. (2024). Pusat Pendidikan Islam Di Masyarakat Berbasis Masjid. Journal Of Education And Religious Studies, 4(01), 16–21. Https://Doi.Org/10.57060/Jers.V4i01.124
Erlianti, D., Hijeriah, E. M., Suryani, L., Wahyuni, L., Sari, N., & Hartutik, D. (2024). Metodologi Penelitian: Teori Dan Perkembangannya. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.
Fahham, A. M. (2020). Pendidikan Pesantren: Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter, Dan Perlindungan Anak. Publica Institute Jakarta.
Febriani, V. A. (2021). Kesempurnaan Suluk Dan Adab Para Murid. Spiritualita, 5(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.30762/Spiritualita.V5i1.292
Firdaus, F. (2015). Sejarah Dan Kebudayaan Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu, Solok Selatan. Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 1(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.36424/Jpsb.V1i2.88
Harmon, C., & Purwanto, T. (2023). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Masjid Berbasis Website Pada Masjid Nurul Ulum Abai Sangir. Logic : Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 1(4), Article 4.
Itepio, A. R., Putri, A. M., Arsil, A., Azizah, A., & Lestari, E. A. (2024). Persepsi Masyarakat Terhadap Kegiatan Tarekat Naqsyabandiyah Di Desa Suka Datang Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Literasiologi, 12(1). Https://Jurnal.Literasikitaindonesia.Com/Index.Php/Literasiologi/Article/View/740
Jawahir, M., & Uyuni, B. (2019). Mosque-Based Community Empowerment. Spektra: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 1(1), 36–43. Https://Doi.Org/10.34005/Spektra.V1i1.1140
Malawati, S. N., & Arif, F. (2022). Peran Masjid Imaduddin Jl. Sabang No. 17 Bandung Dalam Pembinaan Masyarakat. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam (Jrkpi), 2(1), 31–35.
Maritza, S. D. ., Daulay, N. K. ., Syahfira, A. ., Simanullang, A. R. ., Tripertiwi, A. M., Syahrani, J., Azmi, S. ., Amanda, S. ., & Abdillah, R. F. . (2021). Sejarah Dan Perkembangan Masjid Al-Osmani Medan Labuhan. Kompetensi, 14(2), 131–138. Https://Doi.Org/10.36277/Kompetensi.V14i2.55
Nasution, N. H., & Wijaya, W. (2020). Manajemen Masjid Pada Masa Pandemi Covid 19. Yonetim: Jurnal Manajemen Dakwah, 3(01), Article 01. Https://Doi.Org/10.19109/Yonetim.V3i01.6204
Oktavia, W., Rusdinal, R., & Firman, F. (2021). Partisipasi Masyarakat Dan Pemerintah Dalam Menjaga Mesjid Kurang Aso 60 Sebagai Cagar Budaya Di Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 34–39.
Ridlo, M. (2020). Sejarah Dan Tipologi Tarekat Dalam Pandangan Tasawuf Dan Makrifat. Humanistika: Jurnal Keislaman, 6(2), 139–153.
Rutledge, P. B., & Hogg, J. L. C. (2020). In‐Depth Interviews. In J. Bulck (Ed.), The International Encyclopedia Of Media Psychology (1st Ed., Pp. 1–7). Wiley. Https://Doi.Org/10.1002/9781119011071.Iemp0019
Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Karwanto, Supriyono, Iffah, J. D. N., Widiatsih, A., Utomo, E. S., Maghfur, I., Sofiyana, M. S., & Sulistiana, D. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Unisma Press.
Simanjuntak, H. S., Daulay, M., & Ryandi, R. (2022). Aktualisasi Ajaran Tarekat Naqsyabandiyah Ababussalam Terhadap Perubahan Sosial (Studi Kasus Desa Bunut, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan). Ittihad, 6(2), 14–25.
Yani, S. ., Daulay, N. K., Salsabila, E., Syahputri, S., Hasibuan, H. ., Sipahutar, S. K., Hajariansyah, R. ., & Aliyafi, M. (2021). Sejarah Dan Perkembangan Masjid Al-Haji Muhammad Syah Labuhan Batu Utara. Kompetensi, 14(2), 152–156. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v14i2.57
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nabilah Jihana, Muhammad Kosim, Fauza Masyhudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.